Skip to main content

Menarik! Ini Lho Manfaat dari Loyalty Program untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis

Loyalty Program

Memiliki pelanggan yang setia merupakan aset penting yang harus dimiliki oleh bisnis. Sayangnya, mempertahankan pelanggan tentu tidaklah mudah. Sebagai pelaku bisnis, pastinya Kamu sudah mencoba berbagai cara agar pelanggan yang Kamu miliki tidak berpaling ke kompetitor bisnis lainnya. Apalagi dengan banyaknya bisnis baru yang bermunculan membuat persaingan bisnis kini semakin ketat.

Ada berbagai cara yang harus dilakukan untuk menjaga kesetiaan pelanggan pada bisnis, misalnya memiliki produk dan pelayanan terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan pada bisnis Kamu. Nah, salah satu cara mencapai kepuasan pelanggan dengan menciptakan loyalty program untuk bisnis Kamu.

Apa itu loyalty program? Loyalty program atau program loyalitas adalah sebuah program yang diberikan kepada pelanggan yang tujuannya untuk menjaga agar pelanggan yang dimiliki tetap setia terhadap produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Kamu. Yuk cari tahu manfaat dari loyalty program yang wajib diketahui pemilik bisnis.

Menghemat Biaya Promosi

Tahukah Kamu loyalty program membutuhkan biaya yang lebih rendah dibandingkan harus memasang iklan untuk mempromosikan bisnis Kamu. Bahkan dengan mengoptimalkan loyalty program ini dapat membantu bisnis dalam meningkatkan branding hingga memperluas jaringan bisnis lebih mudah.

Membangun Hubungan Baik kepada Pelanggan

Salah satu manfaat loyalty program selain membantu dalam mempertahankan pelanggan adalah menjalin hubungan lebih baik dengan pelanggan Kamu. Melalui program ini, pelanggan Kamu akan merasa dihargai dan merasa senang dengan pelayanan bisnis yang dimiliki. Sehingga menjaga kesetiaan pelanggan pun lebih mudah.

Loyalty Program

Meningkatkan Penjualan Bisnis

Keuntungan selanjutnya dari memiliki loyalty program adalah meningkatkan penjualan bisnis yang lebih mudah. Ada berbagai jenis loyalty program yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Kamu. Misalnya dengan menawarkan sistem point reward, Kamu dapat memberikan point reward kepada pelanggan setelah melakukan transaksi pembelian pada bisnis Kamu.

Dari point yang diberikan, pelanggan dapat menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik atau voucher belanja. Dengan pelayanan istimewa tentu akan mendorong pelanggan lebih nyaman dengan pelayanan yang diberikan bisnis Kamu. Sehingga peluang repeat order pada bisnis juga terbuka lebar.

Menjangkau Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Dengan loyalty program, Kamu dapat menjangkau pelanggan baru lebih mudah. Misalnya, Kamu memiliki loyalty program berupa program referral kepada pelanggan lama, dimana pelanggan lama dapat membagikan kode referral kepada teman sekitarnya untuk mencoba produk atau jasa yang dimiliki bisnis Kamu.

Dengan penawaran yang menarik, maka calon pelanggan lebih mudah untuk tertarik akan bisnis Kamu, bahkan pelanggan lama juga mendapatkan keuntungan khusus. Selain mengundang pelanggan baru, dengan adanya program ini Kamu dapat mempertahankan pelanggan lama yang Kamu miliki agar tetap memilih Kamu dan tidak beralih ke kompetitor lain.

Meningkatkan Reputasi Brand

Manfaat lain selanjutnya adalah mampu meningkatkan reputasi dan citra brand yang Kamu miliki di mata pelanggan Kamu. Dengan memberikannya sebuah penawaran dan penghargaan yang menarik tentu juga mendorong bisnis lebih dikenal lebih banyak orang lagi.

Dengan adanya program ini dapat menunjukkan hal positif jika bisnis atau brand yang Kamu miliki sangat menghargai dan memperlakukan pelanggan dengan baik sehingga tercipta hubungan yang positif.

Jadi, itulah beberapa manfaat dari loyalty program untuk meningkatkan kesuksesan bisnis. Tertarik mencobanya?

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.