03 September 2018

HR Wajib Tahu Manfaat HRM Indonesia Terhadap Produktivitas Karyawan


HRM Indonesia

HRM Indonesia merupakan sebuah hal yang tidak terlalu familiar terutama di kalangan karyawan atau pekerja yang bekerja di perusahaan. Selama ini nama Human Resource Development atau yang biasa dikenal dengan HRD lebih familiar. Padahal HRM merupakan bagian dari HRD itu sendiri, lho. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan HRM itu sendiri?

HRM memiliki arti Human Resource Management yang dimana fungsi mereka sesuai dengan namanya yaitu melakukan management terhadap sumber daya manusia yang ada pada suatu perusahaan. Seorang HRM juga memiliki peran dalam pengembangan diri pada karyawannya.

Nah, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai apa saja manfaat HRM terhadap produktivitas para karyawan di perusahaan:

#1. Memberikan Motivasi Secara Langsung

Dunia kerja bukanlah dunia yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dilalui oleh karyawan. Masalah demi masalah mulai dari masalah kerjaan, masalah dengan teman, sampai masalah pribadi bisa saja hadir di saat-saat yang tak terduga. Masalah-masalah tersebut pasti akan menganggu tingkat produktivitas seseorang.

Oleh karena itu, HRM berfungsi menjadi tempat karyawan memperoleh motivasi dan semangat mereka kembali. Biasanya hal tersebut dilakukan dengan mengadakan camp, training, konseling, seminar, dan berbagai kegiatan-kegiatan pengembangan diri lainnya.

#2. Membuat Karyawan dan Tujuan Perusahaan Sejalan

Mengarahkan karyawan agar melakukan aktifitas yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan bila sebuah perusaahan memiliki divisi Human Resource Management yang berkompeten. Terkadang banyak karyawan yang kurang mengetahui tentang esensi perusahaan tempat mereka bekerja.

Disitulah Human Resource Management (HRM Indonesia) memiliki tugas yang perlu diselesaikan. Goal perusahaan yang tidak sejalan dengan apa yang karyawan mau dapat menghambat kesuksesan perusahaan maupun kesuksesan karyawan tersebut.

#3. Memaksimalkan Potensi Karyawan / Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

Human Resource Management (HRM Indonesia) membantu karyawanya dalam hal pengembangan bakat dan potensi. Tak hanya seputar bakat saja, HRM Indonesia juga memiliki manfaat untuk karyawan terutama dalam hal menambah skill dan pengalaman yang berkaitan dengan dunia kerja.

Perusahaan sekarang menuntut cukup banyak standart tinggi untuk karyawanya. Maka dari itu, Human Resource management berperan sangat signifikan untuk mengembangkan potensi dan skill dari karyawan atau sumber daya manusia yang ada di suatu perusahaan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari HRM pada suatu perusahaan. Tak lupa, HRM dan HRD adalah dua hal yang sebenarnya satu. Dalam menjalankan tugasnya, terkadang HRM dan HRD juga mengalami kendala yang sama.

Untuk itu, LinovHR yaitu software HRIS yang telah berbasis cloud hadir untuk membantu HRD dalam hal administrasi para karyawan dengan mudah dan sederhana. Biaya bulanan yang rendah namun kualitas tetap menjadi nomor satu.

Semoga bermanfaat.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan LinovHR Software HR Indonesia.