Skip to main content

7 Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet

menggunakan smartphone

Selain spesifikasi chipset, kamera dan baterai, layar juga bagian terpenting yang ada di perangkat smartphone. Hal tersebut karena seluruh aktivitas penggunaan smartphone akan ditampilkan didalam layar.

Selain itu, saat ini smartphone menggunakan teknologi layar sentuh, maka perawatan pada layar smartphone membutuhkan perhatian khusus. Itu karena bagian layar yang sering bersetuhan langsung dengan tangan kamu, menjadikan layar sentuh smartphone rentan mengalami berbagai masalah. Mulai dari noda bekas jari yang menempel dengan bandel, bekas goresan, bahkan hingga hilangnya sensitivitas layar karena terlalu banyak menerima tekanan.

Oleh karena itu, berikut ini ada 7 cara merawat layar smartphone agar lebih awet:

1. Pakai Screen Protector / Anti Gores

Meski saat ini kebanyakan layar smartphone dilengkapi dengan lapisan kaca anti gores bawaan seperti Gorilla Glass atau Dragontrail, namun sangat disarankan saat baru membeli smartphone baru, ada baiknya langsung dipasang anti gores tambahan agar layar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan sejak awal.

Penggunaan anti gores tambahan pada layar smartphone tentunya berfungsi untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan ketika layar smartphone tidak sengaja terbentur atau terjatuh dari saku, seperti layar retak atau tergores. Selain itu, anti gores juga menjaga agar layar smartphone tetap bersih dari debu dan kotoran yang menempel di layar.

2. Jangan Menekan Layar Terlalu Keras

Hal ini mungkin tidak disadari oleh kebanyakan pengguna smartphone, terlebih saat sedang seru-serunya bermain game online. Jika kamu termasuk tipe pengguna seperti itu, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

Karena smartphone saat ini sudah menggunakan layar sentuh kapasitif yang responsif, kebiasaan menekan layar smartphone terlalu keras justru akan memengaruhi daya tahan layar sentuh smartphone kamu. Selain itu, tekanan yang terlalu keras pada layar juga akan berpotensi merusak bagian panel layar smartphone. Jadi sentuh layar sewajarnya saja ya..

3. Jangan Sentuh Layar dengan Kuku

Layar smartphone dirancang untuk merespon sentuhan dari jari, bukan kuku. Jadi jika kamu memiliki kuku jari yang panjang, sebaiknya potong kuku panjang kamu mulai dari sekarang. Sebab, kuku jari yang panjang memiliki ujung runcing sangat berpotensi akan meninggalkan bekas goresan pada layar smartphone.

4. Jangan Menaruh Smartphone Sembarangan

Jika kamu adalah pengguna yang kemana-mana selalu membawa smartphone, pastikan untuk tidak sembarangan menaruh smartphone kamu.

Dan bila kamu sering menaruh smartphone di dalam tas, sebaiknya tempatkan smartphone di tempat yang jauh dari benda-benda keras dan tajam, seperti kunci, pulpen dan lainnya. Hal tersebut agar layar smartphone terhindar dari resiko benturan, goresen, ataupun tertekan oleh benda lain.

Baca juga:

5. Jauhkan Dari Paparan Medan Magnet

Medan magnet kuat yang dihasilkan dari perangkat televisi atau kulkas juga berpotensi akan memberikan dampak buruk pada layar smartphone milikmu.

Dampak tersebut lambat laun akan terjadi pada smartphone yang terlalu sering terkena paparan medan magnet kuat dari perangkat elektronik di sekitarmu itu. Ini dapat terlihat pada gambar yang tampil di layar jadi bengkok dan tidak presisi, bahkan ada juga yang muncul garis-garis pada layar yang mengganggu.

Lalu, bagaimana jika pengguna menggunakan aksesoris flip cover yang ada magnetnya? Tenang saja, paparan dari magnet tersebut sudah dijamin aman untuk layar smartphone.

6. Hindari Penggunaan Smartphone Dibawah Terik Matahari Langsung

Beberapa layar smartphone dirancang agar dapat nyaman dilihat meski digunakan dibawah terik matahari.

Meskipun demikian, jika kamu sering beraktivitas outdoor, sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan smartphone dibawah terik matahari. Sebab, itu berpotensi dapat merusak panel layar.

7. Gunakan Kain Lembut untuk Membersihkan Layar

Tak bisa dipungkiri, interaksi jari pada layar smartphone terlalu sering dapat meninggalkan noda pada layar. Untuk membersihkan noda yang menempel pada layar, kamu bisa menggunakan kain lembut seperti kain microfiber yang biasanya digunakan untuk membersihkan lensa kacamata untuk menghindari bekas goresan pada layar.

Nah itulah 7 cara merawat layar smartphone agar lebih awet. Selain itu, pentingnya asuransi layar HP juga perlu agar kita mendapatkan kompensasi ketika terjadi kerusakan fisik pada layar seperti retak atau pecah.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.