Skip to main content

Perbedaan Digital Banking dan Mobile Banking

Tidak sedikit orang yang beranggapan jika digital banking serta mobile banking merupakan layanan yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan. Keduanya memang mempunyai persamaan, yakni gabungan dari layanan finansial serta teknologi.

Selain itu keduanya juga menjadi inovasi yang dapat memudahkan masyarakat melakukan transaksi, dengan menggunakan layanan ini, kamu tidak perlu pergi ke bank untuk memperoleh layanan keuangan.

transaksi online
Transaksi online (img: https://www.pexels.com/id-id/foto/laptop-internet-duduk-koneksi-6969662/)

Jika harus memilih salah satu diantara keduanya, namun belum mengetahui perbedaannya pasti akan bingung. Agar lebih mudah melakukan pemilihan, kamu harus memahami perbedaan diantara keduanya.

Pengertian Digital Banking dan Mobile Banking

Sebelum mencari tahu perbedaan diantara keduanya, tentu kamu harus mengetahui definisi dari fasilitas transaksi bank ini. Untuk mobile banking, mobile banking adalah sebuah bentuk transaksi finansial.

Layanan keuangan ini menggunakan gadget seperti smartphone, tablet dan lainnya. Aktivitas yang bisa dilakukan dengan fasilitas perbankan ini cukup beragam mulai dari transfer bank, belanja online dan lainnya. Ada pula yang menyebut layanan ini sebagai online banking.

Meskipun disebut sebagai online banking atau internet banking, namun layanan transaksi bank ini berbeda dengan internet banking. Selain itu mobile banking adalah salah satu jenis layanan dari bank, serta lembaga keuangan yang memiliki layanan ini tetap memiliki kantor yang bisa diakses secara offline.

Karena dimiliki oleh bank tertentu, untuk menggunakannya, setelah kamu mendownload aplikasinya, kamu harus datang ke kantor cabang. Nantinya bank akan memberikan format SMS yang harus dikirim agar bisa melakukan verifikasi.

Nantinya kamu juga akan diminta untuk memasukkan identitas seperti password yang akan digunakan untuk mengakses layanan perbankan. Agar dapat menjamin keamanan transaksi, mobile banking biasanya menggunakan sistem OTP atau one time password, OTP ini nantinya dikirim melalui SMS ke handphone nasabah, sistem ini hanya bisa digunakan pada SIM yang sudah terdaftar.

Sedangkan digital banking adalah perpindahan layanan bank ke dalam internet. Layanan yang berpindah ini seperti penarikan, penyimpanan, penarikan, manajemen rekening, permintaan pinjaman, dan lainnya.

Dengan menggunakan layanan ini, kamu dapat melakukan pembukaan rekening tanpa harus pergi ke bank. Hal ini disebabkan karena fasilitas tersebut bisa diakses dengan jaringan internet.

Dalam layanan ini, bank sudah berpindah ke jaringan internet namun mereka tetap memiliki kantor operasional. Oleh sebab itu untuk melakukan transaksi, kamu tidak perlu lagi pergi kemana-mana. Kamu hanya perlu di rumah kemudian melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhanmu.

Pilihan Digital Banking dengan Ratusan Fitur dalam Mobile Banking

transaksi online
Transaksi online (img: https://www.pexels.com/id-id/foto/kemeja-lengan-panjang-man-in-grey-crew-neck-menggunakan-macbook-5935737/)

Pada prinsipnya, keduanya memang berbeda. Namun, baik digital banking maupun mobile banking memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan para nasabahnya.

Salah satu pilihan mobile banking yang bisa kamu andalkan adalah PermataMobile X. PermataMobile X adalah aplikasi mobile banking yang dimiliki PermataBank. Di dalam aplikasi PermataMobile X ini terdapat ratusan fitur yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan perbankanmu.

Sebagai sebuah aplikasi unggulan, ada berbagai macam kelebihan yang dimiliki PermataMobile X. Berikut berbagai keunggulannya, antara lain:

1. Sebuah Aplikasi yang Sangat Canggih

PermataMobile X merupakan sebuah aplikasi mobile banking yang canggih. Di dalamnya, kamu bisa menemukan ratusan fitur perbankan sehingga bisa memudahkan transaksi bank yang kamu lakukan.

2. Dijamin Aman

Keamanan yang dimiliki PermataMobile X tidak perlu kamu ragukan lagi. PermataBank sendiri sudah memberikan fitur login menggunakan sidik jari serta Face ID, sehingga tidak akan ada sembarang orang yang bisa melakukan login ke akun PermataMobile X yang kamu miliki.

3. Praktis

Berbagai macam transaksi bisa kamu lakukan menggunakan PermataMobile X. kamu bisa membuka rekening, pengecekan mutasi, transfer, hingga bayar kartu kredit. Bahkan melakukan pengajuan bisa kamu lakukan menggunakan PermataMobile X.

Selain memiliki serangkaian keunggulan, ada berbagai macam transaksi yang bisa kamu lakukan menggunakan PermataMobile X, antara lain:

  • Pengecekan mutasi rekening hingga 12 bulan terakhir.
  • Melakukan pembayaran berbagai macam tagihan mulai dari telepon, listrik, internet dan yang lainnya.
  • Melakukan pengisian pulsa, token listrik, e-wallet serta mengisi voucher game.
  • Membuat kartu kredit, rekening tabungan sampai mengajukan KTA dari PermataMobile X tanpa harus ke kantor cabang.
  • Melakukan pembelian serta penjualan bahkan switching reksadana.
  • Melakukan pembayaran di berbagai merchant dan toko dengan menggunakan fitur QR Pay. Untuk melakukan pembayaran, kamu hanya perlu scan tanpa harus repot isi e-wallet.
  • Menarik tunai di semua gerai Indomaret dengan menggunakan fitur Mobile Cash.
  • Mengirim WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan fasilitas transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan. Kamu bisa melakukan transfer dana tanpa tahu nomor rekening tujuan.
  • Pengajuan kenaikan limit sementara kartu kredit.

Untuk dapat menggunakan fasilitas yang mirip dengan digital banking ini, kamu bisa mendownload melalui App Store maupun Play Store.

Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.