Skip to main content

Tips Membangun Branding untuk Bisnis Online Bagi Pemula

Branding untuk Bisnis Online

Membangun branding untuk bisnis online adalah salah satu hal yang sangat penting jika ingin bisnis kamu terus berkembang. Namun sebelum itu, apa itu branding?

Menurut Kotler (2009), brand adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi semuanya, yang bertujuan mengidentifikasi pembuat atau penjual produk.

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa branding memiliki fungsi untuk membedakan antar produk atau si penjual produk hingga brand tersebut dapat menempati tempat yang layak di benak para pelanggannya.

Ada banyak sekali hal yang perlu kamu lakukan dalam membangun branding yang baik. Sebab, Brand yang baik akan selalu dikenal dan memiliki pengaruh yang besar bagi pelanggan sehingga sangat berpotensi untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal.

Langkah Awal Membangun Branding yang Baik

Agar produk kamu semakin mudah diingat, berikut ini beberapa langkah awal dalam strategi branding untuk memulai bisnis online:

1. Tentukan Target Audiens

Untuk memulai membangun sebuah brand, kamu harus tahu terlebih dahulu siapa saja yang akan jadi pelanggan produkmu.

Dalam hal ini, Kamu bisa membuat segmentasi pelanggan dimulai dari demografi seperti jenis kelamin, umur, profil pelanggan, hingga lokasi tempat tinggal. Dengan begitu, kamu bisa menganalisa kebiasaan belanja atau perilaku pembelian dari calon pelanggan.

2. Tentukan Karakteristik Brand

Menentukan karakteristik brand juga merupakan sesuatu yang sangat penting. Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap semua elemen yang ada selama kamu membangun brand tersebut.

Adapun cara untuk menentukan karakteristik sebuah brand adalah dengan memperlakukannya seperti manusia. Seperti menentukan tampilan hingga karakter brand yang paling menarik perhatian target audiens kamu.

Hal tersebut dapat menentukan kampanye untuk brand kamu media sosial atau jaringan internet lain yang kamu miliki nantinya.

3. Tentukan Nama Brand

Setelah kamu menentukan target audiens dan karakteristik brand kamu, langkah selanjutnya kamu dapat menentukan nama brand untuk bisnis kamu.

Sebagai pemilik bisnis, nama brand merupakan salah satu bagian terpenting yang harus kamu tetapkan di awal pendirian sebuah bisnis. Karena, nantinya nama brand akan berpengaruh pada desain logo, penentuan nama domain website, marketing, hingga pendaftaran merk dagang. Oleh karena itu, buatlah nama brand yang unik dan tentu saja harus mudah diingat oleh pelanggan nantinya.

4. Tentukan Desain Logo Brand

Sebuah logo akan menjadi wajah sebuah brand sehingga harus mampu mewakili nilai, visi dan misi brand kamu secara visual. Sebab, orang akan mengenal brand kamu melalui logo.

Jadi perlu diperhatikan bahwa logo brand harus mudah diingat, unik, dan terukur. Untuk membuat desain logo, kamu bisa membuatnya sendiri atau menggunakan jasa desain logo profesional.

5. Tentukan Desain Produk Kemasan

Jika bisnis kamu menjual produk dalam kemasan, hal utama yang harus kamu perhatikan yaitu membuat kemasan yang aman dan nyaman. Namun begitu, untuk mendukung sebuah pemasaran, kemasan yang aman dan nyaman saja tentu tidaklah cukup, jadi buatlah desain produk kemasan tersebut juga harus memiliki sifat unik agar mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen.

Ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk membuat desain produk kemasan menjadi menarik. Diantaranya, desain yang sederhana, pemilihan warna, font dan gambar yang menarik, hingga pemilihan bahan yang tepat untuk kemasan.

Langkah Mudah untuk Mengembangkan Bisnis Online

Setelah kamu membangun branding untuk bisnismu, langkah selanjutnya yaitu mengembangkan bisnis online-mu. Berikut beberapa langkah mudah untuk mengembangkan bisnis online-mu:

  • Membuat konten yang menarik minat audiens dan relevan dengan produk yang akan kamu tawarkan di sosial media.
  • Melakukan promosi terhadap produkmu di berbagai platform jejaring sosial atau bekerja sama dengan influencer.
  • Tetap konsisten dengan cara mempertahankan kualitas produk, mempertahankan karakteristik brand, mempertahankan loyalitas serta hubungan baik dengan konsumen, dan berbagai aspek lainnya.

Itulah beberapa tips membangun branding untuk bisnis bagi pemula serta langkah mudah mengembangkan bisnis online-mu. Semoga bermanfaat.

Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.