13 September 2018

iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR Resmi Diperkenalkan — Inilah Spesifikasi dan Harganya


iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

Apple baru saja resmi memperkenalkan tiga model smartphone terbarunya yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR dalam sebuah acara peluncuran yang digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat.

Ketiga smartphone terbaru Apple tersebut hadir dengan berbagai fitur unggulan masing-masing, mulai dari layar, spesifikasi hardware, hingga fitur yang diusungnya. Dan berikut ini ulasannya:

iPhone XS dan iPhone XS Max

iPhone XS (dibaca iPhone Ten S) memiliki bentang layar seluas 5,8 inchi. Sedangkan iPhone XS Max (dibaca iPhone Ten S Max) adalah model yang memiliki ukuran layar paling besar, yakni seluas 6,5 inchi. Kedua model smartphone ini sama-sama mengusung layar "Super Retina" dengan panel AMOLED beresolusi 1242 x 2688 pixel, aspek rasio 19,5:9, dan memiliki notch di atasnya.

Selain itu, layar iPhone XS dan iPhone XS Max juga sama-sama memiliki tingkat kerapatan pixel hingga ~458 ppi dan memiliki tingkat refresh rate 120 Hz serta dukungan HDR10 dan Dolby Vision.
iPhone XS
iPhone XS
Untuk desainnya, bodi iPhone XS dan iPhone XS Max terbuat dari bahan stainless stell yang kokoh dan juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 sehingga smartphone ini dapat bertahan selama 30 menit didalam air sedalam 2 meter dan juga tahan terhadap terpaan debu.

Untuk menunjang kinerjanya, iPhone XS dan iPhone XS Max sama-sama ditenagai oleh prosesor A12 Bionic dengan fabrikasi 7 nm. Prosesor ini memiliki konfigurasi 4-core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine. Sedangkan untuk storage-nya tersedia dalam pilihan 64GB dan yang paling besar berkapasitas 256GB.

Untuk sektor fotografi, iPhone XS dan iPhone XS Max dibekali dual-camera belakang (telephoto, 12 MP, aperture f/2.4) + (wide-angle, 12 MP, aperture f/2.0, OIS, 2x optical zoom), serta didukung fitur Smart HDR yang memungkinkan pengguna bisa membidik empat foto berturut-turut tanpa adanya shutter lag.

Sedangkan untuk selfie, kedua smartphone ini memiliki kamera depan beresolusi 7 MP dengan aperture f/2.2 dan didukung True Tone Flash dan teknologi Image Signal dan Neural Engine untuk meningkatkan kualitas hasil jepretan.
iPhone XS Max
iPhone XS Max
Untuk fitur lainnya, iPhone XS dan iPhone XS Max menjalankan sistem operasi iOS 12, Dual-SIM (Nano-SIM + eSIM) yang pertama kali diterapkan pada seri ini, speaker stereo, Memoji, dan asisten digital Siri. Fitur 3D Touch kali ini dihilangkan, dan diganti dengan Face ID.

Baterai iPhone XS dapat bertahan 30 menit lebih lama dibandingkan iPhone X, sedangkan baterai iPhone XS Max diklaim dapat bertahan 90 menit lebih lama dibandingkan iPhone X.

Untuk harganya, iPhone XS akan dibanderol mulai dari USD 999 atau sekitar Rp 14,3 jutaan. Sedangkan iPhone XS Max dibanderol mulai dari USD 1099 atau sekitar Rp 15,8 jutaan. Kedua smartphone tersebut tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Gold, Silver, dan Space Grey.

iPhone XR
iPhone XR
iPhone XR
iPhone XR (dibaca iPhone Ten R) memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda dengan kedua model sebelumnya. Layar iPhone XR hanya menggunakan panel LCD seluas 6,1 inchi dengan notch di atasnya.

Meskipun demikian, layar smartphone ini memiliki aspek rasio 19,5:9 beresolusi 822 x 1792 pixel dengan kerapatan pixel ~326 ppi serta memiliki refresh rate 120 Hz . Apple memberikan nama baru untuk layar iPhone XR ini dengan sebutan "Liquid Retina".

Untuk menunjang kinerjanya, iPhone XR ditenagai oleh prosesor A12 Bionic dengan fabrikasi 7 nm. Kapasitas penyimpanannya tersedia dalam pilihan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan untuk sistem keamanan biometrik, iPhone XR dilengkapi fitur Face ID dengan teknologi True Depth yang lebih disempurnakan.

Di sektor fotografi, iPhone XR dibekali dengan kamera belakang tunggal beresolusi 12 MP dengan aperture f/1,8, OIS, dan True Tone Flash.

Untuk fitur lainnya, iPhone XR menjalankan sistem operasi iOS 12, Dual-SIM (Nano-SIM + eSIM), speaker stereo, sertifikasi IP67 (tahan cipratan air), dan asisten digital Siri. Fitur 3D Touch juga dihilangkan pada model ini. Baterai iPhone XR juga diklaim 90 menit lebih lama dibandingkan iPhone 8 Plus.

iPhone XR akan dijual dengan harga mulai dari USD 749 atau sekitar Rp 10 jutaan dan tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Coral, Black, Product Red, Blue, dan Yellow.