14 September 2018

Apple Watch Series 4 Resmi Dirilis dengan Dukungan Sensor EKG dan Layar Lebih Besar


Apple Watch Series 4

Selain memperkenalkan trio smartphone terbaru iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR, Apple juga resmi meluncurkan seri terbaru dari smartwatch besutannya, yaitu Apple Watch Series 4. Jam tangan pintar generasi ke-4 buatan Apple ini hadir dengan berbagai peningkatan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya.

Apple Watch Series 4 tersedia dalam 2 model, yakni 40 mm dan 44 mm. Kedua model kini menyajikan panel layar yang lebih besar hingga 30 % dengan sudut layar kini dibuat melengkung sehingga jam tangan pintar ini tampak lebih elegan.

Apple Watch Series 4 berjalan pada sistem operasi WatchOS yang akan memanfaatkan tampilan layar yang besar dengan menyajikan informasi yang lebih relevan, seperti diantaranya informasi waktu, tanggal, kinerja aktivitas fisik, hingga pelacak detak jantung.

Dan khusus untuk detak jantung, Apple Watch Series 4 dibekali dengan sensor elektrokardiogram (EKG) yang diklaim mampu memonitor detak jantung jauh lebih terperinci. Selain itu, beberapa sensor juga ditingkatkan kemampuannya, sehingga jam tangan pintar ini akan mengetahui jika penggunanya terjatuh.

Untuk menunjang kinerjanya, Apple Watch Series 4 ditopang oleh prosesor Apple S4 dual-core 64-bit serta GPU yang lebih powerfull. Selain itu, dukungan lainnya berupa konektivitas Bluetooth 5.0 Low Energy, speaker kini dibuat 50 % lebih keras, dan baterai yang mampu bertahan hampir 18 jam dalam pemakaian normal.

Pengguna juga bisa memilih antara versi GPS (dengan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth saja) atau versi seluler dengan koneksi LTE.

Apple Watch Series 4

Apple Watch Series 4 tersedia dalam dua varian material, yakni aluminium dan stainless stell, untuk aluminium ada tiga warna (silver, grey, dan gold), sementara yang stainless steel juga ada tiga warna (silver, black, dan gold). Semua varian hadir dengan bagian punggung terbuat dari bahan keramik dan safir.

Kabar baiknya, Apple Watch Series 4 juga dapat dipasangkan band atau tali dari seri Apple Watch sebelumnya. Selain itu, beberapa varian band baru juga diperkenalkan oleh Apple untuk melengkapi pilihan pengguna, antara lain Sport Band, Sport Loop, Leather Loop, Milanese Loop, Modern Buckle, Stainless Steel Band, Nike Band, dan Hermes Band.

Penasaran dengan harganya? Apple Watch Series 4 dibanderol dengan harga mulai dari USD 399 atau sekitar Rp 5,7 jutaan untuk versi GPS, dan USD 499 atau sekitar Rp 7,3 jutaan untuk versi LTE. Jam tangan pintar ini mulai tersedia di beberapa negara pada 21 September 2018 mendatang.