Skip to main content

Prospek Kerja Jurusan Film dan Animasi, Punya Potensi Besar Bagi Para Pekerja Kreatif

Jurusan Animasi

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan berbagai film animasi yang telah tayang di bioskop. Film animasi ini memiliki banyak penggemar dari semua kalangan. Tak hanya anak-anak, nyatanya, banyak juga orang dewasa yang menyukai film animasi.

Nah, Jika kalian memiliki passion untuk bekerja di industri kreatif yang menuntut imajinasi tinggi dan suka dengan menggambar, memilih jurusan perguruan tinggi di bidang film dan animasi bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan.

Sebab, belakangan ini industri animasi sedang naik daun. Dan seperti yang kita ketahui, produksi film-film animasi masih banyak berasal dari Hollywood, dan kabar baiknya, saat ini pun industri peranimasian Indonesia juga mulai berkembang. Lantas, apa itu jurusan film dan animasi?

Pengertian Jurusan Film dan Animasi

Jurusan film dan animasi merupakan suatu program studi yang fokus mempelajari dan membuat karya berupa gambar bergerak yang terbentuk dari kumpulan gambar yang disusun secara berurutan.

Selain itu, mahasiswa akan mempelajari berbagai hal teknis dalam pembuatan film, seperti pembuatan cerita, penggunaan kamera, penyusunan dan penyuntingan gambar, hingga skill yang menunjang pembuatan film yang baik dan berkualitas.

Selain mempelajari bagaimana proses produksi film, program studi film juga mengajarkan teknik pemasaran dalam industri perfilman kepada mahasiswa, sebagai sineas muda, agar lebih memahami dalam memproduksi sebuah film.

Proses membuat film animasi ini membutuhkan ide yang kreatif dan dukungan teknologi dalam proses pengerjaannya. Ide kreatif dibutuhkan agar sebuah animasi menjadi unik dan selalu bisa dikembangkan, sedangkan dukungan teknologi akan menentukan bagaimana hasil dari animasi dapat menarik secara visual.

Peminat Jurusan Film dan Animasi

Sama seperti disiplin ilmu lainnya, jurusan animasi ini semakin berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Kini animasi menjadi suatu program studi yang memiliki dua peminatan, yaitu film animasi dan animasi game (animasi interaktif).

Jadi, di peminat jurusan bidang film animasi biasanya akan lebih berfokus pada produksi film animasi. Disini mahasiswa akan belajar membuat karakter dwimatra (2D), karakter trimatra (3D), membuat special effects, membuat storyboard, dan menulis skenarionya. Sedangkan dalam peminat animasi game, pada dasarnya akan belajar mendesain suatu game, alur gameplay hingga berbagai macam karakter di dalamnya.

Prospek Kerja Jurusan Film dan Animasi

Ada banyak sekali peluang kerja bagi seorang lulusan program studi jurusan film dan animasi. Salah satunya dapat menjadi animator di salah satu studio animasi dengan tawaran penghasilan yang tinggi. Seorang animator dapat berkarir sebagai concept art yang mana berperan penting dalam mengembangkan referensi visual sebelum membuat project animasi 3D.

Selain itu, lulusan prodi animasi juga dapat menjadi storyboard artist, animator keyframe, perancang game, background painter, produser atau sutradara film animasi, dan lain-lain.

Saat ini saja, sudah banyak sekali animator profesional dari Indonesia juga ikut terlibat dalam pembuatan film animasi Hollywood.

Salah satunya yaitu Griselda Sastrawinata, animator asal Indonesia ini turut terlibat dalam pembuatan film animasi terkenal dari Hollywood, seperti Kung Fu Panda 2, Puss in Boots, Moana dan masih banyak film animasi lainnya.

Selain itu, ada pula Michael Reynold Tagore yang juga merupakan animator asli Indonesia yang terlibat dalam pembuatan beberapa film Box Office, diantaranya Iron Man 3, The Fast and Furious 7, Dawn of The Planet of The Apes, The Wolverine, hingga Batman v Superman: Dawn of Justice.

Mereka bisa jadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kamu yang ingin mengambil jurusan film dan animasi. Selain beberapa film animasi Hollywood, sebenarnya Indonesia juga memiliki film animasi yang juga tak kalah dengan film garapan Hollywood.

Adapun salah satu film animasi asal Indonesia yang cukup populer yaitu Nussa. Ya, Nussa merupakan film animasi garapan para animator Indonesia yang berhasil menyabet penghargaan sebagai film animasi panjang terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 2021 lalu.

Nah itulah berbagai prospek kerja lulusan program studi film dan animasi. Jika kamu seorang yang suka bekerja secara kreatif, dan sering memiliki ide-ide baru, memilih jurusan film dan animasi adalah pilihan yang tepat. Sebab, menjadi animator merupakan pekerjaan yang akan banyak dibutuhkan di masa depan.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.