30 November 2018

Sering Dijumpai Masalahnya, Berikut 5 Fakta Soal Aki Mobil yang Penting Diketahui


Ilustrasi Servis Mobil

Apabila berbicara soal komponen penting pada mobil, aki merupakan salah satunya karena tanpa kondisi aki yang baik bahkan mobil tidak akan bisa dijalankan. Aki memiliki peran vital sebab menjadi sumber energi untuk memutar dinamo starter sehingga mesin dan siklusnya bisa menyala. Dengan kata lain, aki mobil berfungsi sebagai baterai bagi kendaraan bermobil dalam menyediakan kebutuhan energi listrik.

Bekerja menyuplai daya listrik ke komponen mobil lainnya, aki perlu diperhatikan dan dirawat agar fungsinya tersebut selalu stabil karena berpengaruh langsung terhadap berjalan atau tidaknya mobil.

Tentu hal yang paling merepotkan ialah mobil mogok ketika sedang berkendara yang sangatlah mengganggu kenyamanan. Kendati demikian, merawat aki memang gampang sekaligus sulit di saat yang bersamaan akan tetapi bisa diservis di bengkel resmi Toyota Jayakarta.

Apabila dapat mengenal aki lebih jauh, akan meningkatkan pula kepahaman ketika menghadapi situasi tertentu yang berhubungan dengan aki. Oleh sebab itu, inilah 5 fakta soal aki mobil yang penting diketahui para pengendara mobil:

● Fungsi dari Aki

Jika ingin memahami aki lebih jauh, pertama – tama perlu diketahui tentang fungsi aki itu sendiri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aki berfungsi penampung arus listrik ke sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil.

● Tiga Jenis Aki di Indonesia

Di Indonesia dikenal terdapat tiga jenis aki yaitu aki basah atau sering disebut aki premium, aki kering atau Maintenance Free, dan aki hybrid. Berbagai jenis aki tersebut memiliki perawatan yang berbeda untuk merawatnya salah satunya bisa di bengkel resmi Toyota Jayakarta.

● Aki Bertahan Sampai 2 Tahun

Para pengendara sering bertanya sebenarnya berapa lama usia aki mobil itu sendiri. Untuk pemakaian normal, aki biasanya bertahan 1,5 tahun atau bisa sampai 2 tahun. Apabila sudah mencapai di kisaran usia tersebut, ada baiknya mengunjungi bengkel resmi Toyota Jayakarta untuk melakukan penggantian aki baru.

● Jaga Kondisi Terminal Kutub Aki

Terdapat cara untuk merawat aki agar kondisinya selalu baik. Salah satu bagian penting pada aki, yakni terminal kutub, harus dibersihkan secara rutin agar terhindar dari kotoran maupun berbagai endapan lain. Terminal kutub tersebut bisa dibersihkan dengan menggunakan air panas atau bisa juga ketika servis rutin di bengkel resmi Toyota Jayakarta.

● Ganti Aki dengan Spesifikasi Standar

Apabila sudah waktunya ganti aki, usahakan memilih pengganti aki lama dengan aki baru yang memiliki spesifikasi standar yang sudah ditentukan pabrikan mobil. Hal tersebut agar menjaga performa dan kondisi mobil itu sendiri. Untuk itulah, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Toyota Jayakarta untuk penggantian aki baru.

Itulah 5 fakta tentang aki mobil agar lebih memahami kondisi aki mobil sehingga tahu apa yang harus dilakukan. Lakukan perawatan rutin pada aki yang bisa dijadwalkan di bengkel resmi Auto2000 Toyota Jayakarta. Auto2000 Toyota Jayakarta menawarkan kemudahan untuk servis rutin mobil Anda dengan booking servis di website Toyota Auto2000 Jayakarta di auto2000.co.id.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan Toyota Auto2000 Jayakarta.