31 July 2019

Google Ungkap Dua Fitur Baru yang Bakal Hadir di Pixel 4


Pixel 4

Setelah sebelumnya Google sempat memperlihatkan desain render smartphone flagship terbarunya, yakni Google Pixel 4, kali ini Google sedikit membeberkan dua fitur terbaru yang akan menjadi andalan di Google Pixel 4 Series nanti.

Melalui sebuah video teaser di akun YouTube resminya, Google memperlihatkan salah satu fitur baru yang akan diusung Pixel 4, yakni Motion Sense.

Motion Sense menggunakan teknologi "radar mini" bernama Soli yang dikembangkan oleh tim Advanced Technology and Projects (ATAP) Google sejak empat tahun lalu. Radar mini tersebut ditempatkan di bingkai atas layar Pixel 4, sejajar dengan kamera depan, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini:

Pixel 4

Motion Sense ini kabarnya bakal memiliki beberapa fungsi, seperti mematikan alarm, mengganti trek lagu, atau mengaktifkan mode silent hanya dengan gerakan tangan tanpa perlu menyentuh perangkat.

Selain Motion Sense, Google juga menanamkan fitur biometrik Face Unlock yang cara kerjanya mirip seperti Face ID di iPhone X, yakni mengandalkan proyeksi titik-titik inframerah untuk memetakan kontur wajah secara tiga dimensi.

Face Unlock ini menggunakan berbagai sensor yang terletak bagian atas layar, diantaranya ada kamera IR (infrared), modul Dot Projector, dan modul Flood Illuminator.

Google menggabungkan Face Unlock pada Pixel 4 dengan algoritma khusus sehingga pengguna Pixel 4 nantinya bakal bisa membuka smartphone mereka dengan lancar ketika mereka menghadapkan wajah ke layar tanpa perlu menekan tombol apapun.

Untuk lebih jelasnya mengenai fitur terbaru yang bakal hadir di Pixel 4, silakan tonton video teaser dari Google berikut ini:


Sayangnya meskipun telah membocorkan desain dan fitur terbaru yang bakal hadir di Pixel 4 Series, namun Google belum mengungkapkan kapan tanggal rilis dari smartphone flagship terbarunya itu. Jadi, kita nantikan saja kabar selanjutnya. ;)