Skip to main content

Bagaimana Cara Transfer Uang ke Luar Negeri dari Rupiah?

transfer uang ke luar negeri
Transfer uang ke luar negeri. (image: freepik.com)

Setiap tahun, transaksi pengiriman dana dari Indonesia ke luar negeri terus mengalami peningkatan. Data yang berasal dari World Bank menunjukkan pada tahun 2020 warga Indonesia telah melakukan transfer uang ke luar negeri yang jumlahnya fantastis. Yakni sebesar Rp68,8 triliun melalui remitansi ke luar negeri.

Dana keluar negeri ini umumnya dikirimkan untuk pembiayaan berbagai hal. Misalnya biaya sekolah anak, biaya hidup keluarga yang tinggal di luar negeri atau untuk pembayaran transaksi jual beli impor barang. Nah, untuk mengirimkan dana tentunya memerlukan cara-cara tertentu. Apa saja cara tersebut, inilah ulasannya.

Cara Mudah Kirim Uang Rupiah ke Luar Negeri

Mengirimkan uang ke luar negeri bisa dilakukan dengan cara transfer. Apakah ada biaya transfer uang ke luar negeri yang akan dikenakan? Jawabannya bisa ya bisa juga tidak. Semuanya tergantung dari media dan cara transfer apa yang kamu gunakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengirim uang rupiah ke luar negeri.

1. Transfer uang ke luar negeri dengan melalui layanan remittance

Saat ini, sudah banyak aplikasi untuk mengirim uang ke luar negeri dengan cara yang mudah. Bahkan ada aplikasi yang tidak membebankan biaya transfer untuk pengiriman uang ke luar negeri. Contohnya adalah aplikasi digibank by DBS.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan transfer dengan cara yang mudah dan praktis dengan memanfaatkan layanan remittance. Namun sebelum itu, kamu perlu mengunduh aplikasinya lalu melakukan registrasi. Jika sudah terdaftar, barulah kamu boleh memulai proses transfer uang ke luar negeri.

2. Transfer uang ke luar negeri melalui bank

Cara untuk kirim uang ke luar negeri berikutnya adalah melalui bank. Saat ini bank yang ada di Indonesia telah menyediakan layanan transfer uang ke luar negeri. Utamanya transfer uang dengan mata uang Dollar AS dengan tujuan ke berbagai negara.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengirimkan uang ke luar negeri melalui bank adalah dengan datang langsung ke bank. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi formulir. Setelah itu barulah bank akan memproses transaksi kamu yang kemungkinan besar akan memakan waktu beberapa hari tergantung proses di negara tujuan.

Apabila kamu menggunakan bank, maka sebaiknya siapkan sejumlah dana untuk biaya transfer ke luar negeri. Besarnya biaya transfer ini tergantung bank.

3. Transfer uang rupiah ke luar negeri melalui ATM

cara transfer uang ke luar negeri
Transfer uang melalui ATM. (image: freepik.com)

Selain lewat bank, kamu juga bisa melakukan transfer uang melalui ATM. Apabila pengiriman lewat bank harus mengisi formulir maka mengirim uang menggunakan ATM harus mengetahui kode swift bank yang akan dituju.

Setelah itu barulah kamu bisa melakukan transfer ke luar negeri dengan cara memasukkan kode swift dan nomor rekening bank tujuan.

4. Transfer uang ke luar negeri menggunakan Western Union

Western Union juga bisa kamu gunakan jika ingin kirim uang ke luar negeri. Untuk mengirim uang via Western Union, kamu hanya perlu menyiapkan KTP, uang yang akan di transfer serta biaya administrasinya.

Transfer uang ke luar negeri menggunakan Western Union ini dikenakan biaya transfer yang berbeda tergantung jumlah yang akan kamu transfer. Oleh karena itu, jika memilih menggunakan Western Union pastikan menyediakan dana lebih untuk membayar biaya transfernya.

Baca juga:

Itulah 4 cara yang bisa kamu gunakan untuk transfer uang rupiah ke luar negeri. Jika ingin melakukannya sebaiknya pilih cara yang mudah, praktis juga gratis. Seperti yang ditawarkan oleh aplikasi digibank by DBS.

Remittance Melalui aplikasi Digibank By DBS, Solusi Tepat!

Solusi tepat yang praktis dalam hal mengirim atau transfer uang ke luar negeri adalah menggunakan layanan remittance. Remittance merupakan layanan pengiriman uang yang menggunakan valas atau valuta asing.

Kamu bisa menggunakan layanan tersebut melalui aplikasi digibank by DBS. aplikasi ini sudah terjamin dan terpercaya serta menyediakan berbagai kemudahan untuk semua pelanggannya.

Tidak hanya proses transaksi yang mudah saja, aplikasi digibank by DBS juga menawarkan sejumlah keunggulan, diantaranya:

  • Bisa transfer ke luar negeri gratis tanpa biaya ke lebih dari 20 negara tujuan
  • Dapat diakses kapan saja selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu
  • Rate tukar rupiah selalu kompetitif serta up-to-date
  • Dana masuk ke rekening tujuan pada hari yang sama

Semua keunggulan inilah yang ditawarkan oleh aplikasi digibank by DBS bagi para nasabahnya. Tak perlu ragu atau khawatir karena aplikasi digibank by DBS merupakan platform terpercaya dan mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Intinya adalah, semua transaksi keuangan, entah itu transfer uang ke luar negeri atau transaksi lainnya, percayakan pada aplikasi digibank by DBS.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.