Skip to main content

6 Kelebihan Domain .ID untuk Website yang Wajib Kamu Tahu

domain id

Dalam membangun sebuah website atau blog pribadi, pemilihan nama domain yang tepat menjadi salah satu hal yang penting agar dapat lebih cepat dikenal orang. Dan sama seperti nama domain, pemilihan ekstensi domain juga perlu dipertimbangkan.

Ada banyak sekali pilihan ekstensi domain yang bisa kamu gunakan. Di antara ratusan pilihan yang tersedia, domain .ID bisa menjadi salah satu ekstensi yang patut untuk kamu pertimbangkan.

Hal ini karena domain .ID memiliki banyak kelebihan yang tak kalah menarik dari domain generik lainnya, seperti .COM, .NET, dan lainnya.

Mengenal Domain .ID

Sebelum membahas lebih jauh tentang berbagai kelebihan domain .ID, kita akan sedikit mengenal lebih dulu apa itu domain .ID.

Domain .ID sendiri merupakan salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain), yang artinya domain ini dikhususkan untuk website yang berada di kawasan Indonesia.

Ekstensi domain .ID memiliki banyak jenisnya yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan semua jenis ekstensi domain .ID tersebut dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Saat inipun, ekstensi domain .ID semakin banyak peminatnya. Ini didasarkan pada data yang dirilis oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) per 31 Juli 2021 pertumbuhan pengguna domain .ID ini sudah menyentuh angka lebih dari 205 ribu pengguna.

Tentunya ini merupakan suatu langkah positif bagi kamu yang dengan bangga turut memperlihatkan identitas negara Indonesia jika menggunakan domain .ID.

Macam-macam Ekstensi Domain .ID

Domain .ID memiliki banyak pilihan 2nd level domain yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena domain .ID termasuk jenis ekstensi domain ccTLD (Country Code Top Level Domain), maka pastinya ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dilengkapi.

Masing-masing jenis ekstensi domain .ID memiliki persyaratan sendiri. Mulai dari melampirkan surat izin kementerian, organisasi atau komunitas, ataupun hanya menggunakan verifikasi KTP saja.

Berikut adalah beberapa pilihan ekstensi domain .ID:

  • Domain .ID: Digunakan untuk website pribadi, maupun website umum lainnya.
  • Domain .AC.ID: Digunakan untuk perguruan tinggi.
  • Domain .SCH.ID: Digunakan untuk lembaga pendidikan formal, seperti SD atau SMA.
  • Domain .GO.ID: Digunakan untuk lembaga instansi pemerintahan.
  • Domain .OR.ID: Digunakan untuk organisasi, komunitas atau yayasan tertentu.
  • Domain .CO.ID: Digunakan untuk bidang usaha yang memiliki legalitas hukum dan bergerak di Indonesia.
  • Domain .BIZ.ID: Digunakan untuk pelaku usaha dagang atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).
  • Domain .NET.ID: Digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang layanan telekomunikasi dan internet.
  • Domain .MY.ID: Digunakan untuk kepentingan personal, contohnya, website portofolio atau blog pribadi.
  • Domain .WEB.ID: Juga digunakan untuk kepentingan personal, contohnya, website atau blog pribadi.
  • Domain .DESA.ID: Digunakan untuk desa-desa yang ingin membangun website.

Kelebihan Domain .ID

Setelah mengenal apa itu domain .ID dan mengetahui berbagai pilihan ekstensi yang tersedia di domain .ID, sekarang kita akan membahas berbagai kelebihan yang dimiliki oleh domain .ID.

1. Memiliki Kredibilitas Tinggi dan Terpercaya

Website yang menggunakan ekstensi domain .ID akan tampak lebih terpercaya. Hal tersebut karena saat proses pendaftarannya yang membutuhkan identitas resmi seperti salinan KTP atau dokumen penting lainnya. Dengan begitu, pemilik website harus sangat berhati-hati dalam menyajikan konten, alias tidak boleh sembarangan.

Sehingga website dengan domain .ID lebih memiliki kredibilitas serta integritas yang tentunya akan berdampak pada pengunjung akan lebih menaruh kepercayaan terhadap website dengan ekstensi domain .ID.

2. Menyediakan Banyak Pilihan Domain

Jika kamu kesulitan menemukan nama domain unik menggunakan ekstensi .COM, menggunakan domain .ID adalah pilihan yang terbaik.

Sebab, selain domain .ID itu sendiri, ada banyak sekali pilihan ekstensi 2nd level domain .ID yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti CO.ID, MY.ID, WEB.ID, dan lainnya.

bangga domain id

Domain .ID identik dengan Indonesia, jadi dengan menggunakan ekstensi domain .ID, maka kamu telah menunjukkan semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Selain itu, kamu bisa menunjukkan kepada pengunjung websitemu dari seluruh dunia bahwa website milikmu menggunakan bahasa Indonesia dan berasal dari Indonesia.

4. Optimasi SEO yang Lebih Mudah

Website dapat muncul di urutan pertama di hasil pencarian Google tentu menjadi tujuan utama bagi setiap pemilik website. Apalagi jika kamu yang mengincar traffic lokal dari negara Indonesia saja, maka menggunakan domain .ID bisa menjadi elemen pendukung yang cukup berperan.

Hal ini karena penggunaan domain .ID secara otomatis juga akan membantu mesin pencarian Google untuk mencocokkan kata-kata kunci yang relevan dengan target pengunjung secara spesifik berdasarkan wilayah geografis. Sehingga peluang lebih mudah muncul pada posisi teratas SERP apabila terdapat pengunjung yang berlokasi di Indonesia.

5. Akses Website yang Stabil dan Cepat

Kelebihan Domain .ID selanjutnya yaitu berkaitan dengan penggunaan server. Domain .ID menggunakan DNS (Domain Name Server) yang berada di Indonesia sehingga membuat kecepatan akses dari website menjadi lebih cepat.

6. Menawarkan Harga yang Cukup terjangkau

Selain beberapa kelebihan diatas, domain .ID juga tersedia dengan harga yang cukup terjangkau loh.. Kamu bisa mendaftarkan domain ID kamu hanya cukup membayar mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja.

Seperti contohnya, di registrar jual domain .id DomaiNesia, kamu bisa dapatkan domain MY.ID cukup dengan harga Rp12.000 saja, sedangkan untuk domain WEB.ID kamu bisa dapatkan dengan harga Rp45.000 ribu saja. Sangat murah sekali kan!

Kesimpulan

Nah itulah beberapa kelebihan menggunakan ekstensi domain .ID. Menggunakan domain .ID bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendukung perkembangan website milikmu. Karena selain menunjukkan kredibilitas tinggi dan bangga dengan Indonesia, domain .ID juga mudah untuk dioptimasi dan mampu bersaing di mesin pencarian Google.

Jadi, segera daftarkan domain .ID milikmu di salah satu registrar terpercaya seperti DomaiNesia. Atau kamu pun bisa menjadi salah satu partner reseller domain id di RNA (Registrasi Neva Angkasa) yang khusus menjual berbagai ekstensi domain .ID. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual kembali domain .ID.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.