--> Skip to main content

8 Tips Memilih Aplikasi Pinjam Uang Online yang Aman dan Terpercaya


Ilustrasi Aplikasi Pinjam Uang Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak perusahaan Financial Technology (Fintech) yang menghadirkan layanan pinjam uang online melalui aplikasi.

Tentu saja dengan hadirnya layanan pinjam uang online tersebut, semakin memudahkan masyarakat yang membutuhkan dana secara cepat dan mudah tanpa harus direpotkan dengan berbagai persyaratan kredit melalui bank.

Namun, dengan menjamurnya layanan pinjam uang online ini ternyata menimbulkan banyak kekhawatiran calon nasabah. Hal ini disebabkan karena semakin maraknya layanan pinjam uang online ilegal yang beroperasi tanpa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, berikut ini 8 tips memilih aplikasi pinjam uang online yang aman dan terpercaya:

#1. Pastikan terdaftar di OJK


Layanan pinjam uang online yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat rentan melanggar ketentuan yang membahayakan perlindungan nasabah.

Biasanya layanan pinjam uang online ilegal tersebut melakukan cara apapun demi keuntungan mereka, seperti misalnya memberikan batas bunga yang tidak mengikuti standar ketentuan yang ditetapkan hingga cara penagihan yang tidak manusiawi.

Oleh karena itu sebelum memilih aplikasi pinjam uang online, pastikan terlebih dahulu bahwa layanan tersebut telah resmi terdaftar di OJK. Bila perlu, cek dahulu di website resmi OJK.

Layanan pinjam uang online yang terdaftar di OJK tentunya mengikuti standar regulasi untuk melindungi nasabah. Misalnya menetapkan batas bunga yang telah ditentukan dan sistem penagihan yang lebih beretika.

#2. Berbentuk badan hukum yang jelas


Sebelum menggunakan aplikasi pinjam uang online, pastikan layanan pinjam uang online tersebut telah berbadan hukum yang jelas dalam bentuk perusahaan.

Memastikan layanan memiliki badan hukum yang jelas agar nasabah memiliki kepastian hukum atas semua layanan jasa yang akan digunakan.

#3. Memiliki layanan konsumen yang jelas


Sebelum menggunakan aplikasi pinjam uang online, tentunya pastikan terlebih dahulu aplikasi tersebut memiliki layanan konsumen yang jelas. Seperti alamat kantor, nomor telpon, email, hingga sosial media yang bisa kita hubungi.

Tujuannya, jika nanti ada masalah, nasabah bisa dengan mudah menyampaikan pengaduan dan mendapatkan respon cepat.

#4. Memiliki sistem keamanan yang terjamin


Perusahaan Fintech resmi diwajibkan OJK melakukan sejumlah langkah security di website dan database untuk melindungi data nasabah, termasuk lolos audit hingga sertifikasi ISO teknologi informasi. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa keamanan data nasabah menjadi prioritas utama perusahaan.

Selain itu, pastikan pula aplikasi pinjam uang online yang akan digunakan meminta perizinan apa saja. OJK sendiri membatasi data yang boleh diakses perusahaan pemberi pinjam uang online hanya 3 hal, yaitu kamera, mikrofon, dan lokasi. Hal ini bertujuan untuk melindungi data pribadi nasabah.

#5. Memiliki reputasi yang baik


Di toko aplikasi, seperti Google Play Store, kita bisa mengetahui rating dan berbagai komentar dari pengguna. Disitulah kita bisa mengetahui apakah aplikasi pinjam uang online yang akan digunakan memiliki reputasi baik atau tidak.

Bila perlu, cek juga reputasinya di internet, forum, atau dengan bertanya langsung ke nasabah yang telah menggunakan aplikasi pinjam uang online tersebut.

#6. Fleksibilitas pengajuan


Syarat yang mudah adalah daya tarik layanan pinjam uang online dibandingkan kredit konvensional. Salah satunya adalah kemudahan dalam proses pengajuan pinjaman.

Pastikan aplikasi pinjam uang online yang akan digunakan memberikan kemudahan persyaratan untuk melakukan pengajuan. Seperti mendaftarkan diri hanya membutuhkan foto, KTP dan KK saja sebagai persyaratan dokumen. Ini jelas syarat yang hampir semua orang bisa memenuhinya dengan mudah dan dapat lebih menghemat waktu.

Selain itu, pastikan pinjam uang online menawarkan fleksibilitas yang tidak bisa diberikan oleh bank. Seperti pinjaman tanpa jaminan dan agunan.

#7. Transparansi layanan


Transparansi layanan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam memilih aplikasi pinjam uang online. Hal tersebut sangat penting bagi nasabah agar mengetahui informasi secara detail sebelum mengajukan pinjaman.

Salah satu bentuk tranparansi layanan pinjam uang online adalah menyediakan kalkulator pinjaman di website dan aplikasi resminya sehingga nasabah dapat lebih mudah untuk menentukan pinjaman mereka.

#8. Pencairan dana yang cepat


Di situasi tertentu, terkadang kita membutuhkan dana dengan cepat. Oleh karena itu, kehadiran aplikasi pinjam uang online akan sangat membantu dalam situasi tersebut.

Saat ini, sudah banyak aplikasi pinjam uang online yang menawarkan kecepatan pencairan peminjaman uang, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada jenis dan besarnya pinjaman yang diajukan nasabah. Tentunya hal tersebut penting untuk diperhatikan.

Jika kamu memang sedang butuh dana cepat, kamu bisa memilih aplikasi pinjam uang online yang menawarkan proses waktu pencairan dana yang paling cepat, tentunya aplikasi tersebut telah terdaftar di OJK untuk jaminan keamanan.

Itulah 8 tips memilih aplikasi pinjam uang online yang aman dan terpercaya. Nah, agar lebih mudah memilih aplikasi pinjam uang online yang tepat, aku merekomendasikan aplikasi Tunaiku.

Tunaiku merupakan salah satu aplikasi Fintech di Indonesia yang menawarkan pinjaman uang online cepat cair.

Tentunya tak perlu khawatir dengan kredibilitas dan keamanannya, sebab Tunaiku merupakan bagian dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Tunaiku menyediakan dana pinjaman hingga Rp 20 juta dengan jangka waktu cicilan tenor 6 bulan hingga 20 bulan tanpa memerlukan jaminan. Proses pencairan dana pun sangat cepat, hanya butuh waktu tiga hari kerja.

Selain itu, proses pendaftarannya pun juga sangat mudah. Cukup dengan KTP dan mengisi formulir saja tanpa memerlukan dokumen tambahan apapun.

Untuk menjaga agar tetap transparan, Tunaiku juga menyediakan kalkulator pinjaman yang bisa digunakan langsung oleh nasabah baik dari website maupun dari aplikasi Tunaiku.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan Tunaiku.com.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.