Skip to main content

Tips Cara Mudah Mencari Lowongan Kerja di Internet

cara mencari lowongan kerja

Semakin berkembangnya teknologi telah merubah budaya cara mencari lowongan kerja saat ini. Dulu, mencari pekerjaan adalah aktivitas yang sangat ribet dan melelahkan bagi para pencari kerja.

Sebab dulu media informasi sangatlah terbatas. Para pencari kerja harus mencari informasi lowongan kerja melalui kolom lowongan pekerjaan yang dimuat di koran, majalah, selebaran ataupun datang langsung ke perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Selain itu, dulu proses melamar kerja memakan waktu lama karena pengiriman surat lamaran kerja masih melalui jasa layanan pos. Bahkan banyak juga para pencari kerja yang datang ke berbagai perusahaan dengan membawa map berisi CV dan surat lamaran.

Namun kini, berkembangnya teknologi memberikan kemudahan bagi para pencari kerja. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, cara mencari lowongan kerja saat ini semakin mudah dan efisien karena semua bisa dilakukan secara online dan bahkan tidak perlu keluar rumah.

Tempat Mencari Kerja Secara Online

Dalam perkembangannya, peran internet telah menggantikan peran media cetak konvensional dan menjadikan kita dengan lebih mudah mencari berbagai informasi seputar lowongan kerja hanya melalui perangkat gadget.

Oleh karena itu, seperti yang dilansir dari situs tekno Pricebook, berikut beberapa pemanfaatan internet yang menghadirkan berbagai website dan aplikasi yang memudahkan kamu menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan keinginan dan keahlianmu.

1. Website Pencarian Lowongan Kerja

Saat ini, sudah banyak website pencarian lowongan kerja di internet. Beberapa website pencarian lowongan kerja yang cukup populer seperti JobStreet, Loker.id, Karir.com, Kalibrr dan lainnya bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan kerja sesuai minat dan keahlianmu.

Selain itu, kamu bisa memilih lowongan kerja berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan, dan kriteria lainnya yang tersedia di berbagai perusahaan atau dalam industri tertentu.

2. Website Perusahaan

Cara mencari lowongan kerja di internet selanjutnya adalah dengan mengunjungi website perusahaan. Biasanya, beberapa website perusahaan memiliki laman “karir” di website mereka.

Laman tersebut menampilkan informasi lowongan kerja seperti posisi yang tersedia, kriteria apa saja yang mereka dibutuhkan, dan cara untuk mengajukan lamaran kerja.

3. Aplikasi Pencari Kerja

Beberapa website pencari kerja yang menyedian aplikasi yang bisa di download oleh pengguna smartphone. Ini dapat kamu manfaatkan untuk mencari lowongan kerja hanya melalui smartphone, kapanpun dan dimanapun. Bahkan beberapa aplikasi pencari kerja juga menyedian fasilitas bagi penggunanya untuk melamar kerja secara langsung melalui aplikasi.

4. Job Fair Online

Saat ini sering juga diadakan event job fair secara online. Oleh karena kamu mesti sering-sering menghadiri job fair online ini. Sebab, melalui job fair online, kamu bisa langsung berkesempatan untuk berbicara langsung dengan tim perekrutan hanya dengan melalui virtual.

5. Media Sosial

Media sosial juga bisa menjadi alat yang efektif dalam mencari lowongan kerja di internet. Oleh karena itu, kamu bisa memanfatkannya dengan membuat profil media sosialmu di LinkedIn, Facebook, Twitter maupun Instagram.

Kamu bisa memposting status atau update profil media sosialmu jika kamu sedang mencari pekerjaan dan siapa tahu ada teman atau kenalan yang bisa membantumu.

Tips Mencari Lowongan Kerja di Internet

Mencari lowongan kerja di internet menjadi pilihan bagi para pencari kerja karena lebih efisien. Disamping itu, diperlukan pula persiapan yang matang, mulai dari menyiapkan perangkat internet, menyiapkan CV dan dokumen lamaran kerja lainnya, hingga menyiapkan diri untuk menghadapi interview online.

Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mencari lowongan kerja di internet.

1. Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

cara mencari lowongan kerja di internet

Cara mencari lowongan kerja di internet yang terpenting tentunya diperlukan koneksi internet yang cepat dan stabil agar segala aktivitas melamar kerja secara online dapat berjalan tanpa gangguan, mulai dari mengirim dokumen hingga melakukan interview secara online.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan provider internet yang memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya kamu bisa menggunakan jaringan internet fiber optik IndiHome dari Telkom Indonesia yang menyediakan akses internet broadband cepat hingga 300 Mbps.

2. Gunakan Website dan Aplikasi Pencari Kerja yang Resmi

Saat ini, ada banyak sekali website dan aplikasi pencari kerja di internet. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan website dan aplikasi pencari kerja tersebut resmi dan memiliki reputasi yang baik serta terpercaya. Ini sangat penting agar kamu mendapatkan jaminan penanganan secara profesional bila menghadapi masalah dikemudian hari.

Untuk cara mengetahui website dan aplikasi pencari kerja yang resmi bisa dilihat dengan mengecek daftar perusahaan terverifikasi dan telah diakui oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

3. Buat CV yang Menarik

Sebelum melamar kerja, pastikan kamu membuat CV yang menarik, rapi dan profesional. Tentu saja dalam pembuatan CV ini kamu perlu menyertakan deskripsi diri singkat serta beberapa informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon, serta cantumkan juga informasi pendidikan dan akun media sosial.

Selain itu, buat juga resume yang menunjukkan pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki. Pastikan kamu men-highlight pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi kerja yang ingin kamu lamar.

Nah itulah peran internet yang memudahkan kita dalam mencari lowongan kerja. Dan dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa meningkatkan peluang untuk menemukan pekerjaan yang tepat sesuai minat dan keahlianmu.

Sumber:

https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/13012/mencari-pekerjaan-dulu-vs-kini-perubahan-drastis-di-era-digital

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.