Skip to main content

Tips Cara Pesan Tiket Pesawat Secara Online dan Offline

Cara Pesan Tiket Pesawat

Jika Kamu akan liburan dengan pesawat, memesan tiket pesawat adalah hal terpenting untuk menyempurnakan rencana Kamu. Namun, perubahan harga yang konstan dari maskapai penerbangan, berbagai opsi pembayaran, dan pemesanan tiket dapat sedikit membingungkan. Tips berikut akan membantu Kamu Pesan Tiket Pesawat dengan mudah untuk perjalanan Kamu yang akan datang.

1. Pesan Tiket Penerbangan Secara Online

Ringkas Rencana Perjalanan Kamu

Pikirkan ke mana Kamu ingin pergi, tanggal keberangkatan Kamu, dan apakah Kamu hanya ingin memesan tiket pesawat atau paket perjalanan. Buat daftar tugas dan siapkan dana untuk keperluan perjalanan Kamu.

Pertimbangkan untuk Tetap Fleksibel Dengan Rencana Kamu

Semakin fleksibel Kamu dalam segala hal mulai dari pilihan keberangkatan, kedatangan, maskapai penerbangan, bandara, hingga tanggal perjalanan dan paket perjalanan, semakin mudah untuk menemukan penawaran penerbangan terbaik.

  • Secara umum, Rabu adalah hari termurah untuk bepergian.
  • Terbang ke bandara alternatif juga seringkali lebih murah dan menawarkan waktu sambung yang lebih baik ke penerbangan lain daripada terbang ke bandara penghubung utama.

Bandingkan Harga Tiket Pesawat

Biaya tiket pesawat sangat bervariasi dan bergantung pada banyak faktor, termasuk hari pemesanan, berapa lama Kamu memesan di muka, dan bahkan situs web tempat Kamu memesan. Dengan membandingkan harga dari beberapa situs web, Kamu akan memiliki peluang besar untuk mendapatkan penawaran terbaik.

  • Pesan tiket kira-kira enam minggu sebelum keberangkatan jika memungkinkan. Ini biasanya akan memberi Kamu pilihan jadwal dan tarif penerbangan terbaik.
  • Selasa sekitar jam 3 sore biasanya adalah waktu termurah untuk memesan tiket pesawat Kamu.
  • Situs web perjalanan mengumpulkan informasi tentang harga dan waktu penerbangan terbaik yang tersedia. Situs web perjalanan akan secara otomatis menampilkan perbandingan harga dan faktor dalam berbagai pilihan perjalanan.
  • Ini juga merupakan ide yang baik untuk membandingkan harga di situs web perjalanan, karena penawaran masing-masing dapat sangat bervariasi.
  • Situs web maskapai juga merupakan tempat yang tepat untuk memesan tiket pesawat. Adalah umum untuk menemukan tarif yang lebih murah dan jadwal penerbangan yang lebih baik di situs web maskapai penerbangan.
  • Untuk pilihan yang lebih luas, Kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan satu arah dengan maskapai penerbangan yang berbeda untuk setiap bagian perjalanan.

Simpan Daftar Harga dan Penawaran Tiket Pesawat

Saat Kamu membandingkan penawaran, simpan daftar semua item yang relevan termasuk lokasi bandara keberangkatan dan kedatangan beserta jadwal, harga, dan kebijakan pembatalannya. Ini akan membantu memudahkan Kamu untuk memutuskan tiket mana yang tepat untuk dibeli. Perhatikan juga apakah harga tiket sudah termasuk dengan biaya yang lainnya ataukah tidak.

Harap baca kebijakan pembatalan penerbangan dan biaya penjadwalan ulang. Tanpa mengetahui hal ini sebelumnya, Kamu akan membuang banyak uang dan waktu jika harus menunda atau mengubah penerbangan.

Beli Tiketmu Sekarang

Setelah Kamu memutuskan penerbangan yang tepat untuk perjalanan Kamu yang akan datang, inilah saatnya untuk membeli tiket Kamu.

  • Ikuti panduan di situs web. Setiap website akan meminta Kamu untuk mengisi semua informasi seperti nama penumpang, jumlah perjalanan, nomor anggota klub penumpang, pilihan kursi dan makanan, informasi kartu kredit untuk memesan, dll.
  • Kamu biasanya dapat membayar biaya bagasi dan memilih tempat duduk Kamu selama sesi pemesanan. Melakukan ini pada saat pemesanan adalah ide yang baik, untuk mengurangi waktu check-in Kamu di bandara.
  • Jika Kamu bepergian ke luar negeri, Kamu akan memerlukan paspor untuk mengonfirmasi pemesanan Kamu.
  • Putuskan apakah Kamu ingin membayar biaya tambahan seperti upgrade kursi atau asuransi perjalanan.

2. Pesan Tiket Pesawat Secara Offline

Ringkas Rencana Perjalanan Kamu

Seperti halnya pemesanan online, pikirkan tentang ke mana Kamu berencana untuk bepergian dan tanggal berapa Kamu ingin memilih penerbangan Kamu dan apakah Kamu ingin memesan paket perjalanan. Buat daftar tugas dan bawa saat Kamu berbicara dengan agen perjalanan atau maskapai penerbangan.

Hubungi Agen Perjalanan Atau Perwakilan Maskapai Penerbangan

Kamu dapat menghubungi agen perjalanan konvensional atau perwakilan maskapai untuk membantu Kamu menemukan penerbangan terbaik.

  • Berikan agen informasi tentang rencana perjalanan tentatif Kamu. Juga beri tahu mereka informasi terkait lainnya, termasuk preferensi kursi dan juga apakah maskapai penerbangan dan rencana perjalanan dapat berubah dari preferensi awal Kamu.
  • Seperti halnya pemesanan online, pertimbangkan untuk fleksibel dalam rencana Kamu untuk mendapatkan waktu dan harga terbaik.
  • Agen perjalanan yang baik akan memperingatkan tentang semua faktor dalam memesan penerbangan seperti bandara alternatif dan maskapai kecil.

Bandingkan Harga dari Agen Lain

Hubungi beberapa agen perjalanan dan tanyakan harga tiketnya. Dengan membandingkannya dengan penawaran agen lain, Kamu akan mendapatkan harga tiket terbaik. Jika Kamu menemukan agen yang Kamu sukai tetapi tidak memiliki penawaran terbaik, beri tahu mereka bahwa Kamu mendapatkan harga yang lebih rendah, lalu lihat apakah mereka akan menyesuaikan atau menawarkan harga yang lebih baik.

Beli Tiketmu Sekarang

Setelah Kamu memutuskan penerbangan yang tepat untuk perjalanan mendatang, inilah saatnya untuk membeli tiket.

  • Hubungi agen perjalanan dan beri tahu mereka penerbangan mana yang ingin Kamu pesan tiketnya.
  • Tanyakan tentang proses pemesanan. Cari informasi tentang biaya tambahan seperti pajak, biaya bagasi, dan biaya upgrade kursi. Tanyakan juga tentang kebijakan pembatalan dan pengembalian uang.
  • Dapatkan salinan konfirmasi pesanan dan dokumen terkait lainnya. Pastikan untuk membawa dokumen ini ke bandara pada hari penerbangan Kamu untuk menghindari pertanyaan atau masalah lain yang terkait dengan pemesanan Kamu.

Demikian ulasan artikel tentang cara Pesan Tiket Pesawat Secara Online dan Offline, semoga bermanfaat.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.