Skip to main content

Serba-serbi Biaya Pernikahan yang Perlu Anda Siapkan

Biaya Pernikahan
Pernikahan (image: freepik.com)

Investasi menjadi satu cara tepat dalam menabung untuk keperluan besar di masa depan seperti menyiapkan biaya pernikahan. Salah satunya dengan cara investasi reksadana untuk memaksimalkan pengaturan keuangan yang terbaik.

Biaya pernikahan menjadi bagian penting untuk Anda dan pasangan yang ingin melangkah ke jenjang pernikahan. Tanpa perincian yang jelas dan perhitungan yang tepat, biaya pernikahan bisa melebihi anggaran dana yang berlebih dan hasil yang tidak sesuai dengan rencana awal.

Biaya Pernikahan yang Perlu Anda Siapkan

Demi hari bahagia sesuai dengan impian, Anda harus mengetahui serba-serbi biaya pernikahan dan merencanakan persiapan dananya sejak awal. Simak daftar seputar biaya pernikahan berikut ini:

1. Biaya Administrasi Pendaftaran Pernikahan

Hal paling penting dan mendasar adalah melakukan pendaftaran agar pernikahan sah secara hukum negara dan agama. Jika Anda beragama Islam, pendaftaran dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan untuk agama serta kepercayaan lain bisa mengurus pendaftaran pernikahan ke kantor Catatan Sipil. Saat melakukan pendaftaran pernikahan, akan ada biaya administrasi yang besarannya sudah ditetapkan.

2. Biaya Sewa Gedung Pernikahan

Jika Anda memiliki rencana untuk mengadakan pesta resepsi dan memerlukan tempat yang luas untuk para tamu, seperti aula, ruang sewa di gedung, ballroom hotel, dan sebagainya, maka ada biaya sewa ruangan tersebut. Hal ini tidak berlaku untuk pesta resepsi yang diselenggarakan di rumah, tapi akan timbul biaya sewa tenda sesuai luasan area yang akan dipakai untuk acara pesta.

3. Biaya Katering

Penyediaan makanan di pesta pernikahan ini menjadi biaya terbesar, lho! Anda harus cermat dalam menghitung dan mengatur pilihan menu, jumlah tamu, dan tingkat kesulitan pembuatan makanan. Ketiganya menjadi komponen penentu besaran biaya yang akan dibebankan.

Alternatif selain menggunakan katering adalah menyewa jasa tukang masak, namun biasanya hanya bisa dilakukan jika Anda memilih mengadakan pesta pernikahan di rumah. Jika pesta di gedung, biasanya pihak gedung sudah menunjuk tim katering yang sudah menjalin kerjasama.

4. Biaya Rias dan Gaun Pengantin

Untuk acara yang akan menjadi satu kali seumur hidup, biaya rias dan gaun pengantin juga merupakan komponen penting biaya pernikahan. Ada banyak jasa rias pengantin yang sudah termasuk sewa gaun pengantinnya. Namun tidak jarang pula penganting ingin membeli gaunnya sendiri dan menyimpannya sebagai kenang-kenangan.

Sesuaikan selera dan ketersediaan dana dalam pemilihan jasa rias dan gaun pengantin. Gaun pengantin dengan desain terbaru dan mewah, serta menggunakan material tambahan seperti kristal dan payet tentu akan menambah biaya sewa atau harga beli dibanding gaun yang lebih sederhana. Belum lagi jika Anda menggunakan upacara adat, tentu akan berpengaruh pada biaya ini.

5. Biaya Seragam Keluarga dan Pengiring Pengantin

Sama seperti gaun pengantin, kebutuhan seragam keluarga dan pengiring pengantin (bridesmaids/groomsmen) bisa satu paket dengan jasa rias untuk keluarga dan pengiring pengantin. Namun pengeluaran ini tidak vital yang bersifat pilihan. Anda bisa mengurangi jumlahnya atau menghilangkan biaya ini untuk menghemat budget.

6. Biaya Dekorasi Pesta

pesta pernikahan
Pesta Pernikahan (image: freepik.com)

Sesuaikan dekorasi pesta dengan selera dan kondisi tempat terselenggaranya pesta pernikahan Anda. Konsep yang kamu inginkan bisa dibicarakan dengan pihak vendor penyedia jasa dekorasi pesta. Lagi-lagi komponen dekorasi akan mempengaruhi biaya yang akan dikenakan. Hitung cermat mana yang Anda butuhkan dan mana yang tidak terlalu penting, ya!

