Skip to main content

Abaikan Mitos Jualan Online Ini, Yuk Mulai Jualan di Lazada

mitos jualan online

Kecanggihan teknologi telah membuat banyak orang untuk mulai menggeluti dunia bisnis online. Namun sayangnya, beberapa dari mereka justru masih terjebak dalam berbagai mitos jualan online yang belum tentu benar.

Beberapa mitos yang sering didengar seperti bisnis online tidak perlu membuat strategi, tidak perlu susah payah bekerja keras, bahkan ada yang beranggapan jika bisnis online itu pekerjaan yang mudah.

Mitos Jualan Online yang Sering Didengar

Banyaknya mitos jualan online menjadikan para pelaku bisnis online pemula menjadi ragu untuk memulai bisnis online. Jika kamu juga ingin merintis bisnis online dan mungkin juga beranggapan sama, sebaiknya mulailah ganti pola pikir dan perspektif baru agar bisnis online yang sedang kamu rintis dapat berkembang dan sukses. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui beberapa mitos jualan online berikut ini.

1. Bisnis Online Tidak Membutuhkan Modal

Sering kali orang beranggapan jika merintis bisnis online tidak memerlukan modal sama sekali. Hal tersebut tentu saja merupakan anggapan yang keliru.

Sebab, meskipun kita tahu jika bisnis online hanya membutuhkan PC atau smartphone dan koneksi internet yang memadai, namun bisnis online tentu saja tidak 100% tidak membutuhkan modal.

Karena kita masih perlu modal untuk pengadaan barang hingga promosi untuk meningkatkan branding. Namun kita masih bisa meminimalisir modal dengan membuka lapak toko online disediakan oleh beberapa e-commerce.

2. Produk Tidak Cocok Dijual Secara Online

Ini biasanya menjadi dilema bagi para pelaku bisnis online pemula yang meragukan barang yang hendak dijual secara online. Beberapa dari mereka beranggapan jika produk yang dimilikinya tidak cocok dijual di online. Tentu hal tersebut akan menghambat niat mereka untuk memulai bisnis online.

Anggapan tersebut sebaiknya dihindari karena di zaman serba internet saat ini, masyarakat mulai mencari berbagai macam produk atau jasa di internet. Tentu hal tersebut menjadi peluang bisnis online yang bagus untuk menjual produk apa pun, mulai dari berbagai aksesoris gadget, perlengkapan rumah tangga, alat kantor, sayur mayur, perlengkapan bengkel hingga bisnis jasa bisa ditawarkan melalui bisnis online.

Jadi, yuk jualan online dengan konsisten untuk terus berjualan produk andalanmu. Dengan begitu, bukan tidak mungkin bisnis onlinemu akan punya target pasar yang potensial.

3. Produk Bagus, Pasti Laris Manis

Memiliki produk yang bagus adalah salah satu cara untuk menarik minat banyak konsumen. Namun perlu diingat, memiliki produk yang bagus saja tidak menjamin bisnis online milikmu akan laris manis.

Sebab, ada banyak sekali faktor agar bisnis online laris manis. Salah satu di antaranya adalah memberikan pelayanan yang baik agar pelanggan menjadi puas berbelanja di toko online milikmu.

Jadi selain tetap menjaga kualitas produk kamu, pastikan juga pelayananmu selalu memuaskan pelanggan. Sehingga bisa membuat pelanggan merasa puas belanja dan akan loyal terhadap toko onlinemu.

4. Tidak Perlu Promosi, Konsumen Akan Datang Sendiri

Mitos jualan online selanjutnya yaitu tidak perlu promosi. Tentu hal tersebut adalah sangat keliru. Meskipun kamu memiliki toko online di e-commerce yang notabene memiliki ribuan pengunjung setiap harinya, namun kamu masih perlu melakukan promosi agar toko online milikmu tidak sepi pembeli karena kalah bersaing dengan “toko sebelah”.

Sebab, promosi masih menjadi strategi marketing yang ampuh untuk memperluas jangkauan konsumen bisnis online milikmu. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, grup atau forum untuk mengenalkan produk yang tawarkan.

5. Tunggu Waktu yang Tepat untuk Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online di waktu yang tepat? Hmm,, mitos tersebut seharusnya kamu hindari. Sebab untuk memulai bisnis online bisa dilakukan kapan saja asalkan ada niat untuk merintis usaha toko online.

