Skip to main content

3 Tips Berkendara Mobil dengan Aman dan Nyaman

tips berkendara mobil
Tips berkendara mobil. (image: freepik.com)

Kecelakaan yang terjadi di jalan tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Bukan hanya tentang cara berkendara yang tidak normal saja atau kecepatan yang melebihi batas tetapi ada salah satu faktor penting yang lainnya. Faktor tersebut adalah kurangnya pengetahuan pengemudi tentang cara berkendara yang benar.

Bahkan mungkin ada juga yang belum tahu tentang cara aman atau safety dalam berkendara. Setiap orang yang memiliki kendaraan roda empat atau sebentar lagi akan beli mobil tentunya harus tahu bahwa dalam berkendara di jalan harus mengutamakan keselamatan. Jangan sampai ada pengemudi yang mengabaikan keselamatan karena akan membahayakan pengemudi juga para penumpang.

Tips Berkendara Mobil yang Perlu Diperhatikan

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang bukan hanya membuat orang luka-luka tetapi ada juga yang harus kehilangan nyawa karena hal tersebut. Makanya berikut ini akan diberikan tips aman berkendara untuk setiap pengemudi agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan umum maupun tol.

1. Pastikan posisi duduk sudah nyaman

Cara aman dalam berkendara diawali dengan memastikan posisi duduk pengemudi sudah benar-benar nyaman. Apalagi banyak bagian yang harus bisa dijangkau dengan baik oleh pengemudi mulai dari pedal gas, rem, kopling jika mobil manual, setir, dan berbagai fitur pendukung selama mengendari kendaraan.

Setelah duduk dengan posisi yang nyaman, selanjutnya perhatikan setir agar bisa berpindah jalur atau berbelok dengan mudah tanpa gangguan. Selain itu, pastikan juga kaca spion dalam posisi yang bisa dijangkau pengemudi dengan mudah agar bisa melihat area kanan dan kiri serta belakang dengan mudah.

2. Pakai seatbelt

Selanjutnya adalah memakai seatbelt atau sabuk pengaman tentu menjadi hal dasar untuk bisa menjaga keselamatan para penumpang. Apalagi semua kendaraan roda empat sekarang sudah dilengkapi dengan seatbelt di semua kursi.

Jadi tidak ada alasan penumpang tidak lagi menggunakan sabuk pengaman. Dengan memakai seatbelt, maka akan membuat penumpang terjaga dari benturan terhadap stir dan benda keras lainnya dalam mobil.

3. Patuhi aturan di jalan

Ketika berkendara di jalan umum tentunya harus bisa mematuhi aturan yang berlaku di jalan. Aturan yang ada dan dibuat untuk semua pengendara ini tentunya bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Salah satu contoh terjadinya kecelakaan adalah ada pengemudi mobil yang tetap melaju sekalipun lampu lalu lintas menunjukkan warna merah sehingga tabrakan tidak bisa dihindarkan lagi. Selain itu, di jalan bebas hambatan tentu ada aturan kecepatan maksimal dan minimal yang harus dipatuhi dengan baik.

Selain ketiga hal diatas tentunya pengemudi harus tetap fokus di setiap perjalanan agar bisa sampai tujuan dengan aman. Jika sudah tahu tips berkendara diatas dan ingin beli mobil bekas terbaik layaknya baru maka bisa langsung cari di platform mobbi.

Platform ini pernah bernama mo88i dan sekarang sudah diganti dengan mobbi. Ada banyak harga mobil bekas dengan harga bervariasi dan juga fitur yang bisa dimanfaatkan calon pembeli seperti perhitungan simulasi kredit bagi yang ingin kredit di mobbi, ajukan sekarang juga.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.