Skip to main content

Penyebab Central Lock Sering Macet

Central Lock mobil

Kunci pintu mobil otomatis atau central lock adalah fitur keamanan yang wajib dimiliki mobil Anda. Dengan fitur central lock, pengemudi hanya cukup mengunci mobil dari tombol yang ada di pintu depan, pintu lainnya langsung bisa terkunci secara otomatis. Hal ini membantu Anda agar tidak repot mengecek satu per satu pintu mobil jika ada yang belum terkunci. Fitur keamanan ini juga sangat bermanfaat, terutama jika Anda sering berkendara dengan anak-anak yang kadang suka bermain dengan panel pintu mobil.

Perlu diketahui, bahwa central lock memiliki masa pakai dalam kurun waktu 3-5 tahun. Karenanya seiring berjalannya waktu pemakaian mobil, masalah-masalah timbul pada central lock seperti kunci pintu yang macet atau pintu mobil yang tidak bisa dibuka, disebabkan karena masa pakainya sudah lewat. Kerusakan pada central lock biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Kerusakan Kabel

Penyebab utama kerusakan central lock biasanya karena kabel yang rusak atau putus. Gangguan pada arus listrik yang diakibatkan kerusakan kabel mengakibatkan komponen central lock tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu masalah kelistrikan lain juga bisa jadi faktor kerusakan central lock, seperti misalnya kerusakan konektor atau soket kabel pada motor central lock, serta sekring yang putus dan harus diganti.

2. Dinamo Motor Lemah

Komponen dinamo yang mulai lemah juga bisa jadi salah satu penyebab kerusakan central lock. Sebab dinamo memiliki peranan penting pada central lock. Komponen yang berbentuk seperti pistol ini memiliki fungsi untuk menggerakkan pengunci, saat dinamo rusak maka kunci pintu mobil akan jadi sulit dibuka.

3. Modul Rusak

Kerusakan modul central lock biasanya memang jarang terjadi. Namun jika sudah terjadi kerusakan di bagian ini, biasanya teknisi akan menyarankan Anda untuk mengganti dengan central lock yang baru. Hal ini karena jika diperbaiki sekalipun, biasanya kerusakan serupa akan kembali berulang.

Tips Agar Central Lock Lebih Awet

Untuk meminimalisir kerusakan pada central lock, ikuti cara berikut:

  • Jangan menutup pintu dengan cara membanting. Benturan akibat pintu yang dibanting bisa menggeser gigi penggerak pintu, ini bisa menyebabkan lengan penggerak yang ada di pintu bisa jadi bengkok. Kendala inilah yang bisa menyebabkan central lock jadi macet.
  • Berikan pelumas tiap 3 bulan sekali. Rutin periksa bagian pada central lock yang mudah berkarat, terutama pada pinggiran pintu yang melekat pada mobil. Pastikan bagian tersebut terlumasi dengan baik agar terhindar kunci pintu mobil macet.
  • Bersihkan sela-sela pintu setiap 6 bulan sekali, cukup lap dengan kain kering saja dan jangan menggunakan air agar tidak terjadi konsleting pada komponen central lock.
  • Central lock memiliki komponen yang cukup kompleks lengkap dengan berbagai kabel, mainboard, modul dan sekringnya. Maka dari itu sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel resmi Suzuki terdekat jika ingin memperbaikinya.
Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.