Skip to main content

Berapa Minimum Berinvestasi di Obligasi Pemerintah? Cari Tahu Disini

Investasi
Investasi. img: https://www.freepik.com/free-photo/where-invest-entrepreneur-investment-financial-risk-assessment-concept_18091421.htm

Melakukan investasi menjadi jalan tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan uang yang dimiliki. Ada banyak jenis pilihan investasi yang menarik untuk dipilih. Salah satu jenis investasi yang banyak diminati adalah investasi obligasi pemerintah.

Jenis investasi ini memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Beberapa potensi keuntungan bagi setiap investor antara lain seperti kupon berkala, capital gain dan lain seperti sebagainya.

Anda yang ingin berinvestasi pada obligasi, sebaiknya memahami resiko dan keuntungannya. Hal ini untuk menghindarkan dari kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Selain itu, penting juga memahami bagaimana berapa minimal dana yang bisa diinvestasikan agar mendapatkan potensi keuntungan tersebut.

Nilai Minimum Investasi dan Cara Berinvestasi di Obligasi Pemerintah

Tujuan banyak investor melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan di masa depan dan bisa merasa tenang di masa tua dengan uang pensiun yang mencukupi. Meskipun Anda bukan seorang pegawai negeri, Anda tetap memiliki uang pensiun apabila mempersiapkannya mulai dari sekarang.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan uang pensiun adalah melakukan investasi. Obligasi menawarkan potensi keuntungan finansial yang cukup menarik. Jadi, Anda bisa memilih jenis investasi yang satu ini.

Apabila Anda tertarik dengan investasi obligasi pemerintah, pertanyaan yang sering muncul adalah kira-kira berapa minimum investasi yang bisa dilakukan. Sebelum Anda menempatkan dana pada investasi obligasi, Anda juga perlu untuk memiliki tujuan yang jelas. Selain bisa digunakan untuk mempersiapkan dana pensiun, investasi ini juga bisa ditujukan untuk kebutuhan lainnya.

Investasi obligasi termasuk instrumen yang memiliki risiko rendah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati potensi keuntungan yang lumayan. Meskipun demikian, Anda harus mempersiapkan diri dari risiko yang mungkin saja terjadi. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin untuk berinvestasi pada instrumen ini.

Prinsip yang harus benar-benar dilakukan oleh setiap investor adalah memilih investasi yang sudah dipahami. Jangan hanya mengandalkan spekulasi karena ini akan berbahaya untuk finansial Anda.

Minimum Investasi

Investasi obligasi menempatkan dana investor pada surat utang yang diterbitkan pemerintah. Dana yang diinvestasikan akan dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membangun infrastruktur.

Investasi obligasi sendiri memiliki banyak pilihan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Perlu dipahami bahwa pada obligasi terdapat dua pasar berbeda yaitu perdana dan sekunder.

Pasar Perdana

Pasar perdana menyangkut beberapa pilihan yaitu SBR, ORI, ST, dan SR.

1. SBR (Saving Bond Retail)

Surat hutang ini bisa dibeli oleh investor individu atau perorangan. Imbal hasil dari investasi ini termasuk floating with floor atau mengambang.

Investor dapat mencairkan dana 50% kepemilikan lebih awal. Anda bisa berinvestasi dengan jangka waktu minimum 2 tahun dengan dana minimal Rp1.000.000.

2. ORI (Obligasi Negara Ritel)

Surat utang ini juga bisa dibeli oleh investor perorangan yang imbal hasilnya tetap. Anda bisa membeli investasi ini minimum sebesar 1 juta dengan jangka waktu paling tidak 3 tahun. Investor juga bisa menjual sebelum jatuh tempo setelah holding period.

3. ST (Sukuk Tabungan)

Jika Anda ingin memilih investasi Syariah, suku tabungan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa berinvestasi dengan dana minimal 1 juta selama 2 tahun.

4. SR (Sukuk Ritel)

Investasi ini juga termasuk investasi Syariah. Kelebihannya yaitu Anda bisa mendapatkan imbal hasil tetap. Investasi ini bisa dibeli dengan dana mulai dari 1 juta dengan jangka waktu sekitar 3 tahun.

Produk Pasar Sekunder

Sedangkan untuk produk pasar sekunder tersedia pilihan antara lain FR, INDON, dan INDOIS.

1. FR

Dengan seri ini, investor akan mendapatkan pengembalian dana serta kupon berkala setiap 6 bulan.

2. INDON

Seri ini disebut juga dengan obligasi USD negara Indonesia. Keuntungan yang didapatkan dari investasi ini adalah investor akan mendapatkan kupon tetap 6 bulan sekali.

3. INDOIS

Seri ini juga tidak jauh berbeda dengan seri Indon karena sama-sama dilakukan denominasi USD menggunakan kupon tetap.

Cara Investasi Bersama DBS Treasures

Saat ini, jika ingin beli obligasi pemerintah, Anda dapat melalui DBS Treasures. DBS Treasures merupakan perbankan prioritas yang memungkinkan setiap investor untuk bisa berinvestasi dengan mudah.

Langkah yang harus dilakukan untuk bisa berinvestasi obligasi adalah melakukan registrasi SID atau Single Investor Identification terlebih dahulu. Jika sudah, maka Anda tinggal masuk ke aplikasi dan memilih “Obligasi”.

Berikutnya melakukan registrasi e-sbn dan klik opsi “Yuk, lanjut” dan konfirmasi.

Lanjutkan dengan pilih produk yang tersedia dengan jumlah pembelian sesuai keinginan. Berikutnya tinggal melakukan pembayaran.

Setelah proses pembayaran berhasil, portofolio investasi obligasi akan muncul di layar beserta informasi mengenai tanggal settlement.

Keuntungan Investasi Obligasi DBS Treasures

obligasi
Obligasi. img: https://www.freepik.com/free-photo/digital-increasing-bar-graph-with-businessman-hand-overlay_13312397.htm

Ada banyak keuntungan yang bisa dinikmati Apabila Anda beli obligasi pemerintah melalui DBS Treasures, diantaranya seperti:

1. Diterbitkan oleh Pemerintah

Tentunya Anda akan merasa aman untuk berinvestasi karena diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin oleh Undang-Undang.

2. Ragam pilihan

Jangka waktu bisa disesuaikan preferensi serta mata uang seperti IDR, USD, dan EUR.

3. Kupon Reguler

Pendapatan reguler berbentuk kupon berkala yang diberikan selama periode investasi.

4. Potensi Capital Gain

Memiliki potensi keuntungan lebih jika dijual saat harga sedang naik tanpa menunggu waktu jatuh tempo.

5. Kupon kompetitif

Potensi tingkat kupon bersifat kompetitif dan tak jarang lebih besar dibanding bunga deposito berjangka.

6. Tanpa biaya tambahan

Tanpa biaya tambahan melainkan hanya biaya pada selisih harga jual dan harga beli (bid dan offer).

7. Transaksi Bebas 24/7

Anda bisa melakukan transaksi beragam produk kapan saja dan dari mana saja melalui Aplikasi digibank by DBS.

Melakukan investasi obligasi melalui DBS Treasures memang sangat mudah dan menguntungkan. Investor juga berkesempatan untuk melakukan investasi dengan dana yang lebih terjangkau. Dengan perbankan prioritas DBS Treasures, Anda bisa memulai investasi tanpa khawatir.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.