Skip to main content

5 Cara Ampuh Agar Toko Online Ramai Pembeli

toko online

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan bisnis toko online semakin banyak bermunculan. Hal ini membuat para pelaku bisnis online lebih memutar otak agar bisnis toko online tetap berjalan dan berkembang dari waktu ke waktu.

Untuk menjadikan toko online selalu ramai dengan pengunjung, tidak cukup hanya mengandalkan sistem dari software saja. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar bisnis online tetap ramai pesanan dan omzet terus meningkat meski saat pandemi sekarang ini ekonomi sedang bergerak lamban.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba agar toko online semakin ramai pembeli:

1. Pahami Target Pasar Toko Online

Mengetahui target pasar dalam bisnis toko online adalah hal yang penting yang perlu kamu lakukan untuk mewujudkan toko online ramai pembeli.

Dalam hal ini, kamu harus paham betul siapa yang paling cocok untuk membeli produk dari toko online yang kamu tawarkan. Seperti misalnya, jika kamu menjual berbagai macam aksesoris smartphone, maka target pasar kamu adalah anak muda hingga para tech enthusiast.

2. Tingkatkan Reputasi Toko Online Melalui Ulasan

Di era digitalisasi saat ini, calon pembeli sering melakukan survei terhadap barang yang ingin dibelinya. Dan ulasan produk dari pelanggan menjadi tolok ukur calon pembeli untuk memastikan produk yang ditawarkan benar-benar bagus atau tidak.

Oleh karena itu, cobalah meningkatkan ulasan yang positif dari pelanggan. Ini bisa dilakukan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik hingga menjaga kualitas produk yang kamu jual.

Namun jika kamu mendapatkan ulasan yang kurang baik, maka jangan berkecil hati dulu. Cobalah untuk mencari tahu di aspek mana pelanggan merasa tak puas dengan layanan toko online milikmu dan segera perbaiki kekurangan tersebut.

3. Berikan Banyak Promo Menarik

Seiring meningkatnya jumlah penjual produk dari toko online, berbagai promo pun dapat dengan mudah kita temukan di internet. Konsep penawaran dengan promo tersebut dapat juga kamu terapkan untuk mengundang lebih banyak pelanggan mengunjungi laman produk di toko online kamu.

Cobalah berikan berbagai promo dan diskon yang menarik di waktu yang tepat, seperti promo Ramadhan, promo akhir bulan atau akhir tahun, dan promo untuk menyambut hari-hari besar, seperti hari Idul Fitri, Imlek, dan lain sebagainya.

Baca juga:

4. Berikan Kemudahan Proses Pembayaran

Proses pembayaran yang rumit dan berbelit-belit tentunya akan membuat pelanggan repot saat belanja online. Hal tersebut karena konsumen menginginkan kecepatan dan fleksibilitas dalam proses pembayaran.

Jadi jika toko online kamu belum memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam transaksi pembayaran, maka segera pertimbangkan untuk mencari penyedia payment gateway atau layanan pembayaran yang aman dan terpercaya.

Selain itu, pastikan pula toko online kamu menggunakan sistem yang bisa dengan mudah diakses oleh pelanggan. Mulai dari akses informasi foto dan harga produk, pengiriman barang, hingga pilihan pembayaran harus dipastikan bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan.

5. Buatlah Promosi yang Kreatif dan Menarik

Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, maka rajinlah buat promosi yang kreatif dan menarik secara online di berbagai platform media sosial.

Salah satu cara promosi toko online kamu dengan mudah adalah dengan menyematkan link bio berisikan landing page yang memuat berbagai link informasi produk toko online kamu di bio Instagram, TikTok, ataupun Facebook toko online kamu.

Membuat link bio yang menarik di era digital ini tidaklah sulit, kamu bisa memanfaatkan layanan gratis dari Desty.App.

Desty.App merupakan platform digital yang membantu konten kreator, pengusaha dan influencer untuk membuat dan menyematkan tautan dengan cara yang mudah dalam memasarkan, menjual produk, dan konten mereka.

Desty.App

Menariknya Desty.App juga menyediakan tool landing page dengan berbagai tampilan menawan dan elegan dimana kamu tidak hanya bisa menyematkan link sosial media, melainkan juga banyak pernak-pernik lainnya, seperti berbagi foto, video, hingga membuat katalog produk toko online kamu untuk memaksimalkan promosi di media sosial.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.