Skip to main content

Inilah 5 Fungsi Cat Dasar Tembok yang Perlu Diketahui

cat dasar tembok
Cat dasar tembok. (image: ceklist.id)

penggunaan cat dengan berbagai warna pada dinding rumah adalah salah hal yang penting dilakukan agar tampilan rumah terlihat lebih indah dan estetik. Namun sebelum mengaplikasikan berbagai pilihan warna cat pada dinding, penting juga untuk mengaplikasikan cat dasar tembok (primer) terlebih dahulu pada dinding.

Tapi sayangnya, sering dijumpai beberapa orang justru melewatkan pengaplikasian cat dasar tembok dengan alasan menghemat waktu dan biaya. Tentu hal tersebut sebenarnya keliru, sebab ada banyak sekali fungsi dari pengaplikasian cat dasar tembok ini. Berikut beberapa fungsi cat dasar tembok yang perlu kamu ketahui:

1. Melindungi Tembok Dari Garam dan Sebagai Anti Alkali

Cat dasar tembok dapat berfungsi untuk melindungi tembok dari kontaminasi zat - zat alkali yang dapat merusak tampilan akhir dari tembok rumah, seperti munculnya jamur dan lumut, cat mengapur atau muncul serbuk halus pada cat, dinding basah, tau bahkan lapisan cat yang mengelupas.

Adapun zat alkali ini biasanya terdapat pada material bangunan seperti pada semen dan juga pada batu bata. Oleh sebab itu, dengan memberikan lapisan cat dasar tembok, maka lapisan cat dan dinding akan lebih tahan terhadap kontaminasi garam alkali dan cat finishing dapat bertahan lebih tahan lama.

2. Menambah Daya Rekat Tembok Jadi Lebih Kuat

Cat dasar tembok dapat memberikan daya rekat yang baik agar hasil cat tembok tidak mudah terkelupas di kondisi cuaca apapun, baik itu panas maupun musim hujan.

Oleh karena itu, kamu perlu memilih cat dasar tembok yang berkualitas seperti Lenkote Alkali Resisting Primer dari Avian yang merupakan cat dasar bermutu tinggi yang dapat meningkatkan daya rekat tembok lebih kuat. Selain itu, Lenkote Alkali Resisting Primer terbuat dari resin akrillik 100% yang sangat efektif dapat mencegah kontaminasi garam alkali dengan sempurna.

Lenkote Alkali Resisting Primer

3. Membuat Permukaan Tembok Menjadi Lebih Halus dan Rata

Dinding tembok yang belum melalui proses finishing cenderung memiliki permukaan yang banyak pori-pori, sehingga terlihat tidak halus dan tidak rata.

Pengaplikasian cat dasar tembok ini sangat efektif untuk menutupi pori-pori atau bahkan retak rambut pada tembok sehingga pada hasil akhir proses pengecatan tembok menjadi tampak lebih halus dan lebih rata.

Baca juga:

4. Menghasilkan Warna Cat Dinding Lebih Sempurna

Warna acian pada tembok dan material dinding yang lainnya tentunya akan sangat memengaruhi hasil akhir warna cat dinding. Itulah mengapa pengaplikasian cat dasar tembok sangat penting dilakukan agar menghasilkan warna cat finishing yang sempurna.

Hal tersebut karena sifat netral pada cat dasar tembok, yakni berwarna putih akan membuat cat finishing menghasilkan warna yang lebih maksimal dan sempurna.

5. Membuat Daya Tahan Cat Lebih Terjaga

Pengaplikasian cat dasar tembok sebelum mengecat dinding dengan berbagai warna dapat menjaga daya tahan cat finishing tetap terjaga. Sebab, tanpa mengaplikasikan cat dasar, maka dinding rumah akan cepat mengalami berbagai masalah, seperti retak rambut, cat terkelupas, hingga permukaan dinding cepat kotor.

Nah itulah 5 fungsi cat dasar tembok yang sangat penting untuk menjaga daya tahan dinding rumah dan meningkatkan estetika karena memberikan hasil warna yang lebih baik.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.