--> Skip to main content

3 Cara Menggunakan 2 WhatsApp Dalam 1 Smartphone


WhatsApp

Saat ini mayoritas smartphone telah dilengkapi dengan fitur dual-SIM. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang memiliki dua kartu SIM.

Sebab dengan memiliki dua kartu SIM, maka pengguna bisa dengan mudah memisahkan antara kontak pribadi mereka dengan kontak pekerjaan.

Tapi ada sedikit masalah bagi pengguna yang memiliki dua kartu SIM jika ingin menggunakan dua WhatsApp di dalam satu smartphone. Ya, WhatsApp sendiri sebenarnya hanya mengizinkan penggunaan satu aplikasi WhatsApp didalam satu smartphone.

Meskipun demikian, masih ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar dapat menggunakan dua aplikasi WhatsApp didalam satu smartphone. Berikut ini caranya:

#1. Menggunakan fitur Dual Apps bawaan smartphone


Dual Apps Xiaomi

Beberapa vendor smartphone telah melengkapi fitur Dual Apps bawaan di smartphone besutan mereka. Ini memungkinkan pengguna dapat menggandakan aplikasi yang terinstal dan dapat menjalankannya secara bersamaan.

Seperti contohnya jika kamu pengguna smartphone Xiaomi, kamu bisa menggunakan dua WhatsApp dengan menggunakan fitur Dual Apps yang bisa diakses melalui menu Settings.

#2. Instal WhatsApp Business


WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business ini sebenarnya hanya ditujukan untuk keperluan bisnis saja, namun kamu pun bisa mendownload aplikasi ini secara gratis dan menjalankannya secara bersamaan dengan WhatsApp reguler.

Untuk setup pertama kali pun sama persis seperti di WhatsApp reguler, namun bedanya WhatsApp Business akan meminta nama perusahaan kamu alih-alih nama kamu. Jadi ketika kamu selesai setup segala macam, kamu akan memiliki dua akun WhatsApp yang aktif di smartphone kamu.

#3. Instal Aplikasi Paralel Space


Paralel Space

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar bisa menggunakan dua WhatsApp didalam satu smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Paralel Space.

Adapun cara kerja aplikasi Paralel Space ini sama seperti fitur Dual Apps bawaan smartphone. Yaitu mengkloning aplikasi yang sudah terinstal agar bisa menggunakan dua akun berbeda secara bersamaan.

Tak cuma WhatsApp, kamu pun bisa mengkloning aplikasi lainnya, seperti Instagram, Facebook dan lainnya dengan menggunakan Paralel Space.

Download Paralel Space

Namun perlu diperhatikan, sebelum mencoba aplikasi Paralel Space, maka pastikan memori internal smartphonemu masih memiliki ruang yang cukup. Sebab, ukuran aplikasi kloningannya mirip dengan aplikasi aslinya.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.