6 Kelebihan Aplikasi Kasir Online untuk Usaha Toko

ilustrasi aplikasi kasir online

Semakin berkembang sebuah usaha toko, maka semakin ramai pula pembeli dan tentunya barang yang dijual pun semakin beragam. Namun demikian, seiring aktivitas di toko yang semakin meningkat maka membuat penjual menjadi kewalahan.

Untuk mengatasi lonjakan transaksi dalam toko atau usaha, maka diperlukan pula sebuah aplikasi kasir agar transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Dan di zaman serba digital saat ini, aplikasi kasir online menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kegiatan transaksi di toko atau usaha.

Aplikasi kasir online adalah salah satu bagian dari sistem penjualan atau point of sale (POS). Sistem POS merupakan kombinasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang digunakan oleh toko atau pengelola bisnis untuk membantu transaksi layaknya mesin kasir pada toko ritel namun kegunaannya lebih canggih di banding mesin kasir konvensional.

Beberapa kegunaan aplikasi kasir online ini umumnya digunakan untuk mencatat penjualan, mencatat order barang, membantu menghitung profit per item yang terjual, pembelian barang, perhitungan stok, dan lain sebagainya.

Berbagai kemudahan inilah yang bisa didapatkan jika sebuah toko ritel ataupun supermarket menggunakan aplikasi kasir online. Dan juga, membuat pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama di kasir.

Setelah mengetahui beberapa kegunaan dari aplikasi kasir online, berikutnya adalah tentang kelebihan software point of sale (POS). Sehingga semakin banyak pengelola toko yang memahami tujuan dari penggunaan software point of sale (POS) dari aplikasi kasir online ini dan semakin tertarik untuk menggunakannya.

Berikut adalah beberapa kelebihan software point of sale (POS) dalam aplikasi kasir online:

1. Mencetak Nota Penjualan

Satu hal yang terpenting dalam transaksi di toko adalah pencetakan nota penjualan. Pencetakan nota penjualan tidak hanya membantu pengelola toko, namun juga pembeli. Karena pembeli dapat mengetahui rincian barang yang telah dibeli dan berapa dana yang perlu dikeluarkan untuk belanja yang baru saja dilakukan.

Sedangkan untuk pengelola toko, pencetakan nota penjualan adalah sebagai bukti bahwa penjualan benar-benar dilakukan.

2. Mengetahui Rincian Transaksi Dalam Periode Tertentu

Hal inilah yang membuat software point of sale (POS) dalam aplikasi kasir online sekarang semakin banyak digunakan, yaitu mengetahui rincian pembelian dan penjualan dalam periode tertentu.

Misalnya pengelola toko akan mengecek rincian transaksi dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, maka software point of sale (POS) dalam aplikasi kasir online dapat dengan mudah menampilkan rincian tersebut karena memang sudah tersimpan di dalam database secara online.

3. Mengontrol Ketersediaan Stok Produk

Selanjutnya,  software point of sale (POS) dapat membantu pengelola toko mengetahui barang mana yang paling diminati oleh pembeli dan begitu sebaliknya.

Dengan begitu, maka pengelola toko dapat menyiapkan stok yang paling banyak dibeli. Sehingga ketersediaan produk selalu ada dan memberikan keuntungan lebih untuk toko.

4. Mengetahui Laba Bulanan

Inilah fitur yang paling penting yang membuat banyak orang tertarik menggunakan software point of sale (POS) dalam aplikasi kasir online, yaitu dapat mudah untuk mengetahui berapa laba bulanan yang berhasil didapatkan.

Jadi pengelola toko tidak perlu repot menghitung laba dari awal bulan hingga akhir bulan, untuk mengetahui berapa pendapatan dan laba yang didapat dalam satu bulan tersebut.

5. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Software point of sale (POS) dalam aplikasi kasir online menjanjikan efisiensi waktu dan tenaga. Sebab pengelola toko dapat dengan mudah mengetahui daftar harga barang yang seharusnya dibayarkan konsumen.

Hal tersebut karena daftar harga sudah tersimpan dalam database software POS, jadi kita tidak perlu menghapal satu per-satu harga dari produk yang dijual. Sehingga semua aktivitas terkait transaksi jual beli dapat lebih mudah dijalankan dan tidak akan menganggu kenyamanan konsumen.

6. Sistem Keamanan yang Terjamin

Keamanan dalam penggunaan aplikasi sangat berpengaruh terhadap kepercayaan pemakai kepada penyedia aplikasi kasir online.

Hal ini sangat penting untuk melakukan pencegahan akses tidak sah ke sistem pembayaran elektronik oleh individu yang biasanya ingin mencuri data pribadi pelanggan seperti informasi kartu kredit.

Keamanan dalam Software point of sale (POS) bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi pelanggan untuk menyelesaikan pembelian dan transaksi mereka.

Nah itulah beberapa kelebihan software POS dalam aplikasi kasir online yang menjadikannya semakin banyak diminati oleh para pelaku bisnis.

Dan bicara soal aplikasi kasir, Salah satu aplikasi kasir online yang patut kamu coba adalah Youtap.

Aplikasi kasir online Youtap adalah aplikasi mobile yang bisa kamu unduh gratis di Google Play Store atau App Store. Youtap menawarkan beragam fitur yang membuat kamu lebih praktis dan mudah mengelola dan mengembangkan bisnis kamu.

Youtap Indonesia sendiri merupakan Fintech pembukuan digital, Point of Sales (POS), dan payment gateway yang menghadirkan berbagai transaksi digital terkini kepada mitra bisnis agar dapat lebih baik melayani konsumen.

Youtap telah memberikan layanan kepada 150.000 usaha di seluruh Indonesia. Jumlah ini salah satu gambaran kepercayaan pemakai aplikasi, selain dari fitur layanannya, juga tingkat keamanannya.

Post a Comment (0)