Skip to main content

Serunya Belajar Coding di Bootcamp Hacktiv8

Sekolah coding

Sebagai seorang Blogger, memiliki kemampuan membuat artikel saja tentu tidaklah cukup. Sebab, Blogger juga dituntut untuk memahami beberapa hal yang penting lainnya, seperti memahami ilmu Search engine optimization (SEO) untuk mengoptimasi performa blog di mesin pencari, dan mampu memahami ilmu coding yang sangat perlu untuk memodifikasi tampilan template blog agar terlihat menarik.

Mengapa ilmu coding itu perlu? Sebab, untuk memodifikasi tampilan template blog sendiri tentunya kita perlu setidaknya ilmu dasar coding untuk web developer, seperti struktur markup HTML, CSS untuk mempercantik tampilan website, hingga bahasa pemrograman JavaScript untuk menjalankan berbagai elemen yang diperlukan di website.

Tapi jangan bingung dulu, meskipun ilmu coding dianggap sangat sulit untuk dipelajari, namun seiring berjalannya waktu jika kamu serin mengutak-atik template blog milikmu, maka lama-lama kamu akan terbiasa dengan coding.

Dan apabila kamu masih kesulitan belajar coding tapi sangat berminat untuk mendalami ilmu coding, ada baiknya jika kamu coba mengikuti coding Bootcamp Hacktiv8. Apa Itu Hacktiv8? Berikut ini aku akan memberikan review Hacktiv8.

Mengenal Hacktiv8

Bootcamp Hacktiv8

Hacktiv8 adalah program pelatihan atau coding Bootcamp pertama di Jakarta yang mengubah pemula menjadi seorang Full Stack Developer yang siap kerja. Para lulusan Hacktiv8 sendiri nantinya dijamin menguasai kemampuan membangun aplikasi web menggunakan JavaScript mulai dari Front-End hingga Back-End.

Adapun materi yang diberikan sebagai bekal belajar programming untuk pemula diantaranya mulai dari pembuatan layout web menggunakan HTML CSS, pengenalan JavaScript, pemrograman back-end menggunakan NodeJS, hingga penggunaan React, Redux dan React Native.

Sebagai coding Bootcamp terbaik, Hacktiv8 juga menjadi coding Bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). CIRR sendiri merupakan standar global yang dikembangkan oleh lembaga independen yang melakukan audit lulusan dari banyak sekolah coding Bootcamp di tingkat global yang menjunjung tinggi transparansi hasil belajar siswa kepada publik.

Hacktiv8 memiliki instruktur yang berpengalaman dan profesional. Mereka tidak hanya mengajarkan siswa menjadi seorang Full Stack Developer, tetapi juga mendampingi siswa menemukan karir di dunia kerja bidang industri teknologi.

Selain itu, Hacktiv8 menggunakan kurikulum yang terus menyesuaikan kebutuhan industri teknologi masa kini. Jadi dijamin para siswa akan mendapatkan skill tentang bahasa pemrogaman terkini melalui program full stack immersive.

Kursus Full Stack Developer

Siapa saja bisa mengikuti kursus Full Stack Developer di Hacktiv8, asalkan siswa tersebut memiliki niat dan gigih untuk bisa belajar koding. Karena nantinya para siswa ini akan digembleng oleh materi coding yang cukup padat selama 12 minggu. Selain itu, para siswa akan dibimbing dan dituntut memiliki Growth Mindset yang berguna untuk peningkatan karir di masa depan.

Untuk kamu yang sangat tertarik ingin belajar di sekolah coding Hacktiv8, tentunya kamu harus merogoh kocek hingga Rp 40 juta jika melalui jalur regular. Biaya tersebut tentunya sangat besar, namun, Hacktiv8 memberikan jaminan kerja dan gaji rata-rata sebesar Rp 10 juta per bulan. Dengan jaminan tersebut, maka akan sangat mudah "balik modal" jika lulus dan berhasil diterima kerja sebagai tim IT di sebuah perusahaan.

Tapi jika kamu dana terbatas, jangan khawatir dulu. Sebab, Hacktiv8 juga menyediakan metode pembayaran Income Share Agreement (ISA) yaitu membayar ketika kita sudah bekerja setelah lulus dari Hacktiv8.

Sistem pembayaran ISA ini adalah dengan cara menyisihkan beberapa persen pendapatan setelah lulus dari Hacktiv8 dan bekerja. Nantinya besaran angsuran biaya yang dibayar bisa didiskusikan lebih lanjut dengan tim admission Hacktiv8.

Kemana setelah lulus dari kursus Full Stack Developer di Hacktiv8? Jangan bingung dulu. Karena tidak sekedar program pelatihan, Hacktiv8 sendiri juga bekerjasama dengan lebih dari 350 Hiring Partner dari berbagai perusahaan yang siap merekrut lulusan Full Time dari Hacktiv8.

Serunya Belajar Coding di Hacktiv8

Ngomongin belajar coding, beberapa hari lalu aku bersama teman-teman Blogger lainnya mendapatkan kesempatan mengikuti trial class selama empat hari untuk belajar Full Stack Developer di coding Bootcamp Hacktiv8. Tentunya kesempatan ini tidak aku lewatkan, sebab ini akan menambah wawasan tentang ilmu coding yang bisa aku coba terapkan untuk memoodifikasi template blog nantinya.

Selama mengikuti trial class di Bootcamp Hacktiv8, kami para Blogger merasakan langsung betapa intensifnya belajar programming untuk pemula Hacktiv8. Suasana tersebut bisa dirasakan sejak hari pertama kelas dimulai.

Di hari pertama kami langsung diberikan dua materi sekaligus, yakni memahami perintah dasar Git melalui terminal dan markup HTML menggunakan program Visual Studio Code. Dan tantangannya, kami dituntut untuk mengusai dua materi tersebut dalam satu hari.

Kemudian di hari-hari berikutnya, kami diberikan materi CSS, menggunakan framework dari Bootstrap, hingga bahasa pemrograman JavaScript HTML DOM (Document Object Modify). Disini kami benar-benar dibimbing oleh instruktur mulai dari nol sampai kami memahami betul semua materi yang diberikan.

Belajar programming untuk pemula

Untuk lebih memahami materi yang telah diberikan selama tiga hari kebelakang, selanjutnya kami diberikan sebuah final project untuk membuat sebuah website yang dikerjakan secara berkelompok.

Puncak keseruan belajar coding di Hacktiv8 yaitu di hari terakhir pertemuan, disini tiap kelompok memulai mempresentasikan project websitenya masing-masing. Dan di luar ekspetasi, semua kelompok berhasil menyelesaikan tugas final project dengan baik. Tentunya ini cukup memuaskan, mengingat kami hanya mengikuti trial class selama empat hari saja.

Nah itulah sedikit review Hacktiv8 dan pengalaman seru mengikuti Full Stack Developer di Bootcamp Hacktiv8. Jadi jika kamu tertarik belajar coding sekaligus memiliki impian untuk menjadi Web Developer yang andal, silakan langsung saja bergabung di coding Bootcamp terbaik Hacktiv8 melalui halaman registrasi Bootcamp Hacktiv8.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.