Skip to main content

10 Metode Pembayaran Online yang Saat Ini Sering Digunakan

metode pembayaran online

Perkembangan era digital memaksa transaksi pembayaran online kian meningkat. Tentu saja karena metode pembayaran online dinilai lebih aman dan praktis. Kelebihan tersebut yang membuat metode pembayaran online sangat diminati, khususnya untuk kalangan muda yang notabene suka dengan sesuatu yang praktis, efektif, dan efisien.

Seiring kian tingginya minat terhadap transaksi online, bermunculan banyak metode pembayaran online yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Apa sajakah itu?

Metode Pembayaran Online yang Paling Diminati

Perkembangan teknologi berperan terhadap peningkatan transaksi online. Dalam hal ini para pebisnis online tak harus hanya menggunakan aplikasi bisnis untuk menunjang operasional, namun juga harus memberikan penawaran metode pembayaran yang akan digunakan.

Nah, penawaran akan metode pembayaran digital ini sangat penting mengingat transaksi dilakukan secara online.

1. Transfer Bank

pembayaran online

Metode pembayaran ini paling banyak digunakan dan bisa memanfaatkan mobile banking, internet banking ataupun mesin ATM. Metode pembayaran ini terbilang praktis dan bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Sayangnya banyak yang menggunakan metode ini sebagai modus penipuan dengan mengirimkan bukti transaksi yang dipalsukan.

2. E-Wallet

Sekarang platform seperti e-commerce dan toko offline mulai menggunakan metode pembayaran e-wallet sebagai sarana transaksi. Transaksi menggunakan metode ini terbilang mudah dan cepat, sayangnya merchant yang menerima pembayaran menggunakan metode ini masih terbatas.

3. Kartu kredit

Metode pembayaran ini bisa digunakan tak hanya di dalam negeri, namun juga luar negeri. Kelebihan penggunaan kartu kredit yakni bisa membeli barang dengan cara mencicil. Limit dari kartu kredit juga lumayan besar. Namun karena kemudahan itulah membuat pengguna kartu kredit berpotensi ketagihan berhutang.

4. Rekber

Semakin maraknya jual beli online membuat rekber atau rekening bersama begitu diminati. Cara kerja rekber adalah menahan dana sementara hingga kegiatan jual beli selesai dilakukan, dan pembeli telah menerima dan mengonfirmasi barang.

Rekber memiliki kelebihan seperti melayani pembayaran beda bank dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Namun proses transaksi yang dilakukan lebih lama dan penyedia rekber ini masih terbatas.

5. Paypal

Ini adalah salah satu rekening virtual yang mendukung pembayaran online baik dalam maupun luar negeri. Paypal memiliki jaringan yang kuat hingga mampu melakukan transaksi keuangan secara global. Karena lingkupnya global, Paypal bisa digunakan di 100 lebih negara di dunia, namun tetap saja memiliki regulasi yang ketat dan akses yang terbatas.

6. Kredit tanpa kartu

Metode pembayaran ini dikenal dengan sebutan PayLater. Jadi pengguna metode ini bisa melakukan transaksi jual beli online dengan cara mencicil. Nah, kelebihan dari metode ini adalah syarat yang sangat mudah dalam pengajuan kredit untuk pembelian barang. Namun tentu saja limit yang diberikan dibatasi.

7. Ritel Tunai

Istilah ini digunakan untuk pembelanjaan di toko ritel. Jenis pembayaran disini bisa menggunakan uang tunai, non tunai atau menggunakan e-wallet. Kelebihan secara umum dari metode pembayaran ini yakni transaksi yang lebih praktis dan lebih cepat. Sedangkan kekurangannya terletak pada keamanan dan biasanya terdapat jumlah minimal belanja.

8. Direct Debit

Sesuai namanya, transaksi ini memungkinkan pengguna direct debit melakukan penarikan dana dari rekeningnya secara otomatis. Proses penggunaan direct debit disebut lebih cepat dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

9. QR Code

Ini adalah salah satu metode pembayaran online terbaru yang mana Anda hanya harus menggunakan smartphone untuk koneksi internet. Adapun sumber dana dari QR Code bervariasi seperti kartu kredit, debit atau e-money. Penggunaan QR Code memang sangat mudah, sayangnya tidak setiap tempat memiliki QR Code.

10. Faspay Billing

Faspay Billing

Sebagai salah satu media pembayaran online terbaik dan terbesar, Faspay Billing mampu menerima 50 lebih metode pembayaran dan memiliki lebih dari 29 mitra pembayaran. Dengan Faspay Billing Anda bisa menawarkan metode pembayaran apapun kepada pelanggan mulai dari e-money, virtual account, Internet Banking, kartu kredit, pembayaran ritel, kredit online, dan sebagainya.

Dalam bertransaksi, Faspay Billing memberikan jaminan keamanan lewat sertifikasi PCI DSS Level I. Hal ini tentu saja demi kenyamanan pelanggan. Selain itu adanya Faspay Billing juga mengurangi kerumitan dalam berjualan online. Pengaturan yang cepat dan mudah jelas akan memudahkan Anda dalam bertransaksi.

Diatas adalah 10 metode pembayaran online yang saat ini sering digunakan. Nah, dari beberapa ulasan diatas Saya rekomendasikan Faspay sebagai solusi bagi Anda. Kenapa?

Karena lebih dari 11 tahun Faspay berkecimpung dalam dunia pembayaran online. Faspay adalah solusi terbaik bagi bisnis Anda baik itu untuk mengirimkan dana, menerima pembayaran, mengelola serta mengembangkan bisnis. Tidak perlu situs web untuk melakukan pembayaran online, Anda bisa menggunakan Faspay Billing sebagai solusi untuk menagih pelanggan lewat obrolan atau email.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.