--> Skip to main content

Begini Cara Pindahkan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram


WhatsApp ke Telegram

Seperti yang telah kita ketahui, awal Januari lalu, WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi terbaru mereka yang cukup kontroversial. Dimana pada laman FAQ WhatsApp, informasi pengguna yang akan diteruskan ke Facebook termasuk nomor telepon, alamat IP, data transaksi, hingga informasi perangkat.

Dan akibat dari kebijakan baru tersebut, banyak pengguna WhatsApp mulai beralih ke aplikasi pesan instan lain, seperti Telegram dan Signal.

Namun tak sedikit pula pengguna WhatsApp yang menunda kepindahannya ke Telegram misalnya, karena tak ingin riwayat percakapannya di WhatsApp akan hilang.

Oleh karena itulah Telegram yang menjadi salah aplikasi alternatif pilihan pengguna membuat fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan seluruh riwayat chat pribadi maupun grup dari WhatsApp ke Telegram.

Dikutip dari blog resminya, Telegram mengatakan bahwa fitur baru ini sudah bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS.

Untuk memindahkan seluruh riwayat chat dari WhatsApp ke Telegram juga cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

Untuk pengguna Android, pertama buka chat di WhatsApp yang ingin dipindahkan ke Telegram. Kemudian tekan tombol tiga titik yang ada di pojok kanan atas. Kemudian, pilih "lainnya" dalam menu pengaturan pesan, lalu klik "Ekspor Chat".

Selanjutnya, pilih aplikasi Telegram dalam menu "Share". Lalu pilih nama kontak yang sesuai yang juga sebelumnya telah terdaftar di Telegram. Maka secara otomatis, semua riwayat dan isi percakapan chat, termasuk foto dan video dari WhatsApp akan dipindahkan ke Telegram.

Setelah berhasil dipindahkan, riwayat chat yang telah diimpor akan diberi label khusus berupa keterangan "imported", sebagai penanda bahwa pesan tersebut berasal dari layanan yang berbeda.

Lebih jelasnya, silakan simak video tutorial dari Twitter resmi Telegram berikut ini:


Sedangkan untuk pengguna iOS, caranya juga sama. Namun bedanya, untuk mengakses menu "export" di WhatsApp, pengguna harus masuk ke halaman info atau profil chat yang bersangkutan.

Selain WhatsApp, beberapa riwayat chat dari pesan instan lain, seperti Line dan KakaoTalk juga bisa dipindahkan ke Telegram.

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.