Skip to main content

5 Cara Ampuh Memperluas Bisnis Reseller Online Dengan Cepat

peluang reseller

Ada banyak sekali peluang bisnis online yang bisa kamu lakukan ditengah berkembangnya teknologi internet saat ini, salah satunya yaitu menjadi reseller online.

Reseller online sendiri merupakan salah satu kegiatan bisnis dengan menjual kembali produk dari produsen, grosir, atau penjual. Dengan sistem reseller ini, maka kamu tidak perlu repot-repot memiliki produk sendiri.

Biasanya, produsen atau supplier akan menjual harga produk yang lebih murah dari harga pasaran. Sehingga peluang reseller bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual kembali produk tersebut sesuai dengan harga yang umum di pasaran.

Misalnya, supplier menjual produknya dengan harga Rp40.000, sedangkan harga pasaran sebesar Rp70.000. Sehingga reseller memungkinkan akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp30.000 setelah menjual kembali produk tersebut di pasaran. Kira-kira gambarannya seperti itu, tapi bisa lebih atau kurang, tergantung reseller mematok harga jual produk tersebut di pasaran.

Cara Ampuh Memperluas Bisnis Reseller Online

Meskipun peluang reseller ini sangat menjanjikan, tapi sayangnya banyak juga yang masih bingung bagaimana cara bisnis reseller online mereka bisa berkembang dengan baik. Nah berikut ini cara ampuh memperluas bisnis reseller online dengan cepat:

1. Lakukan Riset Pasar

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memperluas bisnis reseller online adalah melakukan riset pasar. Tentunya menjalankan riset pasar ini sangat penting dilakukan, sebab ini akan menentukan produk apa yang hendak dijual dengan lebih tepat.

Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan produk yang akan dijual kembali sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Pastikan Kualitas Produk Terbaik

Meskipun reseller tugasnya hanya menjual kembali produk dari supplier, namun dalam hal ini seorang reseller juga harus memastikan kualitas produk layak atau tidak sebelum di jual ke pasaran. Hal ini karena reseller akan berhubungan langsung dengan customer sehingga jika kualitas produk tidak layak, maka tentunya reputasi reseller akan menjadi buruk di mata customer.

Oleh sebab itulah, memastikan kualitas produk sangat penting untuk diperhatikan dengan selalu konsisten dengan kualitas produk terbaik, sehingga bisnis online sebagai reseller yang dijalankan dapat semakin berkembang.

3. Tentukan Harga Jual Produk Tetap Terjangkau

Menghasilkan keuntungan dari menjual produk adalah peluang reseller yang cukup menjanjikan. Namun tentu saja kamu juga harus menentukan harga jual produk secara cermat. Biasanya menentukan harga jual ini setelah mendapatkan kesepakatan komisi dengan supplier.

Setelah mendapatkan kesepakatan, kamu bisa mulai menentukan harga jual produk yang akan kamu jual ke pasaran. Dalam hal ini, sebisa mungkin untuk menentukan harga produk tidak jauh dari harga pasaran, nah inilah pentingnya saat kamu riset pasar. Kamu bisa menentukan harga produk dengan lebih terjangkau sesuai target pasar agar kamu bisa menarik semakin banyak customer.

4. Bangun Branding Untuk Menarik Konsumen

strategi branding reseller

Saat ini, para reseller online selalu mengandalkan berbagai platform media sosial untuk menjajakan produk yang dijual. Tentunya dengan membangun branding yang tepat bisa menjadi peluang reseller untuk memperluas jangkauan bisnis online mereka.

Branding yang tepat juga akan berpeluang meningkatkan brand awareness dari calon konsumen, sehingga nantinya mereka akan lebih mudah mengenali berbagai produk yang kamu tawarkan.

5. Perluas Jangkauan Promosi

Tak bisa dipungkiri, saat ini pengguna smartphone semakin banyak mengakses media sosial untuk sekedar mencari hiburan ataupun informasi terkini. Tentunya ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas jangkauan bisnis reseller online milikmu.

Kamu bisa menggunakan berbagai platform media sosial sebagai sarana promosi online dan pemasaran produkmu. Beberapa upaya promosi online yang bisa kamu lakukan saat ini seperti menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads. Melalui platform tersebut, kamu bisa mengatur seberapa luas jangkauan dan cakupan area demografi promosi secara mudah sehingga kamu bisa menjangkau target pasar dengan tepat.

Pilih Supplier yang Terpercaya Untuk Bisnis Reseller Online-mu

Agar bisnis reseller online kamu semakin berkembang, pastikan pula kamu supplier produk yang akan kamu jual merupakan pihak yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Misalnya jika kamu ingin menjadi reseller produk kecantikan, maka kamu perlu mencari supplier yang khusus menyediakan produk kecantikan. Salah satunya seperti RAENA.

RAENA merupakan platform reseller dan dropshipper produk kecantikan terbesar di Indonesia yang menyediakan lebih dari 2500 produk yang berasal 250+ brand lokal dan internasional.

reseller RAENA

Adapun berbagai macam produk kecantikan yang ditawarkan di RAENA antara lain skincare, bodycare, haircare, hingga make-up dengan harga yang terjangkau dan jaminan produk 100% asli.

Menjadi reseller di RAENA juga gratis. Tidak ada biaya registrasi, tidak ada biaya admin, dan proses registrasinya juga mudah dan cepat.

RAENA sendiri juga hadir di Android dan iOS. Aplikasinya ini sudah dipercaya oleh 300.000+ penjual produk kecantikan. Jadi tunggu apa lagi, ayo manfaatkan peluang reseller jadi makin untung dengan bergabung di RAENA.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.