Skip to main content

5 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Asuransi Mobil Ditolak
Asuransi Mobil. (image: Pexels.com)

Penyebab klaim asuransi mobil ditolak ini perlu Kamu ketahui dan pelajari. Sebab, hal ini tentu akan membantu Kamu dalam proses klaim asuransi agar lebih cepat dicairkan. Sebab, tentunya asuransi kendaraan ini sangatlah bermanfaat untuk mengurangi beban biaya atas kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dengan kendaraan Kamu tersebut.

Nah, meskipun proses klaimnya tidaklah sulit untuk dilakukan, namun Kamu tetap harus memahami aturan perusahaan mengenai klaim asuransi yang sudah Kamu pilih sebelumnya.

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Perlu Kamu ketahui, bahwa seluruh keterangan yang dibutuhkan untuk mengetahui detail asuransinya sudah tercantum dalam polis asuransi tersebut. Jadi, Kamu sebagai peserta harus mencermati dengan benar jenis asuransi yang Kamu pilih, syarat klaimnya, hingga berbagai hal yang bisa membatalkan klaim asuransi itu sendiri.

Untuk lebih memahaminya, terutama Kamu yang baru ingin mengasuransikan kendaraan Kamu, maka simak dulu beberapa penyebab klaim asuransi mobil ditolak berikut ini.

1. Dokumen Tidak Lengkap

Hal pertama yang perlu Kamu persiapkan sebelum klaim asuransi mobil adalah melengkapi dokumen pendukung sebagai syarat klaim asuransi. Jadi, pastikan bahwa dokumen Kamu sudah lengkap, mulai dari fotocopy polis asuransi, fotocopy SIM dan STNK, serta formulir pengajuan klaim.

Selain itu, Kamu juga membutuhkan surat keterangan dari polisi yang menyatakan adanya kerusakan berat akibat kecelakaan maupun adanya tindak kejahatan, seperti halnya pencurian atas kendaraan Kamu tersebut. Tidak hanya itu, Kamu juga membutuhkan foto sebagai salah satu bukti untuk Kamu dalam mengajukan klaim asuransi.

2. Polis lapse

Perlu Kamu ketahui, bahwa ternyata polis asuransi bisa berada dalam keadaan tidak aktif. Polis sedang tidak aktif ini juga disebut dengan lapse. Salah satu penyebab polis lapse adalah pembayaran premi asuransi yang jatuh tempo karena sudah melewati masa tenggang.

Nah, apabila polis Kamu sampai lapse, maka perusahaan asuransi pun tidak akan bersedia untuk membayarkan klaim asuransi yang Kamu ajukan tersebut.

3. Mengajukan Klaim Melewati Batas Waktu

Penyebab klaim asuransi mobil ditolak yang selanjutnya adalah karena pengajuan yang Kamu lakukan sudah melewati batas waktu yang ditentukan. Sebab, apabila Kamu tidak segera melaporkan kerusakan atau kerugian yang anda derita ke pihak perusahaan asuransi, maka klaim asuransi yang Kamu ajukan pun pasti ditolak.

Perusahaan asuransi tentunya akan selalu memberikan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim ini. Jadi, jika Kamu mengajukan klaim melebihi batas waktu yang sudah ditentukan tersebut, maka klaim bisa ditolak. Perlu Kamu ketahui, bahwa klaim asuransi mobil ini harus segera diurus karena batas waktunya sangatlah pendek, yakni hanya 3 x 24 jam saja.

Baca juga:

4. Tidak Melaporkan Tambahan Aksesoris

Hal yang perlu Kamu ketahui adalah bahwa setiap ada penambahan aksesori pada mobil atau adanya proses modifikasi pada mobil harus melaporkannya kepada pihak perusahaan asuransi.

Hal ini untuk memastikan bahwa modifikasi tersebut memang diperbolehkan oleh perusahaan asuransi. Selain itu, ada juga modifikasi untuk penambahan NSA (non standard accessories) yang dikenakan rate yang sama dengan biaya kendaraan. Tidak hanya itu, biaya ini juga akan dikalikan dengan nilai NSA untuk mendapatkan nilai premi yang perlu ditambahkan nantinya.

5. Pengemudi Melakukan Pelanggaran Hukum

Penyebab klaim asuransi mobil ditolak selanjutnya adalah apabila Kamu selaku pengemudi terbukti melakukan pelanggaran hukum. Misalnya adalah apabila Kamu memiliki asuransi jenis comprehensive, kemudian mobil Kamu mengalami kecelakaan karena Kamu mengemudikan mobil secara ugal-ugalan atau Kamu melanggar lalu lintas. Maka, pengajuan klaim Kamu pun akan ditolak oleh perusahaan asuransi.

Hal yang sama pun juga berlaku apabila Kamu selaku pemegang polis tidak memiliki SIM ketika berkendara atau parkir sembarangan, bahkan minum minuman beralkohol ketika mengendarai mobil sehingga mengakibatkan kecelakaan.

Nah, bagi Kamu yang sedang mencari asuransi terbaik dan takut mengalami salah satu penyebab klaim asuransinya ditolak, maka bisa memilih Garda Oto. Asuransi ini sudah terbukti memiliki kualitas dan pelayanan terbaik di bidangnya. Bahkan, seluruh kegiatan yang dilakukan bersifat publik, karena selalu disebarkan melalui akun media sosial perusahaan dengan centang biru.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.