Skip to main content

5 Inspirasi Taman Mungil Nan Elegan dari digibank KTA

Taman rumah menjadi salah satu bagian yang jarang diperhatikan. Bila kamu memiliki lahan terbatas, taman mungil dan elegan dapat dijadikan sebagai pilihan. Untuk masalah budget, KTA atau Kredit Tanpa Agunan bisa menjadi solusinya.

Meskipun memiliki area untuk taman yang terbatas, tetapi kamu tetap dapat menyulap taman ini dengan desain yang elegan, sehingga terlihat lebih menarik.

Taman Rumah
Taman rumah (img: rumahkuunik.com)

Inspirasi Desain Taman Mungil

Bila masih bingung menentukan desain yang tepat, berikut sejumlah inspirasi desainnya, antara lain:

1. Taman di Lahan Samping Rumah

Untuk lahan yang sempit, biasanya area terbuka yang tersisa hanya di samping rumah. Area ini bisanya menjadi jalan pintas depan rumah agar bisa langsung menuju dapur. Dibandingkan membiarkan area ini sebagai jalan, kamu dapat mengubahnya menjadi taman.

Dengan area yang berbentuk memanjang, desain yang dimiliki juga harus memanjang. Contohnya saja seperti membuat aquascape berukuran mini dan berderet satu garis lurus sesuai dengan lahan yang tersedia.

2. Taman di Area Balkon

Selain di samping rumah, kamu juga bisa membuat taman di area balkon. Biasanya, balkon memiliki sifat semi outdoor dan masih beratap. Oleh sebab itu, kamu harus menempatkan tanaman yang tidak terlalu tinggi dan besar.

Kamu dapat menempatkan tanaman hias di dalam pot. Desain taman ini dapat dipadukan dengan pot di area balkon, pot menempel di dinding, railing balkon hingga menggantung di ujung atap.

Agar semakin menambah kesan asri, kamu juga dapat mengganti lantai teras atas dengan lantai kayu, sehingga terlihat semakin alami. Jangan lupa tambahkan furniture seperti kursi khas teras sehingga bisa memberikan kesan lahan sempit tapi tetap elegan.

3. Gunakan Sebagian Teras

Taman Rumah
Taman rumah (img: hellocibubur.com)

Tidak jarang, lahan yang tersisa di area terbuka hanyalah bagian depan rumah, dan memiliki luasan yang sempit. Agar dapat menyiasatinya, kamu dapat membuat taman minimalis di lahan ini.

Kuncinya ialah menjadikan area taman terlihat seperti menjadi satu dengan area yang berada di sekitarnya, sehingga penggabungan area teras bisa dijadikan sebagai solusi. Untuk membuatnya, kamu bisa menyatukan area teras dengan taman, atau menyamakan material yang digunakan.

4. Beri Tambahan Kolam

Adanya unsur air di taman dapat menambah kesan sejuk pada rumah. Elemen air ini juga bisa kamu hadirkan di taman dengan lahan yang sempit. Kamu dapat membuat kolam koi sederhana, selain itu tambahkan tanaman kecil yang berada di dalam pot atau tanaman perdu.

5. Taman dengan Batu Koral

Jika kamu super sibuk serta tidak memiliki waktu luang mengurus taman, desain taman dengan batu koral bisa dijadikan sebagai pilihan. Saat ini banyak rumah yang memiliki konsep minimalis dengan batu koral karena perawatannya yang mudah.

Meskipun menggunakan batu koral, kamu tetap dapat menambahkan kursi teras yang minimalis sehingga tetap bisa bersantai di malam hari.

Tips Membuat Taman Mungil yang Elegan

Setelah menemukan inspirasi taman yang mungil serta elegan, berikutnya adalah cara menerapkannya. Berikut sejumlah tips untuk membuat taman mungil, tetapi terlihat elegan, antara lain:

1. Buat Titik Fokal

Layaknya interior rumah, titik fokal yang berada di taman akan membantu meningkatkan tampilan tamanmu. Titik fokal ini bahkan bisa menarik perhatian atau fokus seseorang pada tanaman tersebut, sehingga taman akan terlihat menjadi semakin keren.

Barang-barang yang dapat digunakan di titik fokal ini beragam seperti air mancur, hingga kolam ikan. Agar taman tetap terlihat elegan, kamu juga harus memastikan jika benda yang kamu pilih serasi dengan tampilan taman.

2. Tambah Pencahayaan

Pencahayaan yang cantik bisa membantu menonjolkan tanaman serta lansekap tanaman saat malam hari, sehingga memberi kesan taman yang elegan.

Bukan hanya itu, kombinasi tanaman dan lansekap elegan ditambah dengan pencahayaan cantic akan menghadirkan kesan yang mewah dan mahal pada ataman. Oleh sebab itu pilih warna pencahayaan yang lembut.

3. Gunakan Pot Tanaman yang Terlihat Keren

Tanaman adalah komponen yang harus ada di taman rumah. Agar bisa melengkapi penampilan tamanan, kamu bisa memilih pot tanaman yang terlihat keren dan cantik. Penggunaan pot akan membuat tanaman menjadi terkesan simple namun rapi.

Dengan kesan ini, taman terlihat lebih elegan. Pilih pot yang memiliki desain minimalis sehingga penampilan taman tidak berlebihan.

4. Pilih Furniture yang Sesuai

Untuk taman yang cukup lega, kamu bisa menaruh beberapa furniture seperti kursi dan meja, sehingga bisa melengkapi tampilan tanaman. Namun, pastikan jika menggunakan furniture yang memiliki desain sesuai dengan tampilan tamanmu.

Rekomendasi KTA untuk Penuhi Biaya Renovasi Tamanmu

Bila sudah menentukan desain taman yang akan dijadikan sebagai pilihan. Hal lain yang tidak kalah penting adalah masalah budget. Bila kamu memiliki anggaran yang terbatas untuk membuat taman impian, Kredit Tanpa Agunan dapat dijadikan sebagai pilihan.

Dari banyaknya Kredit Tanpa Agunan, digibank KTA bisa menjadi pilihannya. DBS Indonesia memiliki komitmen untuk menghadirkan digibank sebagai sebuah digital banking terbaik.

Sejumlah keunggulan dimiliki, seperti apply KTA online selama 24 jam, proses approval cepat hanya dalam 60 detik, dana bisa langsung cair ke rekening hingga 80 juta, kamu bisa dengan mudah mengatur jumlah pinjaman, cicilan sampai 36 bulan, tidak membutuhkan dokumen fisik dan persyaratan sangat mudah.

Jadi, tertarik mengajukan digibank KTA? bila kamu ingin mengajukannya, klik link https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan, untuk proses pengajuan. Yuk, segera ajukan dan wujudkan desain taman impianmu.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.