--> Skip to main content

Tips Memilih Payment Gateway Terbaik untuk Bisnis Online


Payment Gateway

Dalam menjalankan bisnis online, salah satu hal utama yang harus diperhatikan yaitu proses pembayaran. Ini sangat penting karena untuk memberikan kemudahan pembayaran agar pengunjung nyaman berbelanja di toko online milikmu.

Dan di era modern yang dihadirkan sekarang ini sudah menawarkan sistem pembayaran canggih bernama Payment Gateway. Sistem pembayaran ini sangat direkomendasikan sebab memberikan efisiensi dalam transaksi jual beli online.

Apa itu Payment Gateway?

Payment Gateway merupakan metode transaksi pembayaran melalui perantara pihak ketiga serta telah terjamin keamanannya karena sudah melalui proses verifikasi dari Bank Indonesia.

Ada banyak sekali keuntungan yang diperoleh oleh penjual dan pembeli jika menggunakan sistem Payment Gateway ini.

Salah satu keuntungan yang diperoleh oleh penjual yaitu dapat menerima puluhan hingga ratusan transaksi dalam sehari tanpa perlu melalukan verifikasi data kembali, sebab Payment Gateway akan membantu toko online memastikan proses transaksi pembayaran berjalan baik, apapun metode pembayaran yang dipilih oleh pembeli.

Sedangkan keuntungan dari pihak pembeli adalah dapat memilih berbagai metode pembayaran, baik melalui transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, kredit, e-wallet, hingga gerai minimarket.

Tips memilih Payment Gateway terbaik untuk bisnis online

Berikut adalah beberapa tips mudah sebagai pertimbangan dalam memilih Payment Gateway terbaik untuk mendukung bisnis online:

1. Memiliki user interface yang mudah dipahami

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Payment Gateway, ada baiknya jika layanan yang akan kamu gunakan memiliki tampilan user interface (UI) yang mudah dipahami oleh pengguna. Sebab UI sangat berperan penting terhadap kenyamanan dan kemudahan konsumen saat hendak melakukan transaksi ataupun pembayaran.

2. Memiliki metode pembayaran dan mata uang yang beragam

Payment Gateway umumnya memberikan kemudahan dalam transaksi jual beli online. Salah satunya menyediakan beragam metode pembayaran untuk memudahkan konsumen. Selain itu, jenis mata uang yang digunakan untuk menerima pembayaran atau konversi dari mata uang yang berbeda merupakan faktor penting yang juga perlu diperhatikan.

Oleh karena itu, pilihlah Payment Gateway yang mendukung berbagai metode pembayaran serta berbagai macam mata uang.

3. Sistem keamanan

Sistem keamanan juga menjadi hal terpenting dalam memilih Payment Gateway.

Karena itu, pastikan dahulu mengecek data Payment Gateway yang akan kamu pilih, apakah sudah mendapatkan izin resmi dan telah melalui proses standarisasi dari Bank Indonesia atau belum.

4. Pertimbangkan waktu integrasi

Semakin cepat waktu yang diperlukan untuk proses integrasi maka, kamu dapat menerima layanan pembayaran di website dengan lebih cepat.

Selain itu, pertimbangkan pula apakah Payment Gateway tersebut menyediakan merchant account, atau harus membuatnya sendiri. Ini juga harus diperhatikan karena jika harus membuat merchant account sendiri maka akan memperlambat proses integrasi ke website.

5. Pertimbangkan biaya dan lain-lain

Pada umumnya, Payment Gateway akan mengenakan beberapa biaya yang perlu dibayarkan, seperti biaya per transaksi, biaya bulanan dan biaya pengaturan.

Oleh karena itu, sebelum memilih Payment Gateway, pastikan terlebih dulu biaya apa saja yang harus dibayarkan, serta nominalnya. Selain itu, cek juga apakah ada biaya tambahan lain, seperti biaya maintenance dan lain-lain. Sehingga, kamu bisa mempertimbangkan Payment Gateway mana yang paling ekonomis tanpa harus mengurangi kualitas layanannya.

Nah setelah kamu memahami beberapa tips sebelum memilih Payment Gateway, di artikel ini aku akan merekomendasikan salah satu Payment Gateway Indonesia yaitu PrismaLink Internasional.

PrismaLink International atau lebih dikenal dengan PrismaLink merupakan perusahaan Payment Gateway terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia.

PrismaLink memberikan layanan terbaik dan menawarkan biaya yang bisa dikatakan cukup kompetitif jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

PrismaLink memberikan metode pembayaran yang cukup lengkap, mulai dari virtual account, kartu kredit, direct debit (Debitin), QR Code, e-money hingga pembayaran melalui Indomaret dan Bill Payment. Merchant dapat terhubung dengan mudah melalui dokumentasi API dan plugin.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang bekerja sama dengan PrismaLink karena kemudahan dan sisi bisnis yang ditawarkan sangat baik, salah satunya yaitu Tokopedia dan Elevenia yang memberikan layanan pembayaran melalui Debit Instan dari Bank CIMB Niaga.

Itulah beberapa tips dalam memilih Payment Gateway terbaik untuk membantu bisnis online milikmu serta rekomendasi Payment Gateway terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.