31 July 2019

Smartfren Resmi Luncurkan eSIM Pertama di Indonesia


eSIM Smartfren

Teknologi eSIM atau embeded SIM yang sudah lama tersedia di beberapa negara, kini akhirnya mulai hadir juga di Indonesia melalui operator seluler Smartfren.

Ya, operator seluler dari grup Sinarmas tersebut mengumumkan bahwa teknologi eSIM besutannya sudah resmi meluncur dan sekaligus menjadi operator seluler pertama yang menerapkan teknologi teranyar dari kartu SIM ini.

Pelanggan Smartfren yang ingin menggunakan eSIM bisa terlebih dahulu mendapatkan eSIM QR code di galeri Smartfren. QR code ini kemudian harus di-scan untuk memasang profil pengguna SIM di perangkat.

eSIM Smartfren dapat diperoleh di beberapa gerai Smartfren yang tersebar di beberapa wilayah, diantaranya Galeri Sabang Jakarta, Galeri Mal Ambassador Jakarta, Galeri BEC Bandung, Galeri A. Yani Semarang, Galeri WTC Surabaya, Galeri Pulau Kawe Bali, Galeri Urip Sumoharjo Makassar, dan Galeri Adam Malik Medan.

Sebagai informasi, eSIM merupakan teknologi baru dari hasil pengembangan kartu SIM (Subscriber Identity Module).

Berbeda dengan kartu SIM yang telah kita pakai saat ini, eSIM tidak berbentuk fisik seperti kartu SIM biasa yang dapat dilepas-pasang. eSIM berupa sebuah chip yang tertanam didalam perangkat (embeded) secara permanen. Jadi, pengguna tidak dapat melepas-pasang eSIM secara sembarangan.

Sedangkan dari segi ukuran, ukuran modul eSIM juga lebih kecil daripada ukuran Nano-SIM seperti yang digunakan di kebanyakan smartphone saat ini.

eSIM

Karena ukurannya yang ringkas itulah, menjadikan eSIM dapat digunakan pada perangkat dengan dimensi yang lebih kecil, contohnya pada perangkat jam tangan pintar atau smartwatch.

Teknologi eSIM sendiri sebenarnya sudah lama digunakan pada perangkat smartwatch Samsung Gear S2 3G pada 2016 silam. Dan hingga saat ini, ada beberapa perangkat yang telah mendukung eSIM ini, diantaranya smartwatch Apple Watch Series 3, smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL, dan yang terbaru adalah smartwatch Apple Watch Series 4 serta trio iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Untuk lebih jelasnya mengenai eSIM dan cara kerjanya, silakan baca artikel Apa Itu eSIM? Dan Apa Bedanya dengan Kartu SIM Biasa?