Skip to main content

Persiapkan Dana Liburan Akhir Tahun dengan Reksadana Pasar Uang

Liburan Akhir Tahun
Liburan akhir tahun. (image: pexels.com)

Akhir tahun yang semakin dekat membuat banyak kalangan mulai menyiapkan perayaan liburan di penghujung tahun. Salah satunya ialah dengan mengumpulkan dana liburan lewat investasi di Reksadana Pasar Uang.

Jika Kamu sedang bingung dalam menyiapkan budget liburan akhir tahun, beberapa informasi di dalam artikel ini mungkin bisa membantu Kamu.

Mengapa Harus Berinvestasi Lewat Reksadana?

Melakukan investasi tak harus untuk tujuan jangka panjang seperti untuk persiapan hari tua, renovasi rumah dalam beberapa tahun mendatang, ataupun untuk menyiapkan dana pernikahan dan dana pendidikan anak.

Investasi untuk tujuan jangka pendek seperti halnya liburan akhir tahun juga tak kalah pentingnya. Hal ini dilakukan agar kondisi keuangan tetap sehat sehingga Kamu pun bisa mengatur pengeluaran seefektif mungkin.

Salah satu instrumen investasi yang paling tepat untuk kebutuhan liburan dalam waktu dekat ini adalah Pasar Uang. Keuntungan Reksadana jenis Pasar Uang termasuk lebih optimal dibandingkan dengan menabung biasa.

Tak hanya dari segi imbal hasilnya, tingkat risiko yang diberikan juga sangat rendah sehingga Pasar Uang sangat cocok digunakan untuk berinvestasi dalam durasi waktu jangka pendek.

Meskipun return yang diberikan oleh Pasar Uang tidak sebesar Reksadana Pendapatan Tetap maupun Reksadana Saham, akan tetapi tingkat potensi kerugian yang besar tentu bisa dihindari.

Kecuali jika Kamu memang memiliki rencana liburan dalam waktu beberapa tahun ke depan, maka tentu saja berinvestasi lewat instrumen Reksadana Pendapatan Tetap dan juga Reksadana Saham adalah opsi terbaik.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa Pasar Uang adalah instrumen investasi yang paling tepat dalam menyiapkan budget liburan dalam waktu dekat ini.

Tips Menyiapkan Liburan di Akhir Tahun 2022

Setelah mengetahui keuntungan Reksadana jenis Pasar Uang, berikut ini kami juga akan bagikan beberapa tips penting lainnya dalam menyiapkan liburan di akhir tahun 2022.

1. Menyiapkan Budget yang Ideal

Jika membahas budget liburan, pada dasarnya tidak ada acuan pasti mengenai berapa besar budget yang harus dikumpulkan. Semuanya tergantung dari destinasi wisata dan jumlah orang yang akan menikmati liburan tersebut.

Namun, akan lebih baik jika Kamu menyiapkan budget liburan akhir tahun sesuai kebutuhan agar kondisi keuangan Kamu tetap terjaga.

2. Mengatur Budget Liburan Sesuai Pos-posnya

Catatan keuangan
Catatan keuangan. (image: pexels.com)

Saat melakukan liburan, terdapat beberapa pos-pos pengeluaran yang wajib Kamu siapkan. Biaya transportasi termasuk jenis pengeluaran yang lumayan besar. Apalagi jika Kamu berencana liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Tak hanya biaya transportasi, Kamu juga perlu mengatur anggaran untuk biaya penginapan. Menginap di hotel berbintang lima tentu membutuhkan biaya yang lebih banyak jika dibandingkan stay di penginapan biasa.

Kemudian, Kamu juga tak boleh melupakan biaya konsumsi selama melakukan liburan. Terlebih jika Kamu akan menikmati liburan bersama keluarga maka sudah tentu budget yang harus dipersiapkan juga haruslah besar.

Karena tujuan Kamu adalah menikmati liburan akhir tahun maka pastikan untuk menyiapkan biaya tiket destinasi wisata yang akan Kamu tuju. Tak sampai di situ saja, pos-pos pengeluaran penting lainnya yang harus Kamu siapkan ialah biaya belanja oleh-oleh serta biaya untuk kebutuhan tak terduga lainnya.

3. Bijak Memilih Destinasi Wisata

Dalam memilih destinasi wisata, pastikan untuk memilih destinasi wisata yang aman dan nyaman. Terlebih jika Kamu akan melakukan liburan akhir tahun bersama keluarga. Kamu juga perlu mengecek prediksi cuaca yang bisa saja terjadi.

Jika cuaca cerah maka tak ada salahnya memilih destinasi wisata di luar ruangan seperti ke pantai. Namun, jika cuaca tak mendukung maka silahkan menghabiskan liburan di tempat yang lebih aman.

Baca juga:

4. Batasi Oleh-oleh yang Dibeli

Membeli oleh-oleh memang bukanlah sebuah kewajiban. Namun, jika Kamu memang memiliki budget lebih maka tak ada salahnya untuk menyiapkan oleh-oleh. Terlepas dari hal ini, Kamu juga perlu membatasi pembelian oleh-oleh.

Pasalnya, membeli oleh-oleh dalam jumlah yang cukup banyak apalagi dengan ukuran yang cukup besar hanya akan merepotkan Kamu selama perjalanan.

Jangan sampai Kamu tidak menikmati liburan karena terkendala oleh barang bawaan berat berupa oleh-oleh. Jadi, ada baiknya untuk membatasi jenis dan jumlah buah tangan yang akan Kamu bawa pulang.

Investasi Reksadana Pasar Uang Makin Untung bersama DBS Treasures

Jika berencana berinvestasi lewat instrumen Pasar Uang, maka Kamu bisa mengandalkan perbankan prioritas DBS Treasures. Berikut merupakan beberapa keunggulan yang bisa Kamu nikmati jika berinvestasi bersama DBS Treasures.

  • Keseluruhan dana investasi Kamu akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi yang berpengalaman.
  • Kamu sebagai investor bisa berkonsultasi secara lebih aktif dengan para ahli finansial terkait investasi sesuai aspirasi.
  • Kamu bisa menghindari risiko kerugian saat berinvestasi karena DBS Treasures menyediakan sistem diversifikasi di mana Kamu bisa menyebar aset lewat berbagai produk investasi yang disediakan.
  • Segala proses transaksi Reksadana menjadi semakin praktis karena Kamu bisa bertransaksi lewat Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari pembelian, penjualan, switching Reksadana hingga proses registrasi SID/Single Investor Identification bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, Kamu juga bisa berinvestasi dengan menggunakan berbagai produk Reksadana dari Manajer Investasi tepercaya.

DBS Treasures sangat bisa Kamu andalkan agar yakin mendapatkan imbal hasil yang optimal saat berinvestasi di Reksadana Pasar Uang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, investasi bersama DBS Treasures sekarang juga! Segera kunjungi https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham untuk informasi lengkapnya.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.