01 November 2019

7 Pengaruh Nama Domain Murah untuk SEO


Ilustrasi Domain

Penggunaan baik domain gratis atau domain murah sekalipun saat ini sedang sangat sering dilakukan. Biasanya, para content creator atau pengelola situs tertentu akan melakukan apa saja agar situsnya memiliki manfaat yang maksimal bagi para pengunjung dan tentu saja sekaligus menjadi situs terfavorit yang selalu muncul di daftar teratas mesin pencarian tertentu.

Terlebih lagi, saat ini penggunaan Internet sudah menjadi seperti kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Begitu juga dengan mesin pencarian. Setiap orang sudah bisa dengan mudahnya menggunakan mesin pencarian untuk dapat mengakses informasi tertentu yang mereka butuhkan. Melihat hal tersebut, mesin pencarian pun terus melakukan pengembangan pada algoritma yang dimilikinya agar kebutuhan pengguna dapat tercukupi dengan baik.

Perlu Anda ketahui bahwa pemberian nama domain gratis pada situs memiliki pengaruh terhadap optimasi SEO atau Search Engine Optimization. Berikut adalah 7 pengaruh yang perlu Anda ketahui:

#1. Usia Pendaftaran Domain

Banyak yang menganggap bahwa domain dengan kualitas baik pasti akan diregistrasi oleh sang pemilik untuk jangka waktu yang panjang sejak awal dibuat. Jadi, beberapa pihak beranggapan bahwa semakin lama tanggal batas akhir atau expired date suatu domain, itu artinya domain tersebut sudah bersifat legitimate.

Anda sendiri tentu akan lebih percaya dengan domain yang didaftarkan dengan waktu lebih panjang dibandingkan yang hanya satu tahun bukan?

#2. Umur Domain

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, semakin tua usia domain maka ia akan semakin berada pada daftar teratas di laman hasil mesin pencarian. Nyatanya, pendapat seperti itu saat ini sudah kurang relevan. Pengaruh umur domain sendiri bukanlah faktor dominan terhadap optimasi SEO itu sendiri.

#3. Kata Kunci pada Domain

Optimasi pencarian pada hasil mesin pencarian atau SEO tidak berkaitan jauh dengan penggunaan keyword atau kata kunci. Sejak dulu, sudah banyak pihak yang memahami bahwa penggunaan kata kunci sangat berpengaruh untuk mendorong SEO. Namun, saat ini daya dorong dari penggunaan kata kunci sudah tidak sekuat dulu.

Relevansi penggunaan nama domain saat ini sudah lebih kuat dibandingkan hanya dengan penggunaan kata kunci. Namun, jangan salah sangka. Tidak benar artinya jika kata kunci sudah tidak bermanfaat lagi, hanya saja kekuatannya yang sudah tidak sebesar dulu. Untuk itu, Anda perlu memikirkan dengan cermat penggunaan kata kunci pada domain.

#4. Kata Kunci pada Subdomain

Beberapa panelis beranggapan bahwa domain yang diawali dengan sebuah keyword akan berpengaruh atau memiliki efek positif untuk optimasi SEO dibandingkan dengan letak keyword atau kata kunci di tengah domain atau di bagian akhir domain yang mereka anggap pengaruhnya tidak sekuat kata kunci yang berada di awal domain.

Baca juga: Perbedaan Hosting dan Apa Itu Hosting

#5. Penggunaan Country Code Top Level Domain

Ilustrasi ccTLD

Biasanya, pengguna ccTLD domain akan membantu meningkatkan peringkat domain di negara tersebut. Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk pencarian global dengan kata kunci multi-language hal tersebut akan memberikan dampak yang kurang baik bagi domain Anda.

Coba Anda buktikan dengan menemukan domain geo-tld pada posisi teratas pencarian global, pasti akan sangat sulit untuk ditemukan.

#6. Exact Match Domain atau Domain yang Sama Persis dengan Kata Kunci

Untuk mendorong peringkat pada upaya optimasi SEO, memberikan nama domain yang sama persis dengan kata kunci dipercaya mampu meningkatkan peringkat pada SERP itu sendiri. Sesaat sebelum September 2012, hal tersebut ternyata sudah dibuktikan benar adanya. Namun, serinng berkembangnya waktu, mesin pencarian seperti Google pasti selalu melakukan pembaharuan pada algoritma mesinnya.

Setelah itu, Exact Match Domain sudah tidak berlaku lagi untuk mendorong peringkat dari SERP. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Hal tersebut tidak sama artinya bahwa penggunaan Exact Match Domain sudah benar-benar tidak berlaku lagi. Anda tetap bisa menggunakannya sembari terus meningkatkan kualitas situs yang Anda kelola agar tidak dianggap low quality oleh mesin pencarian.

#7. Public Whois Domain

Yang terakhir, pengaruh nama domain gratis atau murah untuk optimasi SEO adalah Public Whois Domain. Domain ini menggunakan private whois di mana pengguna melakukan pengaturan pada whois-nya yang seringkali dicurigai oleh Perusahaan Google. Banyak ahli yang beranggapan bahwa apabila seseorang menyembunyikan data whois, itu artinya domain tersebut memiliki sesuatu yang mencurigakan.

Umumnya, hal tersebut berkaitan dengan kegiatan offpage campaign yang akan berlangsung selanjutnya. Jadi, penggunaan private whois akan meningkatkan kecurigaan mesin pencarian seperti Google pada situs yang Anda miliki sekalipun tidak berpengaruh buruk pada upaya optimasi SEO.

Demikianlah beberapa pengaruh nama domain baik yang bersifat gratis atau murah pada optimasi SEO. Bingung memberi nama pada domain situs Anda? Jangan khawatir, Anda bisa langsung mengunjungi situs miliki DomaiNesia di laman domainesia.com/domain/ untuk mendapatkan variasi nama domain gratis dan juga tentunya menarik.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan Domainesia.com.