26 April 2019

Tips Memulai Belajar Coding untuk Pemula


Tips Memulai Belajar Coding untuk Pemula

Coding merupakan suatu keahlian yang sangat dibutuhkan di zaman serba digital saat ini. Sebab, coding merupakan instrumen vital dalam pengembangan sebuah website maupun membangun program komputer.

Oleh karena itu, banyak faktor yang menarik seseorang untuk belajar coding. Salah satunya yaitu pilihan karir yang sangat terbuka, hingga kita dapat menentukan jam kerja sendiri dan juga dapat bekerja di rumah.

Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu harus memulai belajar coding darimana atau bagaimana menjadi sukses di dunia coding. Tapi sebenarnya, ada banyak cara untuk belajar coding.

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut, tentunya kamu perlu tahu apa itu coding dan darimana kamu perlu memulai belajar coding.

Apa Itu Coding?

Coding bisa dikatakan adalah suatu istilah dalam computer programming, yang mana merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, mulai dari menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya.

Kode yang dimaksud merupakan elemen suatu program komputer. Sedangkan bahasa pemrograman adalah suatu struktur yang berfungsi memberikan perintah kepada komputer.

Bahasa jenis ini terdiri dari suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik. Aturan tersebut berfungsi untuk membantu komputer untuk dapat mengenali dan menjalankan apa yang kita perintahkan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa bahasa pemrograman yang cukup populer, diantaranya Javascript, PHP, C++, Visual Basic, C#, C, Python, Objective-C dan ActionScript.

Manfaat Belajar Coding

Belajar coding ternyata memiliki banyak manfaat lho.. Salah satunya yaitu bermanfaat untuk melatih ketelitian. Sebab dengan mempelajari coding, maka kita akan terlatih untuk memahami dan mengamati ratusan bahkan ribuan kode yang terdapat dalam suatu program.

Selain itu, belajar coding juga sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan daya pikir. Kita berlatih untuk melihat logika dalam membangun suatu algoritma. Kita pun juga dapat membuat formula kode yang bisa mengatasi masalah pemrograman agar dapat lebih mudah untuk di implementasikan ke dalam suatu program.

Cara Memulai Belajar Coding

Tips Memulai Belajar Coding untuk Pemula

Setelah kita tahu apa itu coding dan berbagai manfaat belajar coding, sekarang kita mulai membahas bagaimana cara untuk memulai belajar coding.

Belajar coding tidak melulu harus mengikuti kursus coding ataupun datang ke seminar. Sebab, kita juga bisa belajar secara otodidak.

#1. Cara Belajar Coding Melalui Web dengan Komputer

Saat ini, ada banyak situs-situs yang mendukung dalam belajar coding, diantaranya W3School, Github, Coursera, Codecademy, Udemy, edX, Khan Academy, dan Code Avengers.

Dan untuk memulai belajar coding, berikut ini tahapan yang lebih dulu kamu pelajari:
  1. Mulai dari belajar HTML
    HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan inti dari halaman web secara keseluruhan. Mempelajari HTML cukup mudah dan kamu tidak perlu memiliki dasar coding terlebih dahulu.
    Untuk mempelajari HTML, maka kamu perlu menggunakan browser seperti Chrome atau Firefox, serta aplikasi teks editor seperti Notepad++ ataupun Sublime.
  2. Belajar CSS
    CSS (Cascading Style Sheets) adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur desain layout suatu website agar terlihat lebih menarik.
  3. Belajar PHP
    Setelah kamu mampu menguasai HTML dan CSS, maka tahap selanjutnya adalah belajar PHP.
    Dengan belajar PHP, maka kamu bisa membuat fitur-fitur website seperti membuat halaman login, mengecek detail sebuah form, membuat forum, dan masih banyak lagi.
  4. Belajar Animasi dengan Javascript
    Javascript adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website dapat lebih interaktif dan dinamis.
Jika kamu sudah mulai menguasai HTML, CSS, PHP, hingga Javascript, maka langkah selanjutnya adalah belajar membuat website pertama kamu. Untuk membuat website, tentunya kamu perlu memiliki domain dan hosting untuk website kamu.

Dan bicara soal domain dan hosting, Domainesia menawarkan domain dan hosting dengan harga yang sangat terjangkau. Tertarik? silakan langsung saja kunjungi www.domainesia.com/domain dan order domain kamu sekarang.

#2. Cara Belajar Coding Melalui Smartphone

Belajar coding tidak harus menggunakan komputer, sebab kita pun juga bisa belajar melalui perangkat smartphone.

Di Android, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung aktivitas belajar coding. Diantaranya AIDE, Deuter IDE, Code Peeker, TurboEditor, DroidEdit Free, Our Code Editor, Quick Edit, Quoda dan Decoder.

Sedangkan untuk pengguna iOS, belajar coding dapat dilakukan melalui aplikasi Xcode. Caranya yaitu dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk dapat menggunakan Xcode ini.

Kesimpulan

Coding merupakan suatu keahlian yang sangat dibutuhkan di zaman serba digital saat ini. Jika kita ahli dalam bidang coding, maka ada banyak pilihan karir yang sangat terbuka, dan kita juga dapat menentukan waktu dan tempat untuk bekerja.

Belajar coding awalnya memang sangat membingungkan, terlebih bagi yang baru terjun di dunia coding dan ingin belajar secara otodidak pasti akan kesulitan untuk memulai belajar.

Dan di artikel ini sudah aku bahas bagaimana caranya untuk memulai belajar coding untuk pemula hingga sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran.

Selain itu, belajar coding juga memiliki manfaat tersendiri, yaitu dapat melatih kemampuan daya pikir serta melatih ketelitian untuk memahami struktur coding.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan Domainesia.