Skip to main content

Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp dengan Mudah

cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp

WhatsApp dan Telegram merupakan dua aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Memiliki jutaan pengguna, kedua aplikasi tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

WhatsApp sendiri mengusung sistem keamanan berbasis end-to-end dengan tampilan yang ringkas menjadikan WhatsApp aplikasi andalan untuk kepentingan keluarga maupun bisnis.

Sedangkan rivalnya, Telegram merupakan platform pesan instan berbasis cloud yang dapat diakses melalui smartphone dan PC secara bersamaan karena mendukung sinkronisasi serta memiliki banyak sekali fitur pendukung chattingan dan fitur keamanan yang cukup lengkap. Menjadikan Telegram sebagai aplikasi andalan untuk berbagai komunitas besar.

Baca juga:

Terlepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki kedua aplikasi pesan instan tersebut, baik WhatsApp maupun Telegram juga sama-sama mendukung pengiriman stiker untuk mengekspresikan pesanmu agar lebih menarik dengan bentuk gambar.

Meskipun demikian, dukungan stiker di Telegram jauh lebih banyak dan lebih variatif jika dibandingkan dengan stiker di WhatsApp.

Nah, tahukah kamu jika kamu juga bisa menggunakan stiker yang ada di Telegram ke WhatsApp? Jadi apabila kamu memiliki paket stiker menarik di Telegram, maka kamu dapat juga menggunakannya pada pesan WhatsApp.

Sangat menarik bukan? Jika kamu ingin mencobanya, berikut ini cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp.

Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp

Untuk cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp ini tentunya diperlukan aplikasi pihak ketiga agar lebih mudah. Berikut ini caranya.

Mengambil Link Sticker Pack dari Telegram

  • Pertama buka aplikasi Telegram di smartphone
  • Pilih menu Options (icon tiga garis di bagian kanan atas), kemudian pilih menu Settings dan buka menu Stickers and Emoji
  • Kemudian tombol icon tiga titik tepat di sebelah kanan sticker pack, kemudian tekan tombol Copy link
cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp

Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp

Silakan download terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga yang bernama Unofficial telegram stickers for WhatsApp di Play Store. Perlu diketahui, saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia untuk platform Android saja.

  • Jika telah terinstal, kemudian jalankan aplikasi Unofficial telegram stickers for WhatsApp
  • Pada halaman awal, pilih buka tombol Add yang ada di pojok kanan bawah, lalu plih menu Enter set name
  • Masukkan link yang telah disalin tadi dari Telegram dan tekan tombol OK
  • Setelah muncul list stikernya, tekan tombol Download, lalu hingga proses pengunduhan selesai
  • Kemudian tekan tombol ADD pada kotak dialog untuk menambahkan stiker ke WhatsApp. Nantinya akan muncul notifikasi bahwa stiker berhasil ditambahkan.
cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp

Karena di WhatsApp stiker hanya dibatasi 30 stiker per sticker pack, jadi jika sticker pack di Telegram memuat 120 stiker, maka aplikasi tersebut akan otomatis membagi menjadi 4 pack. Untuk itu, silakan ulangi dengan menekan tombol ADD kembali hingga semua stiker Telegram berhasil ditambahkan ke WhatsApp.

Nah itulah cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp dengan mudah. Tentunya kamu bisa menambahkan berbagai koleksi stiker menarik lainnya dari Telegram agar chattingan di WhatsApp jadi lebih seru. Selamat mencoba!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.