Android 12 Resmi Diperkenalkan, Bawa Desain Baru “Material You”


Android 12

Google resmi mengumumkan sistem operasi Android versi terbaru yakni Android 12, dalam event Google I/O yang digelar secara online pekan lalu.

Android 12 membawa sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan. Salah satu yang baru adalah di bagian desain yang kini tampil lebih simpel dengan perpaduan warna solid. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 ini sebagai “Material You”.

Yap, Android 12 memungkinkan pengguna dapat mengkostumisasi tampilan smartphone Android miliknya dengan lebih personal. Jika pengguna memilih salah satu wallpaper, nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan itu yang ditampilkan sebagai warna aksen.

Warna tersebut nantinya juga akan diterapkan di layar notifikasi, lockscreen, volume bar, widget, dan lainnya, sehingga tampilan antarmuka secara keseluruhan terlihat senada.

Selain perubahan antarmuka yang cukup signifikan, nantinya pengguna dapat lebih mudah mengakses Google Assistant. Pengguna bisa menekan tombol daya beberapa detik guna memerintahkan asisten virtual Google tersebut untuk melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan dan lainnya.

Kemudian di sektor keamanan di Android 12 juga mendapat peningkatan. Nantinya pengguna dapat lebih mudah mengakses semua perizinan yang diminta oleh semua aplikasi hanya dengan melalui tombol khusus.

Terakhir untuk urusan performa, Google juga turut meningkatkan kinerja Android 12 untuk membuat perangkat jadi lebih responsif dan hemat daya. Android 12 ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen dan menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Perlu diketahui, saat ini Android 12 masih dalam fase Beta 1, itu artinya bukan tidak mungkin jika kedepannya akan ada fitur baru di versi finalnya.

Post a Comment (0)