Skip to main content

Spesifikasi serta Harga Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, Pertama dengan Chipset Google Tensor

Google Pixel 6

Baru-baru ini, Google resmi mengumumkan smartphone terbarunya dari lini Pixel series, yaitu Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Salah satu hal yang menarik dari generasi terbaru Pixel ini adalah telah ditenagai oleh chipset besutan Google sendiri, Google Tensor.

Google Tensor sendiri merupakan chipset yang dikembangkan oleh Google berdasarkan pada ekosistem pemrograman machine learning (ML) open-source milik Google, yaitu TensorFlow.

Tensor memiliki delapan inti (octa-core) dengan fabrikasi 5 nm dimana clockspeed maksimal hingga 2,8 GHz, serta dipadu dengan pengolah grafis (GPU) ARM Mali-G78.

Selain itu, Google mengklaim jika CPU pada Tensor 80 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya, serta GPU 370 persen lebih kencang.

Kembali ke duo Pixel 6, baik Pixel 6 maupun Pixel 6 Pro keduanya mengusung desain yang lebih segar dengan penampang modul kamera belakang berbentuk persegi panjang, atau disebut "Camera Bar" berwarna hitam yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung.

Selain itu, bodi bagian depan dan belakang dari kedua smartphone ini juga dilapisi dengan kaca pelindung terbaru dari Corning, yaitu Gorilla Glass Victus.

Sebagai ponsel terbaru dari Google, tentunya Pixel 6 dan Pixel 6 Pro sudah berjalan pada versi Android yang termutakhir, yakni Android 12. Dan dibekali chip keamanan Titan M2 untuk menyimpan berbagai informasi kredensial, Security Hub untuk mengelola sistem keamanan perangkat secara keseluruhan, dan dukungan eSIM. (Baca juga: Apa Itu eSIM? Dan Apa Bedanya dengan Kartu SIM Biasa?)

Lantas seperti apa detail spesifikasi lainnya serta harga Pixel 6 dan Pixel 6 Pro ini? Berikut ini ulasannya:

Spesifikasi Google Pixel 6

Google Pixel 6

Pixel 6 merupakan versi standar dengan layar AMOLED seluas 6,4 inchi beresolusi Full HD+ serta refresh rate 90 Hz dan dukungan HDR10+. Di bagian tengah atas layar terdapat kamera depan 8 MP (f/2.0) yang tersemat dalam modul punch hole.

Untuk kamera belakangnya terdiri dari dua buah kamera, masing-masing kamera utama 50 MP (wide, f/1.9, OIS) dan kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2).

Selain diotaki oleh Tensor, Pixel 6 mengusung konfigurasi RAM 8GB dan dua pilihan memori internal, 128GB atau 256GB. Baterainya sendiri berkapasitas 4.615 mAh serta dukungan pengisian cepat hingga 30W.

Untuk soal harga, Pixel 6 akan dibanderol dengan harga mulai dari 599 dollar atau sekitar Rp 8,5 jutaan serta hadir dengan tiga varian warna yaitu Sorta Seafoam, Kinda Coral, dan Stormy Black.

Spesifikasi Google Pixel 6 Pro

Google Pixel 6 Pro

Pixel 6 Pro mengusung dimensi yang sedikit lebih besar dari versi standarnya. Smartphone ini dibekali dengan panel layar LTPO OLED seluas 6,7 inchi beresolusi Quad HD+ serta refresh rate mencapai 120 Hz dan juga mendukung HDR10+.

Bagian tengah atas layar terdapat punch hole yang memuat kamera depan 11,1 MP dengan bukaan lensa f/2.2. Sedangkan bagian belakang, ada tiga buah kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (wide, f/1.9, OIS), kamera telephoto 48 MP (f/3.5, OIS, 4x optical zoom) dan kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2).

Adapun fitur kamera Pixel 6 Pro ini antara lain Face Unblur, Motion Mode, Real Tone, dan yang paling menarik adalah Magic Eraser yang memungkinkan pengguna dapat menghapus objek latar belakang yang dirasa mengganggu dari foto mereka.

Pixel 6 Pro mengusung konfigurasi RAM LPDDR5 12GB dan dua pilihan memori internal tipe UFS 3.1, sebesar 256GB atau 512GB. Sedangkan baterainya berkapasitas 5.000 mAh serta dukungan pengisian cepat hingga 30W.

Pixel 6 Pro akan dibanderol dengan harga mulai dari 899 dollar atau sekitar Rp 12,7 jutaan serta hadir dengan tiga pilihan warna yakni Cloudy White, Sorta Sunny, dan Stormy Black.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.