Skip to main content

5 Aplikasi Desain Grafis Gratis dan Terbaik untuk Belajar Desain

Desain Grafis

Desain grafis saat ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak dibutuhkan. Ini bisa dilihat jika banyak sekali lowongan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan di bidang tersebut.

Keahlian desain grafis tentunya membutuhkan aplikasi desain grafis dan diantara aplikasi desain grafis yang ada, CorelDRAW, Adobe Photoshop ataupun Adobe Illustrator adalah aplikasi yang paling banyak digunakan. Namun sayangnya, untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut secara legal, kita perlu membeli lisensinya dan itu lumayan mahal juga harganya.

Tentu hal tersebut cukup memberatkan bagi seseorang yang ingin mengembangkan passionnya dalam seni grafis, tapi semua itu harus gagal karena kendala ekonomi.

Nah jika kamu termasuk yang baru terjun ke dunia desain grafis, jangan bingung dulu. Sebab, masih ada beberapa aplikasi desain grafis yang gratis yang bisa kamu coba sebagai cara belajar desain grafis yang gampang dan gratis.

Berikut ini adalah 5 aplikasi desain grafis gratis terbaik yang cocok untuk digunakan belajar dan memulai karirmu:

1. Inkscape

Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi pengolah vektor yang sifatnya open source alias gratis dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License). Inkscape salah satu aplikasi gratis alternatif CorelDRAW, Adobe Illustrator dan lainnya namun menggunakan file SVG (Scalable Vector Graphics) yang memenuhi standar XML W3C.

Adapun kelebihan Inkscape sebagai aplikasi grafis yang layak kamu coba adalah aplikasi ini memiliki ukuran file instalasi kecil, memiliki tools dan pallet warna yang lengkap, memiliki kualitas file yang cukup baik, dan juga terdapat versi portabelnya.

2. GIMP

GIMP

GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah salah satu aplikasi gratis alternatif Photoshop yang cocok digunakan untuk desainer grafis pemula, bahkan seorang ahli. Aplikasi ini memungkinkan untuk membuat desain vektor, hingga mengedit atau memanipulasi foto seperti layaknya yang bisa dilakukan di Photoshop.

GIMP juga merupakan aplikasi yang memiliki dukungan sistem operasi paling banyak saat ini, diantaranya mendukung sistem operasi Windows, Sun OpenSolaris, FreeBSD, dan Mac OS X.

Baca juga:

3. Gravit Designer

Gravit Designer

Jika kamu ingin menggunakan CorelDRAW namun terkendala harga lisensi yang mahal mungkin Gravit Designer bisa jadi pilihan yang tepat. Ya, Gravit Designer merupakan sebuah aplikasi desain grafis online gratis yang berbasis vektor yang dikembangkan dibawah naungan Corel.

Gravit Designer memiliki berbagai tools untuk mendesain yang cukup lengkap, mudah digunakan, serta memiliki beberapa template dan koleksi objek (bentuk, ilustrasi, stiker, garis, emoji, dll).

4.Vectr

Vectr

Vectr merupakan aplikasi desain grafis gratis berbasis vektor. Meskipun tools tidak selengkap Gravit Designer, namun Vectr cukup bisa mengakomodasi kebutuhan belajar desain grafis. Kamu bisa membuat objek, mengatur font, memasukkan foto, menggunakan beberapa layer, dan masih banyak lagi. Aplikasi Vectr bisa berjalan di beberapa platform, seperti Windows, Linux dan Chromebook.

5. Blender

aplikasi Blender

Aplikasi desain grafis yang tidak asing lagi dikalangan desainer 3D yaitu Blender. Blender merupakan salah satu aplikasi desain grafis 3D terbaik yang dapat digunakan untuk membuat 3D modelling, model cetak 3D, animasi visual, desain iklan hingga 3D website design.

Kelebihan lainnya aplikasi Blender ini adalah fiturnya cukup lengkap, membutuhkan system requirements rendah, hanya membutuhkan support OpenGL serta aplikasinya yang gratis berjenis open source. Blender juga dapat digunakan di Windows, Linux dan Mac OS.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.