7. Biaya Jasa Foto dan Video

Biaya foto dan video meliputi foto dan video prewedding dan saat rangkaian acara pesta. Jika ingin menghemat budget, Anda bisa mengurangi pembuatan foto dan video prewedding dan fokus pada rangkaian acara saja. Anda juga bisa memilih jasa profesional dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikan dan portofolionya.

Pilihan lain adalah menyewa jasa fotografer lepas untuk dapat menekan budget. Komponen tambahan lain yang bersifat pilihan adalah menyediakan booth foto sebagai kenang-kenangan untuk para tamu.

8. Biaya Undangan dan Souvenir

Di era serba digital, undangan tidak lagi diberikan secara fisik atau berbentuk undangan cetak. Selain untuk penghematan biaya pembuatan dan pengiriman, undangan digital juga sebagai bentuk apresiasi peduli lingkungan. Meskipun menggunakan undangan digital, tetap ada biaya pembuatan yang dibebankan, ya.

Tentunya jauh lebih murah dibanding biaya pembuatan undangan fisik. Biaya souvenir untuk tamu yang hadir juga harus diperhatikan. Sesuaikan anggaran yang disediakan dengan keinginan jenis souvenir yang akan Anda berikan. Pilih yang tepat dan bermanfaat, ya.

9. Baya Hiburan Musik

Last but not least adalah biaya hiburan musik. Tidak lengkap rasanya jika pesta diselenggarakan tanpa hiburan musik. Komponennya meliputi jasa sewa sound system, tim hiburan berupa band lengkap atau hanya pemain keyboard dan penyanyi saja. Jika anda menginginkan prosesi adat, maka ada tambahan biaya sewa sanggar seni beserta pemain musik tradisional dan penarinya.

Setelah mengetahui serba-serbi biaya pernikahan seperti di atas, langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran biaya pernikahan dan menyiapkan dana. Kebutuhan biaya yang cukup besar dalam waktu sempit bisa dilakukan dengan cara investasi reksadana.

Menikah Tak Lagi Ribet Soal Dana dengan Investasi Reksadana

Di atas sudah disinggung tentang pengaturan dana dengan cara berinvestasi reksadana. Tapi, sebenarnya apa itu reksadana? Cara investasi reksadana berarti menghimpun dana dari pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek. Pengelolaan investasi ini diatur oleh Manajer Investasi (MI).

Terdapat pilihan jenis reksadana yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk memudahkan cara investasi reksadana, telah hadir platform bank digital yang bisa memungkinkan Anda melakukan investasi melalui ponsel. Anda hanya perlu mengunduh, melengkapi identitas diri dan menentukan instrumen investasi yang diinginkan.

Pilih aplikasi dengan performa terbaik untuk menjawab cara investasi reksadana sebagai kebutuhan pengaturan keuangan Anda, seperti Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi yang memberi layanan optimal dan kemudahan penggunaan serta membantu percepatan terwujudnya persiapan dana pernikahan Anda.

Cara investasi reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS sangat mudah. Anda bisa mengetahui keunggulannya berikut ini:

1. Pendaftaran dan Transaksi Mudah

Lakukan registrasi pendaftaran nomor SID dan tunggu konfirmasi melalui email maksimal 2x24 jam. Setelah itu, Anda bisa proses jual, beli, dan switch dapat dilakukan semuanya hanya melalui satu aplikasi saja yaitu Aplikasi digibank by DBS. Anda juga bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun tanpa perlu repot datang ke kantor cabang.

2. Tersedia Lebih Dari 50 Produk yang Ditawarkan

Setelah mengetahui apa itu reksadana, Anda dapat memilih lebih dari 50 produk reksadana yang ditawarkan. Informasi lengkap dan rinci mengenai masing-masing produk bisa diketahui melalui Aplikasi digibank by DBS.

3. Anda Bisa Mengatur Pembelian Berkala

Fitur ini sangat fleksibel digunakan karena Anda tidak perlu melakukan pendaftaran lagi untuk pembelian berikutnya. Pembelian dilakukan dengan pendebetan otomatis.

4. Cukup Siapkan Dana Rp100 Ribu Saja

Cara investasi reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS terbilang mudah dan murah. Cukup menyiapkan dana mulai Rp100 ribu saja, Anda sudah bisa mendapat manfaat investasi demi terwujudnya rencana pernikahan yang diimpikan.

Segala kemudahan dan kenyamanan telah disediakan dalam satu aplikasi saja. Sekaranglah saat yang tepat Anda memulai investasi untuk mempercepat terkumpulnya biaya pernikahan impian. Memanfaatkan keunggulan layanan digibank by DBS merupakan cara investasi reksadana yang menjawab semua kebutuhan investasi Anda.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.