Skip to main content

Tentang Ekosistem eSport dan Peran IndiHome Cetak Atlet Handal

turnamen eSport

Jika kamu hobi main game online, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan eSport. Ya, kini eSport memang semakin banyak peminatnya dan saat ini pun banyak sekali turnamen eSport kompetitif, mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

Lantas apa sih sebenarnya eSport itu?

Pengertian eSport

Berbeda dengan main game online biasanya, eSport bisa dikatakan merupakan olahraga elektronik atau elektronik sport. eSport ini hadir untuk mempertandingkan berbagai game online, seperti Dota, League of Legends: Wild Rift, Mobile Legends, hingga PUBG mobile.

Sama seperti olahraga pada umumnya, eSport ini diikuti oleh tim profesional yang juga memiliki pelatih guna melatih tim eSport baik secara skill maupun secara mental agar dapat tampil sempurna di pertandingan.

Namun untuk meraih gelar juara eSport, tentunya tidak semudah yang kita dibayangkan. Dibutuhkan ekosistem eSport yang baik untuk dapat menghasilkan pencapaian yang positif.

Ekosistem eSport

Di Indonesia sendiri, ekosistem eSport telah mendapatkan dukungan yang positif dari pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan berbagai pihak, sehingga sampai saat ini ekosistem eSport di Tanah Air semakin berkembang.

Ada berbagai elemen yang membentuk ekosistem eSport yang memiliki beragam fungsi agar roda industri eSport terus berjalan. Berbagai elemen yang membentuk ekosistem eSport tersebut pada umumnya yaitu developer game, penyelenggara turnamen, talent management dan tim eSport.

Dalam ekosistem eSport, developer game menjadi elemen terpenting dalam industri eSport. Ya, di Indonesia game besutan Moonton yakni Mobile Legends yang sering dipakai dalam berbagai turnamen eSport bergengsi di Indonesia, salah satunya yaitu Mobile Legends Profesional League Indonesia (MPL ID) sebagai liga utama dan Mobile Legends Developmental League Indonesia (MDL ID) sebagai liga kedua. Turnamen tersebut termasuk kedalam ekosistem MLBB. Selain turnamen dari ekosistem MLBB, ada pula turnamen eSport tingkat Asia Tenggara, salah satunya yaitu Wild Rift Champion SEA (WCS).

Setelah turnamen, elemen berikutnya adalah event organizer (EO) yang di eSport bisa dikatakan sebagai eSport organizer. Tugas EO disini sebagai penyelenggara turnamen eSport.

Namun perlu diketahui, tidak semua pihak yang menggagas turnamen eSport memiliki kemampuan teknis untuk menyelenggarakan sebuah turnamen. Contohnya seperti Mineski Indonesia yang menjadi salah satu eSport oganizer paling terpercaya sejauh ini. Mineski Indonesia adalah pihak di balik layar dari beberapa turnamen eSport besar di Indonesia, termasuk turnamen MPL ID dan PMPL ID.

Selanjutnya ada talent management, elemen eSport satu ini tergolong cukup baru ada di ekosistem eSport Indonesia sebagai dukungan atas eSport yang semakin berkembang.

Talent management ini biasanya berperan dalam menyalurkan talenta yang dibutuhkan seperti shoutcasters, influencers, ataupun juga cosplayer. Di Indonesia, Revival Talent Management adalah salah satu pemasok talenta shoutcasters di turnamen MPL dan Mineski Talent pemasok talenta di turnamen PMPL. Di pihak lain ada WHIM merupakan talent management milik EVOS dengan menggandeng beberapa influencers ternama.

Ekosistem eSport berikutnya adalah tim eSport. Seiring dengan perkembangan eSport di Indonesia, kini muncul berbagai organisasi yang mengelola tim-tim secara profesional agar dapat lebih berprestasi. Ada banyak tim eSport profesional di Indonesia, salah satunya yaitu EVOS, RRQ, Alter Ego, dan masih banyak lagi.

Peran IndiHome dalam Perkembangan eSport di Indonesia

Selain beberapa ekosistem eSport diatas, bermain game online juga dibutuhkan dukungan koneksi internet andal. IndiHome sebagai layanan fixed broadband terkemuka milik PT Telkom Indonesia juga turut berkontribusi dalam perkembangan eSport di Indonesia dengan meluncurkan paket internet khusus gamer bernama Paket Gamer.

Paket Gamer IndiHome

Dengan Paket Gamer dari IndiHome, kamu bisa merasakan internet cepat dan unlimited sehingga kamu bisa berlatih tanpa batas untuk mengasah skill yang kamu miliki dan bukan tidak mungkin kamu juga akan dilirik oleh tim eSport profesional.

Selain itu, dengan Paket Gamer IndiHome kamu juga berkesempatan untuk mengklaim berbagai benefit dari berbagai game online, seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire, hingga Point Blank.

Tak hanya menyediakan paket khusus untuk para gamer, IndiHome juga meluncurkan Limitless eSport Academy (LEAD) by IndiHome. Di akademi tersebut, LEAD by IndiHome berperan penting dalam membina, mendidik dan melatih talenta-talenta baru calon atlet eSport agar menjadi seorang atlet eSport yang tangguh dan berkarakter.

LEAD by IndiHome
Baca juga:

Dan Setelah melewati rangkaian fase kualifikasi dan pembinaan yang intensif, akademi eSport yang dimulai sejak September 2021 lalu tersebut kini telah memasuki fase puncak inagurasi.

Ya, IndiHome resmi mengumumkan 14 akademia yang lulus sebagai atlet eSport Indonesia dalam puncak acara Inagurasi LEAD by IndiHome. 14 akademia yang lolos sebagai atlet eSport binaan LEAD by IndiHome adalah Henry Nathaniel Reynard, Harry Nathanael Rainier, Muhammad Sholeh Salamudin Putra Pratama, Dewa Fabian, Michael Daniel Tabaraka, Tedy Prihanto, Steven Verdianta, Andrew Kusuma, Justin Welly Panvito, Farid Andika, M Bevi Arianda Anwar, Sultan Yudha Patra, Hizkia Noel Songgigilan dan Muhamad Tabina Widyatna.

Keempat belas akademia juga telah melewati fase ujian dengan mengikuti berbagai turnamen eSport tingkat Asia Tenggara, salah satunya adalah Wild Rift Champion SEA (WCS). Dan kabar gembiranya, dalam kompetisi bergengsi tersebut, akademia LEAD by IndiHome berhasil masuk di enam besar di Indonesia.

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, kedepannya para akademia lulusan dari LEAD by IndiHome ini sangat diharapkan bisa menjadi atlet-atlet eSport terbaik yang siap berkompetisi ditingkat nasional dan internasional serta dapat memberikan dampak positif bagi bangsa dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia melalui eSport.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.