Jika kamu menunda untuk bisnis online karena kendala modal, tenang, kamu masih bisa mencoba untuk menjadi reseller atau dropshipper jika kamu memiliki modal terbatas.

Saatnya Yuk Jualan Online di Lazada

yuk jualan online

Nah setelah mengetahui beberapa mitos jualan online, pastinya kamu sudah memiliki gambaran mengenai cara menjalankan bisnis online dengan benar. Jadi, jika kamu sebagai pemula yang ingin membangun bisnis online pertamamu, kini saatnya yuk jualan online di Lazada.

Ya,, Lazada merupakan salah satu e-commerce digital terbesar Indonesia. Di Lazada, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur pendukung seller sehingga kamu bisa mengembangkan toko onlinemu di Lazada.

Selain itu, Lazada juga memiliki Lazada University, yaitu sebuah kelas online dan offline yang berisi berbagai informasi mendasar, mulai dari cara berjualan online hingga modul panduan menjadi seller untuk meningkatkan kinerja jualan di Lazada.

Cara Jualan Online di Lazada

jualan di Lazada

Setelah kamu tahu tentang Lazada, kini saatnya kamu bisa mencoba untuk membuat toko online pertamamu. Namun untuk bisa jualan di Lazada, tentunya kamu perlu mendaftarkan dirimu terlebih dahulu. Tenang saja, daftar jadi seller di Lazada gratis kok, berikut ini caranya:

  1. Pertama, silakan buka situs lazada.co.id. Lalu klik “Menjadi Seller” pada menu di homepage.
  2. Selanjutnya, klik tombol “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”.
  3. Kemudian silakan isi data dengan lengkap dan siapkan dokumen yang diperlukan. Ada 2 jenis penjual yang bisa kamu pilih, yaitu:
    1. Perorangan memerlukan KTP, buku tabungan sesuai identitas pemilik
    2. Perusahaan / distributor resmi atau pemilik brand/distributor tunggal memerlukan dokumen Izin usaha/NIB, Buku tabungan / rekening koran penanggung jawab izin usaha
  4. Jika sudah, selanjutnya verifikasi dengan melalui 2 langkah, di antaranya bisa melalui SMS ataupun email.
  5. Pastikan untuk terlebih dahulu membaca dan memahami “Perjanjian Marketplace Lazada Syarat & Ketentuan”.
  6. Terakhir, klik daftar dan tunggu approval toko onlinemu dari Lazada.

Bagaimana? cukup mudah kan mendaftarkan toko onlinemu di Lazada? Langsung saja yuk jualan online !

Kesimpulan

Jualan online menjadi langkah yang tepat dalam mengikuti perkembangan teknologi serta dapat menjangkau pelanggan lebih luas dengan lebih efisien. Namun, beberapa mitos jualan online yang sering disebutkan seperti di atas hanya akan menyesatkan para pebisnis online pemula yang baru ingin merintis bisnis toko online mereka.

Oleh karena itu, kamu perlu mengabaikan mitos-mitos tersebut dan sebagai tambahan, kamu bisa membaca berbagai mitos jualan online lainnya di website Yuk Jualan Online dari Lazada.

Selain mengetahui lebih lanjut mengenai mitos jualan online, di website Yuk Jualan Online dari Lazada tersebut ada banyak sekali artikel menarik yang bisa kamu pelajari seputar bisnis online, mulai dari tips dan trik jualan online dengan baik, inspirasi bisnis online yang bisa kamu terapkan di bisnis toko online milikmu, hingga story seller yang merangkum kisah sukses dari para seller yang sangat inspiratif.

Jangan menunda lagi, kamu bisa jualan di Lazada dan memulai bisnis onlinemu sekarang juga. Karena di Lazada, ada banyak sekali kemudahan dan manfaat yang bisa kamu peroleh. Di antaranya, kemudahan dalam proses pendaftaran toko onlinemu di Lazada, dan semua proses pendaftarannya juga gratis. Dan jika kamu pemula yang baru terjun di dunia bisnis online, kamu bisa memanfaatkan kanal belajar resmi di Lazada University untuk dapat mengembangkan toko online milikmu.

Selain itu, ada pula Lazada Club yang merupakan komunitas resmi untuk seller Lazada. Kamu bisa menanyakan masalah hingga saling bertukar informasi antar seller di Lazada Club. Jadi kamu bisa mendapat berbagai insight baru terkait pengembangan toko online dari beberapa seller yang sudah berpengalaman.

Jadi tunggu apa lagi, yuk jualan online !

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.