Skip to main content

5 Tips Liburan Dengan Nyaman Saat Lebaran

liburan lebaran
Liburan saat lebaran. (image: freepik.com)

Libur Lebaran memang menjadi momen yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang. Pasalnya, selain bisa mudik untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat, kita juga berkesempatan untuk berlibur. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir jatah waktu libur lebaran selalu dipangkas. Beruntung sekali tahun ini kita memiliki waktu yang cukup panjang untuk menikmati libur lebaran nanti. Berikut adalah tips liburan saat lebaran dengan nyaman.

1. Siapkan Anggaran yang Cukup

Hal terpenting dalam mempersiapkan liburan saat lebaran adalah budget. Mau liburan kapan saja dan dimana saja, budget harus benar-benar diperhitungkan dengan matang. menghitung semua anggaran yang dibutuhkan.

Penyusunan anggaran ini sudah mencakup semua dana yang dibutuhkan mulai dari keberangkatan hingga kepulangan. Semua perhitungan kebutuhan setiap anggota keluarga peserta harus jelas dan rinci. Hal terpenting terkait budget adalah soal transportasi dan akomodasi. Dua hal ini biasanya paling mahal saat liburan, apalagi jika tempat tujuan jauh.

2. Pilih Tujuan yang Tepat

Tips liburan selanjutnya, menentukan destinasi yang tepat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan liburan saat Idul Fitri. Apalagi berbagai tempat wisata biasanya ramai pengunjung saat momen liburan. Untuk sedikit menghindari keramaian, pilihlah destinasi yang melawan arus bolak-balik. Misalnya kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan beberapa kota lainnya yang dipenuhi para pendatang.

Saat memilih destinasi, sebaiknya pilih destinasi wisata yang berada di kota kecil dan letaknya tidak terlalu jauh dari domisili kamu. Tidak perlu memilih lokasi yang terlalu jauh karena untuk menghindari macet arus mudik. Tentunya pemilihan destinasi ini juga tergantung dari seberapa besar budget yang sudah disiapkan untuk pergi berlibur. Pertimbangkan tujuan sesuai dengan anggaran yang direncanakan sebelumnya.

3. Rencanakan Waktu Liburan

Saat kamu dan keluarga merencanakan liburan saat Idul Fitri, perencanaan waktu menjadi salah satu poin penting. Karena libur lebaran biasanya penuh mudik. Selain bersamaan dengan arus mudik, destinasi ini juga dipadati pengunjung saat musim liburan Lebaran. Biasanya waktu dari awal hingga pertengahan masa liburan sedikit lebih lama dari waktu akhir. Karena pada akhir musim liburan, minat liburan masyarakat lebih tinggi.

Orang-orang baru mulai terburu-buru pergi berlibur setelah menyadari bahwa liburan akan segera berakhir. Di penghujung liburan, banyak orang cenderung kembali ke luar negeri. Hal ini akan memicu kemacetan lalu lintas dan tempat wisata yang membludak. Jadi tidak ada salahnya jika memilih waktu di tengah jalan untuk berlibur karena baik jalan maupun tempat wisata sedikit lebih lengang.

4. Bawa Perlengkapan Secukupnya

Tips liburan Lebaran terakhir, yang perlu kamu perhatikan saat berencana pergi berlibur saat Idul Fitri adalah barang bawaan. Meski terkesan sepele, hal ini sangat berpengaruh pada kenyamanan traveling. Bukan berarti tidak boleh membawa banyak barang, hanya saja jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik tidak dibawa.

Bawa saja barang-barang yang memang kamu butuhkan selama liburan. Dan tidak perlu membawa semua pakaian yang diinginkan, cukup membawa sesuatu yang sederhana dan sesuai dengan kondisi tempat tujuan. Selain itu, jika kamu memang ingin membawa barang-barang yang tidak terlalu besar, seperti beberapa pakaian, ataupun aksesoris, maka kamu bisa gunakan travel bag Eiger Duffle.

travel bag Eiger Duffle

travel bag Eiger Duffle adalah tas berbentuk tube yang dijinjing atau diselempangkan di salah satu bahu seperti tas selempang. travel bag Eiger Duffle ini digunakan untuk membawa barang-barang sekaligus. Tas ini juga cocok digunakan untuk berpergian ataupun liburan karena penggunaannya juga sangat praktis.

5. Memilih Penginapan yang Cocok

Memilih penginapan seperti hotel berbintang menjadi salah satu tips penting dalam merencanakan liburan lebaran yang nyaman. Sebelum memilih hotel, ketahui perbedaan beberapa hotel berbintang berikut ini.

1. Hotel Bintang Satu

Hotel bintang satu adalah hotel yang menyediakan fasilitas kamar dan layanan yang sangat sederhana. Tamu yang hanya ingin menginap satu malam, cocok menginap di hotel bintang satu ini karena tarif menginap hotel ini relatif paling murah dan cocok untuk wisatawan yang hanya membutuhkan tempat beristirahat saja.

2. Hotel Bintang Dua

Hotel bintang dua memiliki fasilitas yang lebih baik daripada hotel bintang satu. Di hotel bintang dua ini umumnya menyediakan TV, AC, kamar mandi yang tersedia di kamar. Hotel ini biasanya juga menawarkan restoran atau cafe. Meskipun masih tergolong murah, tarif menginap di hotel ini sedikit lebih tinggi daripada hotel bintang satu.

3. Hotel Bintang Tiga

Hotel bintang tiga menawarkan lebih banyak fasilitas daripada hotel bintang dua, seperti pusat kebugaran, kolam renang, layanan bisnis, restoran kecil di tempat, layanan kamar, dan beberapa fasilitas pendukung operasional lainnya.

4. Hotel Bintang Empat

Hotel bintang empat menawarkan banyak fasilitas operasional termasuk layanan pramutamu, makanan, kolam renang, pusat kebugaran kelas atas, dan spa. Selain itu, layanan yang diberikan oleh hotel ini lebih memuaskan, seperti layanan concierge atau asisten pribadi, hingga staf yang bisa berbicara dalam beberapa bahasa.

5. Hotel Bintang Lima

Hotel bintang lima ini cenderung berukuran cukup besar dengan kualitas layanan yang baik. Fasilitas yang disediakan juga lebih lengkap dibandingkan hotel berbintang di bawahnya, dan merupakan hotel paling eksklusif di kelasnya dengan desain interior yang mewah, nyaman, dan pelayanan terbaik. Hotel bintang lima ini juga menyediakan restoran dengan chef terkenal, hiburan, pusat kebugaran modern, kolam renang, dan fasilitas mewah lainnya.

Baca juga:

Itulah pembahasan mengenai tips liburan dengan nyaman saat Lebaran. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat merencanakan liburan saat lebaran dengan matang. Jangan lupa untuk selalu patuhi aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Selamat liburan!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.