08 May 2019

Google Resmi Perkenalkan Pixel 3a dan Pixel 3a XL, Inilah Spesifikasi dan Harganya


 Pixel 3a dan Pixel 3a XL

Setelah cukup lama menjadi perbincangan lantaran bocorannya banyak bertebaran di dunia maya, kini akhirnya Google resmi memperkenalkan duo smartphone terbarunya yakni Pixel 3a dan Pixel 3a XL dalam ajang Google I/O 2019 yang digelar di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat.

Pixel 3a dan Pixel 3a XL ini merupakan smartphone kelas menengah dan sekaligus varian termurah dari seri flagship Pixel 3 versi reguler.

Baca juga: Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Resmi Dirilis dengan Layar Lebih Besar dan Kemampuan Kamera yang Lebih Ditingkatkan

Secara spesifikasi, baik Pixel 3a dan Pixel 3a XL mengusung spesifikasi yang sama secara keseluruhan. Hanya saja, yang menjadi perbedaannya disini adalah ukuran layar dan kapasitas baterainya.

Untuk Pixel 3a mengusung layar berukuran 5,4 inchi, sedangkan Pixel 3a XL memiliki ukuran layar yang sedikit lebih luas, yakni berukuran 6 inchi.

Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan panel layar OLED beresolusi Full HD+ tanpa notch serta dilapisi kaca pelindung Dragon Trail. Diatas layar, keduanya juga sama-sama dilengkapi kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.0).

Selain itu, Pixel 3a dan Pixel 3a XL juga dilengkapi dengan kamera belakang tunggal beresolusi 12,2 MP (f/1.8) dengan sensor Sony IMX363, serta didukung fitur OIS, Night Sight, Top Shot, Super Res Zoom dan HDR+.

Beralih ke sektor dapur pacu, lagi-lagi Pixel 3a dan Pixel 3a XL memiliki jeroan hardware yang sama. Ya, kedua smartphone ini sama-sama ditenagai oleh prosesor Snapdragon 670, GPU Adreno 615, RAM 4GB, memori internal 64GB dan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Untuk catu dayanya, Pixel 3a ditopang oleh baterai berkapasitas 3000 mAh, sedangkan Pixel 3a XL baterainya berkapasitas 3700 mAh. Keduanya juga mendukung fast charging 18W dengan USB Power Delivery.

 Pixel 3a

Google juga melengkapi Pixel 3a dan Pixel 3a XL dengan berbagai fitur pendukung, seperti diantaranya sensor sidik jari, port jack audio 3.5 mm, dan speaker stereo di bagian bawah perangkat.

Penasaran dengan harganya? Pixel 3a dijual dengan harga USD 399 atau sekitar Rp 5,7 jutaan, sedangkan Pixel 3a XL dijual dengan harga USD 479 atau sekitar Rp 6,8 jutaan. Ada tiga pilihan warna yang tersedia, yakni Just Black, Clearly White dan Purple-ish.

Pre-order kedua smartphone ini sudah mulai dibuka hari ini di beberapa negara tertentu. Sayang sekali, untuk wilayah Asia Tenggara, hanya Singapura yang kebagian duo Pixel 3a ini.