Skip to main content

Pengertian Branding dan Pentingnya Branding Dalam Strategi Pemasaran

branding

Sebuah merek atau brand yang kuat, pastinya akan dengan mudah dikenal oleh masyarakat. Sehingga, jika dikemudian hari semakin banyaknya kompetitor, maka bisnis tidak akan mudah menjadi goyah.

Oleh karena itu, dalam setiap bisnis pemasaran, diperlukan strategi branding yang tepat, salah satunya berupa kegiatan marketing. Proses membangun merk ini memiliki manfaat besar bagi suatu bisnis. Sebab jika kegiatan branding ini sukses, maka nantinya produk yang ditawarkan pun akan bisa melekat di benak konsumen (top of mind) dan selain itu, citra bisnis pun akan dipandang lebih positif.

Apa itu Branding?

Branding adalah sebuah kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat dan mempertahankan sebuah merek atau brand dalam rangka memberikan perspektif positif kepada orang lain yang melihatnya.

Selain itu, istilah branding juga didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pelaku bisnis dalam rangka membangun dan membesarkan sebuah merek.

Dalam prakteknya, kegiatan membangun branding ini tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang relatif lama dan proses yang panjang bagi pelaku bisnis agar produknya dikenal secara luas. Jika dilakukan dengan tepat, maka pelaku bisnis yang melakukan branding dengan baik bukan tidak mungkin akan mendapat loyalitas dari konsumen.

Pentingnya Branding untuk Strategi Pemasaran

Sangat penting untuk mengetahui pengalaman konsumen terhadap produk yang sedang ditawarkan. Sebab, membangun branding harus dilakukan dengan rencana yang cukup matang dan strategis tentang merek seperti apa yang ingin kamu bangun.

Namun sayangnya, banyak pemilik bisnis pemula yang tidak menginvestasikan waktunya dengan cukup untuk membangun branding bagi bisnis yang mereka rintis. Akibatnya, bisnis mereka lambat laun tenggelam seiring dengan persaingan bisnis yang ketat.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa alasan pentingnya branding sebagai strategi pemasaran:

1. Agar Lebih Mudah Dikenali Oleh Konsumen

Ini akan menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam membangun branding untuk strategi pemasaran. Sebab, branding yang tepat akan lebih mudah dikenali oleh konsumen akan produk yang kamu tawarkan.

Konsumen memiliki kecenderungan untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang mereka kenali. Bila citra merek atau brand yang kamu bangun tetap konsisten dan mudah dikenali, maka itu akan membuat konsumen lebih mudah untuk memutuskan membeli produk yang kamu tawarkan.

2. Dapat Merepresentasikan Bisnismu

Branding bisa dikatakan sebagai representasi dari produkmu dimata konsumen. Sebagai contoh, jika kamu membangun branding dengan produk casing smartphone yang unik daripada yang lain, maka kamu harus memenuhi standar tersebut. Dan seperti itulah nantinya brand kamu akan tetap diingat oleh konsumen.

3. Dapat Menjadi Panduan Bisnismu

Dalam membangun rencana branding untuk pemasaran, merek juga berfungsi sebagai panduan untuk memahami tujuan utama bisnis dan memungkinkan kamu untuk menyelaraskan rencana dengan tujuan tersebut.

Perlu diketahui, branding juga harus terus menanamkan pengalaman yang baik di benak konsumen sehingga dapat menciptakan kesetiaan pelanggan.

Untuk membangun branding dengan efek jangka panjang, kamu bisa memulai dengan menjawab tiga pertanyaan ini:

  • Apakah produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan harapan?
  • Apakah kualitas produk sesuai dengan yang dijanjikan?
  • Apakah semua konsumen memiliki pengalaman yang positif atas produk yang ditawarkan?

Jika kamu mendapatkan jawaban positif dari pertanyaan tersebut, maka dipastikan bahwa branding kamu sukses menjaring banyak pelanggan setia.

4. Dapat Memberikan Motivasi Bagi Karyawan

Membangun branding yang baik juga bukan hanya soal menciptakan konsumen yang setia, tapi juga dapat memberikan motivasi kepada karyawan untuk meyakinkan brand tersebut layak untuk diyakini dan diperjuangkan.

ini akan membantu karyawan memahami tujuan dari perusahaan tempat mereka bekerja. Mereka akan merasa menjadi bagian dari sesuatu yang penting, bukan hanya pelengkap saja.

Nah itulah pengertian mengenai branding dan pentingnya branding untuk strategi pemasaran. Jadi, Sudahkah kamu meluangkan waktu untuk memikirkan citra branding bisnismu dan membuat rencana yang matang untuk membangunnya?

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.