Skip to main content

Begini Sistem Keamanan Mobil Agar Tidak Dicuri Maling

asuransi mobil all risk
Sistem keamanan mobil (image: sumbermas-autorindo.com)

Menerapkan sistem keamanan mobil yang benar sangat penting dilakukan guna meminimalisir risiko kendaraan dicuri. Tidak bisa dipungkiri, meski memiliki bentuk yang besar dan sulit dipindahkan, nyatanya ada banyak kasus pencurian mobil di Indonesia. Lantas, sistem keamanan seperti apa yang perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi?

Sistem Keamanan Mobil Supaya Tidak Dicuri Maling

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar kendaraan favorit bisa tetap aman meski hanya di rumah saja.

1. Memarkirkan Mobil di Tempat Aman

asuransi mobil all risk
Parkir mobil (image: wawanesa.com)

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa memarkir mobil di rumah cukup aman dibanding tempat umum. Namun faktanya, berbagai kasus pencurian justru berasal dari garasi si pemilik. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga keamanan garasi dengan memanfaatkan material pintu garasi nan kokoh, serta melengkapinya dengan kamera CCTV.

Apabila kamu memiliki kegiatan lain di luar, pastikan untuk memilih tempat parkir yang dekat dengan keramaian. Ada baiknya, tempat tersebut terpantau oleh kamera pengawas. Hindari pula memarkirkan mobil di tempat yang gelap atau sepi karena lebih rawan pencurian.

2. Memasang Alarm dan Menggunakan Kunci Tambahan

Alarm adalah pelindung yang paling umum untuk dimiliki. Walaupun cukup banyak kasus pencurian yang berhasil mematikan sistem alarm, namun keberadaan sistem ini dapat memperlambat aksi pencurian. Saat mobil kamu dibuka secara paksa, alarm yang terinstall akan mengeluarkan suara nyaring secara otomatis. Hal ini dapat membuat si pencuri merasa panik.

Namun perlu dicatat, pemasangan alarm saja belum pasti cukup, oleh karena itu kamu bisa menambahkan kunci tambahan untuk meningkatkan keamanan mobil. Yang mana kunci tambahan itu bisa dipasang pada roda kendaraan ataupun lingkar kemudi. Menariknya, pengadaan kunci tambahan ini akan membuat mobil tetap berada di tempatnya walaupun si pencuri telah berhasil menyalakan mesin mobil.

Baca juga:

3. Tidak Meninggalkan Barang Berharga di Dalam Mobil

asuransi mobil all risk
Kabin mobil (image: thejakartapost.com)

Metode ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian, khususnya dari pencuri yang berniat mengambil ataupun merusak mobil kamu. Upayakan untuk menghindari penyimpanan banyak barang berharga di dalam mobil. Jikapun terpaksa, cobalah untuk menyembunyikannya di tempat yang tidak terlihat langsung jika dilihat dari kaca luar mobil.

4. Melakukan Double-Check

Sebelum meninggalkan mobil di suatu tempat, pastikan untuk melakukan pengecekan ulang. Apakah jendela dan pintu sudah tertutup dengan baik atau tidak, serta apakah alarm sudah dalam kondisi menyala atau belum. Meskipun mungkin terdengar sedikit merepotkan, namun hal ini berguna untuk menurunkan risiko kehilangan kendaraan.

5. Menggunakan GPS Tracker

asuransi mobil all risk
GPS Tracker (image: aiteknologi.com)

Penggunaan GPS tracker sangat disarankan, mengingat alat ini dapat melacak jejak kendaraan sekaligus memantau posisi mobil kamu secara real time. Saat situasi tidak terduga terjadi, kamu dapat melacak dimana posisi mobil dan langsung menuju ke lokasi terkait.

6. Membeli Polis Asuransi

Membeli asuransi mobil juga menjadi salah satu sistem keamanan terbaik untuk memproteksi kendaraan. Disini, asuransi berperan sebagai jaminan atas berbagai risiko yang mungkin terjadi pada mobil. Selain karena pencurian, kamu juga bisa mendapat perlindungan atas risiko lain seperti kerusakan mesin, banjir, atau musibah lainnya.

kamu dapat memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan berikut kemampuan dalam membayar preminya. Diketahui, terdapat 2 jenis asuransi yang bisa menjadi alternatif, yaitu asuransi mobil all risk dan total loss only (TLO).

Itulah beberapa sistem keamanan mobil yang bisa kamu coba terapkan untuk meningkatkan keamanan kendaraan kesayangan. Cukup mudah untuk dipraktekkan, bukan? Pastikan kamu menerapkan berbagai sistem keamanan tersebut agar mobil bisa senantiasa aman ya!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.