Skip to main content

Aplikasi Kasir iReap POS, Bantu Manajemen Toko Kelontong dengan Mudah

Aplikasi kasir iReap untuk toko

Usaha toko yang menjual kebutuhan sehari-hari atau yang biasa disebut dengan toko kelontong masih menjadi salah satu bisnis yang masih menjanjikan meskipun saat ini bisnis online semakin digandrungi oleh masyarakat.

Bisnis toko kelontong ini bisa memberikan keuntungan maksimal apabila dikelola dengan baik. Tapi sayangnya, banyak juga usaha toko kelontong ini yang gulung tikar akibat manajemen yang amburadul.

Beberapa ciri toko kelontong yang manajemennya amburadul seperti tidak mengontrol ketersediaan stok barang, dimana barang-barang sehari-hari yang umumnya dibeli oleh masyarakat tapi tidak tersedia di toko tersebut. Ini akan berakibat calon pelanggan akan beralih ke toko lain yang lebih lengkap stok barangnya.

Selain itu, manajemen keuangan yang buruk bisa menjadikan toko kelontong cepat gulung tikar. Sistem manajemen keuangan yang buruk ini seperti tidak memisahkan keuangan pribadi dan keuangan dari hasil toko. Akibatnya, tidak jelas mana untung dan mana rugi.

Nah agar bisnis toko kelontong berjalan terus dan dapat berkembang, tentunya perlu sistem manajemen bisnis yang bagus. Oleh karena itu, untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa mencoba aplikasi iReap POS.

Mengenal Aplikasi kasir iReap POS

Aplikasi kasir iReap POS (Point of Sale) merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk para pebisnis untuk membantu mengembangkan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan retail.

iReap sendiri merupakan singkatan dari Integrated Retail Application dimana aplikasi ini dapat membantu para pebisnis untuk mempermudah dalam operasional toko, seperti transaksi penjualan, monitoring ketersediaan stok barang, hingga pencatatan laporan keuangan.

Selain itu, sistem kasir pada Aplikasi iReap POS juga sangat membantu dalam pencatatan transaksi secara real-time, mencatat berbagai data transaksi, mencetak bukti transaksi, ini sangat membantu mengurangi risiko terjadinya kesalahan pencatatan transaksi dari orang yang bertugas.

Aplikasi kasir iReap POS ini terdiri dalam dua versi, yakni iReap POS Lite dan iReap POS PRO. Untuk versi Lite hanya tersedia di platform mobile (Android) saja. Sedangkan untuk versi PRO tersedia untuk platform mobile (Android) dan PC.

iReap POS Lite lebih khusus ditujukan untuk para pelaku bisnis UMKM, seperti bisnis toko kelontong, toko baju, café, restoran, warung makan, bengkel, hingga bisnis online. Aplikasi iReap POS Lite memilki dua fitur utama, yaitu Point of Sales merupakan tempat para pelanggan melakukan transaksi pembayaran atas barang/produk yang mereka beli, dan Stock Inventory untuk memonitor ketersediaan stok barang. Menariknya, semua fitur yang ada di aplikasi iReap POS Lite ini dapat digunakan secara gratis.

Sedangkan untuk iReap POS PRO lebih ditujukan untuk bisnis makro dengan berbagai fitur tambahan, seperti multi user, transfer barang antar toko, cloud database, real-time reporting, manajemen invoicing, hingga absensi karyawan. Namun untuk versi PRO ini, nantinya kamu akan dikenakan biaya berlangganan sebesar Rp 41.667 / bulan.

Aplikasi kasir iReap

Manfaat Aplikasi iReap POS untuk Toko Kelontong

Aplikasi kasir iReap POS merupakan solusi baru untuk usaha mikro seperti toko kelontong hingga bisnis makro, terbukti aplikasi iReap POS ini telah dipercaya oleh 400.000+ pebisnis dari lebih 100 negara. Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat menggunakan aplikasi iReap POS:

1. Efisieansi Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan aplikasi kasir iReap untuk toko, maka kamu bisa mengelola bisnis toko kelontong dengan lebih efisien baik dari waktu maupun tenaga. Cukup melalui aplikasi iReap, kamu bisa dengan mudah memantau stok barang, melihat rincian transaksi, dan lain sebagainya.

2. Pelayanan Jadi Lebih Cepat

Aplikasi iReap juga mendukung barcode scanner sehingga sangat membantu dalan transaksi jual beli yang lebih mudah dan cepat. Kamu bisa scan barcode menggunakan kamera smartphone pada kemasan suatu barang, maka aplikasi dapat langsung mengidentifikasi harga dan jenis produk yang dijual.

Dukungan barcode scanner ini juga terintegrasi dengan master data, sehingga kamu bisa memantau stok barang yang tersedia. Fitur ini akan bekerja jika sebelumnya kamu telah memasukkan jumlah stok barang awal pada master data.

3. Dapat dengan Mudah Memberikan Bukti Transaksi

Aplikasi kasir iReap POS support Print Struk

Biasanya, pemilik toko kelontong sering mencatat rincian belanjaan pelanggan dengan menulisnya secara manual jika diperlukan. Tentu ini akan memakan banyak waktu dan resiko salah catat ataupun menjumlah harga barang.

Untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi kasir iReap juga mendukung printer struk melalui koneksi Bluetooth, sehingga dapat lebih mudah memberikan rincian belanjaan pelanggan melalui struk yang dicetak.

Nah itulah berbagai kemudahan yang diberikan aplikasi kasir iReap POS untuk manajemen toko kelontong. Jadi, ayo gunakan aplikasi kasir iReap untuk mengelola toko dan bisnis dengan lebih mudah dan efisien.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.