Skip to main content

7 Font yang Direkomendasikan untuk Menulis CV

font untuk cv

Seperti yang diketahui, curriculum vitae atau yang biasa disebut dengan CV merupakan salah satu dokumen yang paling penting untuk dipersiapkan ketika hendak melamar pekerjaan. Dari informasi yang ada di CV tersebut, seorang HRD akan mendapatkan gambaran tentang pelamar kerja. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika pelamar kerja berupaya membuat CV dengan menyertakan informasi yang sangat lengkap.

Memang, informasi yang lengkap merupakan hal yang penting dalam pembuatan CV. Namun, Kamu tentu perlu menyadari bahwa gaya penulisan CV harus diperhatikan. Pasalnya, HRD pada umumnya hanya memiliki waktu singkat untuk melihat CV. Dengan gaya penulisan yang baik, informasi tertera tentu bisa dibaca dengan lebih mudah.

Nah, terkait gaya penulisan CV tersebut, Kamu perlu memilih font yang tepat saat mencoba buat CV online.

Rekomendasi Font yang Tepat Untuk Membuat CV

Seperti yang disinggung di awal, pemilihan font yang tepat nantinya akan membuat CV yang Kamu buat memiliki level readability yang lebih baik sehingga informasi detail bisa dibaca HRD dalam waktu singkat.

Ada setidaknya 7 font yang direkomendasikan untuk Kamu gunakan saat membuat CV profesional. Beberapa font yang dimaksud tersebut adalah:

1. Arial

Jenis font pertama yang direkomendasikan untuk digunakan saat membuat CV adalah Arial. Font ini pertama kali dibuat pada tahun 1982 oleh Patricia Saunders dan Robin Nicholas.

Salah satu alasan kenapa Arial cocok dipilih sebagai font untuk membuat CV adalah karena memiliki bentuk tulisan semi-formal yang tegas. Tentu saja, dengan menggunakan font ini, informasi di dalam CV bisa dibaca dengan baik meskipun hanya dengan pandangan yang sekilas.

Beberapa kalangan mengatakan bahwa Arial termasuk jenis font yang populer untuk menulis CV. Artinya, jenis font ini memang sudah lumrah digunakan dalam pembuatan CV.

2. Calibri

Rekomendasi font selanjutnya yang tepat untuk menulis CV secara profesional adalah Calibri. Seperti yang diketahui, jenis font ini bahkan sudah menjadi font default untuk aplikasi Microsoft Word sejak tahun 2007. Artinya, secara tidak langsung, font ini disarankan untuk digunakan.

Umumnya, Calibri digunakan untuk pembuatan beragam dokumen kantor yang bersifat formal. Hal ini didasarkan pada bentuk huruf font Calibri yang cenderung memiliki kesan formal dan mudah dibaca. Selain itu, detail font Calibri pun cukup menarik mata.

3. Garamond

Pernah mendengar tentang font yang satu ini? Ya, Garamond sebenarnya merupakan salah satu jenis font klasik yang sudah lama muncul. Meskipun demikian, font ini tetap saja banyak digunakan hingga saat ini karena keunikan dari detail huruf yang dimilikinya.

Jika diperhatikan sekilas, Garamond memiliki kemiripan dengan font Times New Roman. Tentu saja, font ini memiliki dasar tulisan yang cenderung formal dan terkesan kaku. Namun, meskipun demikian, Garamond memiliki bentuk huruf yang cukup unik sehingga menarik mata dan tetap memudahkan recruiter membaca informasi yang Kamu tulis pada CV.

4. Georgia

Bisa dikatakan bahwa dibandingkan dengan beberapa jenis font yang dibahas di awal, Georgia menjadi font yang tidak terlalu sering didengar, terutama kalangan awam. Meskipun demikian, Georgia sebenarnya merupakan jenis font yang cukup menarik dan bisa dijadikan opsi untuk membuat beragam dokumen formal, termasuk CV untuk melamar pekerjaan.

Sama seperti Garamond, Georgia juga memiliki struktur huruf yang mirip dengan Times New Roman. Namun, jenis font ini memiliki kesan yang lebih elegan, tidak terlalu kaku dan terlihat semi-formal. Oleh karenanya, dengan karakteristik yang dimiliki, Georgia juga bisa dijadikan opsi font yang tepat untuk membuat CV secara resmi.

5. Cambria

Cambria juga masuk dalam rekomendasi font yang cocok untuk digunakan saat menulis CV untuk melamar pekerjaan. Terkait font ini, perlu diketahui bahwa Cambria adalah font yang didesain secara khusus untuk membuat dokumen digital. Oleh karenanya, ketika Kamu hendak membuat CV online, maka jenis font ini bisa dijadikan pertimbangan.

Hal menarik dari font ini adalah detail huruf yang cenderung sederhana. Ya, Cambria memiliki bentuk huruf yang tegas dan terlihat formal. Selain itu, tulisan yang dibuat menggunakan font ini cukup mudah dibaca.

6. Lato

Pernah mendengar tentang font yang satu ini? Bisa jadi, beberapa dari Kamu belum pernah mendengar ataupun menggunakan font ini untuk membuat dokumen secara formal.

Awalnya, Lato adalah font yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan korporasi. Jenis font yang masuk dalam keluarga Sans Serif ini terlihat netral dan juga formal. Oleh karenanya, Lato cocok untuk membuat CV.

7. Didot

Satu lagi jenis font yang cocok untuk membuat CV adalah Didot. Sekilas, font ini sangat mengesankan karena memiliki bentuk huruf yang elegan dan sangat berkelas.

Hanya saja, beberapa kalangan mengatakan bahwa Didot cenderung lebih disarankan digunakan untuk membuat CV di bidang fashion atau fotografi. Hal ini dikarenakan font ini memiliki efek artsy yang unik.

Dari bahasan di atas, ada cukup banyak jenis font yang cocok untuk Kamu jadikan opsi membuat CV yang tepat. Jadi, mana font yang hendak Kamu pilih untuk membuat CV profesional?

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.