Skip to main content

4 Tips Aman Mengonsumsi Vitamin C 1000 Mg Setiap Hari

Vitamin C

Beragam manfaat yang terkandung didalam Vitamin C membuatnya sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Adapun salah satu manfaat Vitamin C yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh agar semakin kuat. Sebab dengan imunitas yang kuat, maka akan meminimalisir resiko terpapar dari berbagai macam penyakit.

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti diantaranya, mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit, melindungi tubuh dari serangan virus penyebab infeksi, membantu kinerja sel darah putih agar lebih efektif dalam melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, mencegah batuk dan pilek, membantu proses penyembuhan luka dengan cepat.

Sumber vitamin C dapat kita peroleh dengan mudah dari bahan-bahan alami. Bisa dari buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang segar. Selain dari bahan alami, saat ini juga sudah banyak sekali suplemen atau minuman yang mengandung vitamin C 1000 mg. Namun, apakah ada manfaat dari konsumsi vitamin C 1000 mg jika mengonsumsinya setiap hari?

Amankah Mengonsumsi Vitamin C 1000 Mg Setiap Hari?

Berdasarkan standar Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2013, anak dengan usia di atas satu tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40 – 45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun membutuhkan asupan vitamin C setidaknya 65 – 90 mg per hari. Sedangkan untuk orang dewasa dengan usia di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C hariannya sekitar 75 – 90 mg.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kebutuhan vitamin C harian berdasarkan AKG tentu sangat jauh dari dosis yang ditawarkan macam-macam produk suplemen vitamin. Sebab, berdasarkan penelitian American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa sel-sel tubuh manusia hanya mampu menyerap 120 mg hingga 200 mg vitamin C dalam sehari.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi Vitamin C secara berlebihan karena berakibat kurang baik untuk kesehatan tubuh. Dan jika mengonsumsinya secara berlebihan, maka tubuh akan membuangnya melalui urin, keringat atau saluran sekresi lainnya.

Tips Aman Mengonsumsi Vitamin C 1000 Mg Setiap Hari

Meskipun berdampak kurang baik jika mengonsumsi Vitamin C secara berlebihan, namun mengonsumsi Vitamin C 1000 mg tetap diperbolehkan asal tetap mengatur dosis harian dengan tepat. Nah berikut ini tips aman mengonsumsi Vitamin C 1000 mg setiap hari:

1. Konsumsi Sebelum atau Sesudah Makan

Vitamin C merupakan salah satu zat yang mudah larut ke dalam air. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya di pagi hari 30 menit sebelum makan, namun jika kamu mempunyai riwayat penyakit maag, kamu juga bisa mengonsumsinya setelah makan.

2. Konsumsi Bersama Makanan Lainnya Jika Mual

Mengonsumsi Vitamin C 1000 mg dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan rasa mual hingga muntah jika mengonsumsinya saat keadaan perut kosong ataupun yang memiliki penyakit maag.

Oleh karena itu, kamu bisa atur konsumsi Vitamin C 1000 mg secara bertahap bersama dengan makanan lainnya. Misalnya mengonsumsi setengah dosis (500 mg) Vitamin C setelah sarapan, dan sisanya setelah makan siang. Ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C dalam tubuh.

Baca juga:

3. Hindari Konsumsi Vitamin C Saat Akan Tidur

Mengonsumsi Vitamin C dengan dosis tinggi bagi sebagian orang akan mengalami kesulitan tidur. Jadi sebisa mungkin hindari mengonsumsi Vitamin C 1000 mg saat hendak tidur di malam hari.

4. Kombinasikan Konsumsi Vitamin C 1000 mg dengan Zat Besi

Kandungan zat besi atau Zinc bermanfaat untuk untuk memproduksi sel darah merah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika zat ini dikombinasikan dengan Vitamin C, maka akan membantu tubuh memaksimalkan penyerapan vitamin C. Mineral Zinc berperan untuk mengaktifkan sel T (limfosit T), yakni sel yang mengendalikan respon imun dan menyerang sel pembawa penyakit. Dengan begitu, maka imunitas tubuh pun jadi meningkat.

Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi Vitamin C 1000 mg sembari mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Rekomendasi Suplemen Vitamin C 1000 Mg

Vitamin C 1000 mg Now Vcaps

Ada banyak sekali pilihan suplemen Vitamin C 1000 mg yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian. Salah satunya yaitu Vitamin C 1000 mg Now Vcaps. Harga Vitamin C 1000 ini bisa kamu dapatkan di sesa.id dengan banderol Rp.159.900 per botol. Salah satu keunggulan Vitamin C ini dilengkapi dengan kandungan 100 mg Bioflavonoid.

Nah kamu bisa langsung membeli Vitamin C 1000 mg Now Vcaps ini langsung di website sesa.id atau bisa juga melalui aplikasinya dengan download aplikasi sesa.id di AppStore dan PlayStore.

Sumber:

  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/minum-vitamin-c-1000-mg/
  • https://haniwidiatmoko.com/konsumsi-vitamin-c-1000/
  • https://www.enervon.co.id/article/3379/manfaat-minum-vitamin-c-1000mg/
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.