Skip to main content

Review Aplikasi blu by BCA Digital, Mudahkan Menabung Bagi Generasi Muda

Review Aplikasi blu

Saat ini, para anak muda yang biasa disebut dengan kaum milenial suka sekali dengan transaksi digital, baik itu jual beli online hingga aktivitas pengelolaan keuangan. Dan seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini, maka semakin banyak inovasi perbankan yang akan lebih memudahkan anak muda dalam melakukan transaksi keuangannya. Teknologi tersebut tentunya juga memberikan efisiensi yang lebih tinggi daripada cara konvensional.

Hal tersebut juga menjadikan semakin banyaknya pilihan Bank Digital yang dirancang senyaman mungkin untuk para nasabahnya sehingga dapat lebih menghemat waktu dalam melakukan aktivitas perbankan sesuai dengan waktu nasabah sendiri, tidak berpatokan pada jam buka tutup kantor Bank konvensional seperti pada umumnya.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak sekali pilihan aplikasi Bank Digital yang bisa kita pilih, dan salah satu Bank Digital yang patut kamu coba adalah aplikasi blu by BCA Digital.

Mengenal Aplikasi blu by BCA Digital

Aplikasi blu by BCA Digital

Aplikasi blu by BCA Digital merupakan aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang khusus didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi para generasi muda dalam melakukan semua transaksi finansial dan non finansial melalui smartphone kapanpun dan dimanapun selama 7x24jam. Termasuk untuk mulai proses pembukaan rekening, semuanya bisa dilakukan melalui smartphone calon nasabah dan tidak perlu datang ke kantor cabang.

BCA Digital sendiri hadir dengan menyasar pasar milenial dan generasi Z yang merupakan digital savvy, sebutan untuk yang erat sekali dengan dunia digital.

Perbedaan BCA Digital dan Bank BCA Konvensional

Meskipun sama-sama dibawah naungan PT Bank Central Asia (BCA), namun BCA Digital dan Bank BCA ternyata merupakan dua entitas yang berbeda. Nah, perbedaan ini penting juga untuk kamu ketahui sebelum menggunakan aplikasi blu.

Lantas, apa sih bedanya BCA Digital dengan Bank BCA konvensional yang selama ini kita kenal? Berikut ini beberapa perbedaannya:

  1. Berbeda dengan Bank BCA yang memiliki kantor cabang yang dapat kita temukan di berbagai daerah, pada BCA Digital hanya memiliki satu kantor pusat dan tidak memiliki kantor cabang atau branchless.
  2. Rekening BCA Digital berbeda dengan rekening Bank BCA. Jadi nomor rekeningnya BCA Digital itu memiliki jumlah digit lebih panjang dibandingkan dengan nomor rekening Bank BCA biasa.
  3. Berbeda dengan Bank BCA yang bisa melayani semua transaksi nasabah secara offline, pada BCA Digital semuanya hanya bisa dilakukan secara online, Jadi, semua transaksi mulai dari pembuatan rekening bluAccount hingga transaksi finansial dan non finansial hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi blu by BCA Digital.

Review Aplikasi blu by BCA Digital

bebas biaya transfer ke Bank lain

Setelah kita tahu aplikasi blu dan perbedaan antara BCA Digital dan Bank BCA konvensional. Berikut ini review aplikasi blu.

blu bisa menjadi aplikasi Bank Digital yang disukai para milenial yang malas dan sering ribet dalam mengatur keuangan dan menawarkan bebas biaya transfer ke Bank lain, sehingga sangat cocok bagi anak muda yang hobi transaksi jual beli online.

Menariknya lagi, blu juga menawarkan gratis biaya admin bulanan, jadi saldo kamu nantinya akan tetap utuh berapa pun nominalnya. Selain itu, aplikasi blu juga terintegrasi dengan infrastruktur BCA, sehingga nasabah blu bisa melakukan tarik ataupun setor tunai gratis di semua ATM BCA di Indonesia.

Berbagai fitur yang ada di aplikasi blu cukup memenuhi transaksi finansial melalui ekosistem digital blu yang saling terhubung, serta dapat membantu mengontrol keuangan dengan lebih baik, bebas, serta mudah dalam mencapai tujuan. Ini menjadikan aplikasi blu sebagai Bank Digital yang cocok untuk generasi muda (Next Generation).

Nah bagi kamu yang ingin menikmati kemudahan mengatur keuangan, kamu bisa langsung daftar di blu by BCA Digital dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi blu untuk Android atau aplikasi blu untuk iOS.

Kemudian kamu masukkan nomor telepon yang aktif dan siapkan dokumen persyaratan berupa e-KTP lalu isi data-data yang diperlukan.

Oh iya, kamu bisa memasukkan kode refferal INDRABCES saat registrasi dan dapatkan bonus saldo Rp25.000 setelah proses registrasi berhasil.

Setelah mengisi data diri, selanjutnya pihak BCA Digital akan melakukan verifikasi data melalui video call dan dalam waktu 1×24 jam akun sudah aktif dan bisa digunakan.

Dan kabar baiknya, saat ini blu juga mengadakan program bluRewards yang bisa langsung dinikmati oleh nasabah baru di bulan pertama pembukaan rekening dan bulan berikutnya tanpa persyaratan saldo rata-rata. Dan dengan bluRewards, nasabah blu juga bebas bertransaksi tanpa biaya.

