Skip to main content

5 Bisnis Online yang Menjanjikan Bagi Anak Muda

Bisnis Online

Saat musim pandemi seperti sekarang ini, mencari pekerjaan menjadi hal yang cukup sulit. Banyak anak muda yang masih berusaha mencari pekerjaan namun belum mendapatkannya. Sebagai alternatif dari sulitnya untuk mendapat pekerjaan tersebut, saat ini banyak anak muda yang berinisiatif mencoba membuka bisnis online untuk mendapatkan penghasilan.

Dan seiring perkembangan teknologi, saat ini anak muda memanfaatkannya untuk membuka peluang bisnis secara online.

Ada banyak sekali pilihan bisnis online yang bisa dilakukan. Meskipun beberapa bisnis online bisa dimulai dengan modal yang kecil, bisnis online bisa menjadi usaha yang menjanjikan jika kamu konsisten dan fokus untuk mengembangkan bisnis online milikmu.

Berikut ini beberapa bisnis online yang cukup menjanjikan, cocok untuk anak muda:

1. Blogger

Blogger menjadi salah satu bisnis usaha online yang dapat dicoba jika kamu yang memiliki hobi serta kemampuan menulis yang baik. Bisnis usaha ini hanya memerlukan modal berupa PC atau laptop, jaringan internet, dan website atau blog.

Adapun cara yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan dari usaha online ini adalah dengan memasang iklan, menjalin kerja sama dengan brand tertentu, ataupun menjual produk atau jasa di situs blog yang dimiliki.

Meskipun sekedar mengetik, namun peluang menjanjikan dari Blogger ini tak bisa diremehkan loh, sebab di luar sana sudah banyak para Blogger profesional yang meraup untung hingga ratusan juta rupiah dari pekerjaan mengetik ini.

2. Toko Online

Seperti yang kita ketahui, hadirnya jaringan internet telah membuka banyak peluang baru bagi kita untuk membuka usaha. Salah satunya adalah peluang membuka bisnis toko online.

Toko online atau yang biasa disebut dengan e-commerce ini merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan semakin banyak diminati saat ini. Terlebih jika kamu anak muda yang dikenal memiliki banyak ide segar, baru, dan kreatif.

Melalui toko online, kamu bisa menjual berbagai produk yang ingin kamu jual. Contohnya seperti pakaian, aksesoris, sepatu, alat-alat tulis kantor, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan hobi, gadget, hingga makanan dan minuman.

Dan jika kamu belum bisa membuat toko online milikmu sendiri, kamu bisa juga memanfaatkan berbagai situs-situs e-commerce besar yang ada di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya.

Baca juga:

3. Reseller atau Dropshipper

Jika pada bisnis toko online mengharuskan kamu untuk memiliki stok barang untuk dijual. Maka pada bisnis reseller atau dropshipper, kamu justru tidak perlu menyetok barang sendiri untuk dijual.

Hal ini karena pada bisnis reseller atau dropshipper ini kamu hanya perlu untuk memasarkan produk orang lain saja.

Peluang usaha ini juga sangat menjanjikan bagi anak muda jika berhasil menjual produk sebanyak mungkin, sehingga nantinya akan diberikan sebagian komisi dari hasil penjualan tersebut.

Meskipun sama-sama tidak perlu menyetok barang untuk dijual, namun bisnis reseller atau dropshipper ini masing-masing memiliki sistem yang berbeda lho..

Untuk sistem reseller, kamu menjual produk ke orang lain namun dengan tetap menggunakan nama perusahaan dari produk tersebut. Sedangkan untuk dropshipper kamu bisa menjual barang dengan memakai nama toko atau usaha kamu sendiri.

4. Admin Sosial Media

Perkembangan sosial media bisa juga kamu manfaatkan untuk usaha online yang menjanjikan. Sebab, saat ini semakin banyak lho yang membutuhkan jasa admin sosial media untuk akun toko online.

Jika kamu berminat, sekarang mulailah coba mencari peluang usaha yang satu ini, karena usaha online ini pun malah tidak membutuhkan modal sama sekali.

5. Jasa Desain Grafis

Keahlian desain grafis juga sangat diperlukan oleh dunia bisnis. Contohnya, desain brosur, desain logo, desain kemasan produk, dan lainnya.

Membuka jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis online yang juga cocok untuk anak muda yang biasanya memiliki skill desain dan kreativitas yang tinggi.

Membuka jasa desain grafis juga tidak membutuhkan modal yang besar, sebab yang kamu perlukan hanya komputer atau laptop yang tentunya sudah terinstall program desain grafis dan jaringan internet karena pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah atau remote.

Jika kamu yang baru memulai jasa desain grafis dan ingin segera mendapatkan pelanggan, kamu bisa juga bergabung di berbagai platform freelancer yang khusus untuk para desainer grafis, contohnya seperti platform dari luar yang terkenal yaitu 99designs atau dari Indonesia seperti Sribu.

Nah itulah beberapa bisnis online yang bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk anak muda. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat atau hobimu ya. Semoga bermanfaat.

Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.