Skip to main content

5 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar

Sekarang ini, Kamu tidak dapat mengkuti pembelajaran dari sekolah atau kuliah secara lebih efektif tanpa keberadaan komputer atau laptop. Entah itu untuk membaca, melakukan tugas, atau melaksanakan ujian, Kamu akan membutuhkannya untuk berbagai kebutuhan. Mungkin Kamu bisa berpikir bahwa sesederhana memiliki perangkat dengan koneksi internet aktif sudah cukup untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Namun, itu tidak sepenuhnya benar.

Terlepas dari tugas utama selama kelas online yang meliputi menonton video pendidikan di LMS, menghadiri kuliah online atau konferensi video, Kamu juga akan melakukan tugas lain seperti menulis makalah penelitian, menyelesaikan kuis, mengikuti kursus online bahasa asing, dan lain-lain. Dengan sistem yang memperbolehkan belajar dari jarak jauh, Kamu harus bisa memastikan komputer yang dimiliki bersifat portabel.

Laptop Terbaik untuk Pelajar
image: Pexels.com/@wildlittlethingsphoto

Tidak hanya fokus untuk mendapatkan laptop yang mampu membantu Kamu pada sesi kelas virtual saja, tetapi Kamu juga harus melihat fitur yang akan Kamu gunakan nantinya. Laptop terbaik untuk pembelajaran jarak jauh ini dapat memastikan Kamu melakukan seluruh tugas dan ujian Kamu dengan baik tanpa kendala.

Laptop yang cocok untuk kelas daring adalah laptop dengan atribut sistem yang bagus. Hal ini termasuk kapasitas baterai yang besar, RAM yang tinggi untuk kinerja aplikasi yang mulus, layar yang lebar, GPU yang bagus, dan sistem penyimpanan yang canggih. Tidak ketinggalan, harganya pun masih cukup terjangkau.

Mengetahui hal-hal tersebut, berikut adalah beberapa opsi laptop untuk pelajar mulai dari laptop murah hingga laptop dengan banderol harga cukup tinggi yang tersedia untuk jadi pertimbangan.

1. ASUS A407MA

Laptop ASUS A407MA terbaru hadir dengan performa yang luar biasa dan dibalut tampilan elegan. Dengan harga yang cukup bersahabat, laptop ini menawarkan desain yang simpel dan minimalis dengan pilihan warna perak dan emas.

Layar laptop ini berukuran 14 inci yang menawarkan resolusi HD 1366 x 768 piksel. Ditambah dengan desain bezel ramping, laptop ini memberikan fitur layar yang lebar untuk kemudahan menonton video saat kelas online berlangsung.

Laptop ASUS A407MA ini dilengkapi dengan dukungan fitur yang lengkap, mulai dari audio jack untuk mendengarkan lagu atau video, port untuk USB type-A, port HDMI, dan port kartu micro SD.

2. Acer ASPIRE 3 SLIM A314-22

Acer Aspire 3 SLIM A314-22 berukuran 14 inci dan memiliki badan yang ringkas dan tidak terlalu berat sehingga tidak ada masalah dari segi portabilitas. Bezel di sekitar layar juga cukup tipis, menjadikannya terlihat modern.

Dari segi tampilan, laptop Acer ini terlihat mewah dengan eksterior warna perak dan sasis yang tipis dengan ketebalan hanya 19,9 mm. Bobotnya sekitar 1.9 kg dan cukup ringan untuk Kamu bawa ke kafe atau tempat belajar lain saat ingin mengerjakan tugas.

Di sisi kiri laptop, melihat colokan adaptor untuk mengisi baterai, konektor RJ-45, port untuk HDMI, dan dua port USB 3.1 Type A. Sedangkan di sisi kanan hanya memiliki audio jack dan satu port USB Type A 2.0.

3. HP Notebook 14s

Untuk jenis laptop yang satu ini, casing bawah terbuat dari aluminium, sedangkan sandaran tangan dan bezel layar terbuat dari plastik. Keseluruhan bodi laptop ini terasa kokoh sehingga dapat dengan mudah dibawa ke mana-mana.

Layar laptop HP Notebook 14s ini ditopang oleh engsel lebar dan dapat dibuka hingga maksimum 140 derajat. Clickpad laptop ini terhitung cukup sensitif bahkan sampai ke tepi dan memiliki titik tekanan yang jelas. Laptop ini memiliki beberapa fitur yang menyediakan audio jack, 1 port untuk USB Type-C, 2 ports untuk USB Type A, dan port HDMI 1.4.

4. Lenovo V130

Lenovo V130 merupakan laptop dengan layar 14 inci dan memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Perangkat ini didukung dengan prosesor Intel hingga Core i5 dan tambahan RAM hingga 12GB. Membahas tentang penyimpanan, laptop ini juga menggunakan penyimpanan HDD 1TB atau SSD 256GB, jadi cocok untuk Kamu yang ingin menyimpan data perkuliahan atau pembelajaran dalam laptop.

Layar 14 inci ini dapat dibuka mencapai 180 derajat sehingga memudahkan Kamu untuk bekerja sama dan berkolaborasi, atau sekadar menggunakan laptop Kamu untuk nonton video dari berbagai sudut. Lenovo V130 memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti Bluetooth, Wi-Fi, layar HD, dan port USB.

5. Dell Latitude 15 3510

Notebook Dell 15.6 inci ini menawarkan berbagai fitur menarik, mulai dari masa pakai baterai yang besar, emisi suara yang rendah, hingga keyboard dengan lampu latar. Terdapat tiga port USB Type A dan satu port untuk USB Type C pada samping badan laptop.

Dell Latitude juga mendukung pengisian daya dan DisplayPort melalui USB Type C. Tidak hanya itu, clickpad untuk laptop jenis ini memiliki kemampuan multitouch yang bisa Kamu manfaatkan untuk mengerjakan beberapa hal dalam layar yang sama tanpa kewalahan akibat clickpad yang lambat.

Nah, itulah beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk pelajar. Kelima laptop tersebut tentunya sudah sangat mumpuni untuk mendukung kegiatan belajarmu. Jadi, laptop manakah yang akan menjadi pilihanmu?

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.