Fitur bluRewards

Selain itu, masih ada lagi berbagai keuntungan yang akan didapatkan oleh sobatblu (sebutan untuk nasabah blu) jika menggunakan fitur bluRewards ini, diantaranya:

  1. Bebas transfer antar Bank (Online/LLG) sebanyak 20x transaksi/bulan.
  2. Bebas top up GoPay sebanyak 5x transaksi/bulan.
  3. Bebas top up OVO sebanyak 5x transaksi/bulan (dalam bentuk cashback).
  4. 2x cashback QRIS 50% maks. Rp 5ribu /transaksi.
  5. Fitur bluRewards juga berlaku bagi sobatblu dengan status rekening aktif di atas 2 bulan dan dengan saldo rata-rata portfolio lebih besar atau minimal Rp1.000.000 pada bulan sebelumnya.
  6. bluRewards akan diperbarui di tanggal 1 setiap bulannya.

Fitur-fitur Utama di Aplikasi blu

Selain fitur bluRewards, aplikasi blu menyediakan berbagai fitur utama yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Berikut ini fitur-fiturnya:

1. Transaksi

Fitur transaksi menyediakan berbagai macam jenis transaksi esensial yang sering digunakan sehari-hari. Ada 8 fitur transaksi, yaitu:

  1. Transfer antar Bank BCA atau Bank lain (Dengan keuntungan bebas biaya transfer ke Bank lain).
  2. Bayar/Beli pulsa, paket data, token listrik, internet/TV kabel, voucher digital, hingga voucher game.
  3. Bayar pakai QRIS.
  4. Tarik Tunai di ATM BCA terdekat tanpa kartu ATM.
  5. Top up e-Money di OVO dan GoPay.
  6. Setor tunai di bluAccount.
  7. Transfer melalui BCA Virtual Account.
  8. bluGift untuk memberikan hadiah uang ke siapa saja.

2. Tracker

Sama seperti buku tabungan, Fitur Tracker akan mencatatkan riwayat transaksi pemasukan dan pengeluaran dari rekening. Fitur ini sangat berguna untuk memantau cashflow yang ada di rekening.

3. Simpanan

Fitur Simpanan memiliki beberapa layanan untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Diantaranya:

bluAccount

bluAccount adalah rekening utama yang dimiliki setelah sukses menjadi nasabah blu. bluAccount akan menjadi rekening aktif yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan transaksi finansial.

bluSaving

bluSaving adalah fitur tabungan khusus yang dibedakan dari rekening bluAccount. Jenis akun ini bisa dimanfaatkan sebagai tabungan saat memiliki keinginan tertentu, misalnya untuk beli laptop baru, untuk biaya kuliah, untuk liburan, dan lain sebagainya. Jadi sebagian saldo tabungan kamu bisa disisihkan ke akun bluSaving untuk keperluan di masa depan.

bluGether

bluGether adalah jenis rekening bersama yang bisa digunakan untuk kepentingan kelompok, seperti arisan, patungan untuk membeli barang tertentu ataupun kepentingan lain.

Kelebihan bluGether ini kamu bisa menambahkan member hingga 24 member sehingga setiap orang bisa menambah atau melihat saldo dan mutasi transaksi. Jadi, nantinya semua transaksi akan transparan dan bisa dilihat oleh semua member.

bluDeposit

bluDeposit memberikan kemudahan nasabah membuka tabungan deposito dengan nominal deposito yang ditawarkan mulai dari Rp 1 juta serta bunga yang kompetitif.

bluDeposit menggunakan konsep Non Automatic Roll Over (Non-ARO) dengan tenor mulai dari 1 hingga 12 bulan. Bahkan jika kamu tiba-tiba memiliki kebutuhan mendadak, misalnya butuh dana darurat, deposito tetap bisa ditarik sebelum jatuh tempo tanpa dikenakan penalti, namun dengan konsekuensi kamu tidak dapat bunga.

Kesimpulan

Nah itulah review aplikasi blu serta berbagai keuntungan fitur bluRewards dan berbagai kemudahan yang akan kamu dapatkan di aplikasi blu by BCA Digital.

Menurutku, aplikasi blu telah menyediakan berbagai fitur menarik yang men-support hobi anak muda, seperti hobi jajan online untuk top up di berbagai game online via dompet digital dan sesuai dengan tren anak muda zaman sekarang yang selalu mengedapankan fleksibilitas dalam semua kegiatan transaksi keuangan mereka.

Apakah aman bertransaksi dan menyimpan dana di blu? Tenang, seluruh transaksi digital banking di aplikasi blu ini diawasi dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dan simpanan tabungan di aplikasi ini juga dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Dan juga kamu gak perlu khawatir akan keamanan tabungan kamu di aplikasi blu. Sebab, fitur keamanan aplikasi blu ini juga cukup lengkap. Mulai dari password, kode SMS OTP, hingga kunci biometrik berupa fingerprint dan Face ID.

Jadi tunggu apa lagi? Segera coba aplikasi blu by BCA Digital dan nikmati kemudahan menabung gak perlu ribet lagi!

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.